Aktivitas yang dilakukan terus-menerus setiap hari lama-kelamaan akan menjadi suatu kebiasaan. Jika kamu terbiasa menyikat gigi sebelum tidur, it's good for you karena hal itu membantumu menjaga gigi agar tetap bersih dan sehat. Kebiasaan baik harus dipertahankan bahkan dijadikan contooh bagi orang lain agar mereka punya gaya hidup yang sama baiknya dengan kamu. Nah, lantas, bagaimana dengan kebiasaan buruk? Tentu saja, kebiasaan itu timbul dari perilaku buruk yang juga dilakukan secara rutin tanpa sadar. Membaca di tempat kurang terang merupakan salah satu contoh kegiatan yang sering dilakukan banyak orang dengan mengabaikan efek sampingnya. Memasuki tahun yang baru, coba periksa dirimu kalau kamu punya 7 kebiasaan buruk di bawah ini.

1. Bangun Siang

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Libur panjang membuat banyak orang menjadi malas bangun pagi. Eitss, jangan salah! Justru di kesempatan ini, kamu harus belajar bangun pagi agar nanti jika sekolah tiba kamu sudah terbiasa. Selain itu, bangun pagi juga membuat orang lebih produktif dan sehat.

2. Suka Menunda

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu juga hanya akan membuat tugas semakin menumpuk yang berujung pada hasil kerja yang tidak maksimal karena dikerjakan buru-buru. Daripada menunda, yuk tanamkan di pikiran kamu bahwa jika mendapat suatu tugas kamu harus langsung mengerjakannya, supaya kamu akan merasa lega karena pekerjaan sudah beres.

3. Minum Kopi

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Saat ini sudah tersedia berbagai macam kopi, mulai dari kopi hitam, kopi susu, hinggawhite coffee. Keberagaman rasa dan jenis kopi berhasil menarik perhatian banyak orang untuk terus mencicipinya. Tahukah kamu bahwa kopi mengandung kafein yang bersifat adiktif? Itulah sebabnya orang yang suka minum kopi susah berhenti karena memang kopi bikin kamu ketagihan. Kamu boleh saja minum kopi asalkan masih dalam batas wajar karena konsumsi yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

4. Buang Sampah

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Tidak peduli seberapa besar ukuran sampah tersebut, kamu tidak boleh membuang sampah sembarangan.Terkadang banyak orang tidak sadar bahwa sampah yang berukuran kecil jika terus dibuang sembarangan akan tertumpuk dan berdampak buruk bagi lingkungan. Walaupun di mana-mana sudah ada tukang sapu jalanan, kamu harus turut menjaga kebersihan, karena itu berarti kamu ikut serta melestarikan lingkungan. Jika memang di sekitar kamu tidak ada tempat sampah, kamu boleh menyimpannya di tas atau saku celanamu lalu buang di tempat sampah yang akan kamu temui.

5. Gadget

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi berperan besar dalam aspek kehidupan manusia. Yang dulu berkomunikasi hanya bisa lewat surat atau telepon, sekarang manusia dimudahkkan dengan keberadaan beragam aplikasi chatting. Berbagai macam informasi juga sangat cepat beredar berkat adanya internet. Oleh karena itu, manusia sekarang jadi sangat bergantung pada gadget. Padahal gadget hanya membantu pekerjaan manusia dan bukanlah suatu prioritas. Penggunaan gadget yang terlalu lama tidak baik karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, khusunya mata.

6. Tidur Larut Malam

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup agar bisa kembali bugar. Tidur larut malam berarti mengurangi waktu tidur, sehingga supply oksigen ke otak berkurang. Itulah mengapa tidur larut malam bisa membuat orang pusing. Kurang tidur juga membuat orang kurang fokus di sekolah atau tempat kerja.

7. Ngemil

7 Kebiasaan buruk yang harus kamu ubah di Tahun 2018

Ayo ngaku, siapa di sini kalo nonton film pasti bawaannya makan camilan? Hati-hati lho, walaupun rasanya manis dan enak, mengonsumsi camilan dalam jumlah yang banyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes dan obesitas.

Nah, gimana sobat brilio.net, kamu punya salah satu dari 7 kebiasaan di atas? Tunggu apa lagi, segera ubah kebiasaan burukmu di tahun yang baru!