Sebagai generasi milenial, kebutuhan untuk menyimpan data pasti semakin hari semakin meningkat. Nggak hanya untuk pekerja kantoran, mahasiswa bahkan sampai anak sekolah pun sekarang banyak mengerjakan tugas-tugas secara paperless. Jika setiap hari ada data virtual yang harus disimpan, pasti akan memberatkan komputer atau laptop, belum lagi kalau kapasitasnya terbatas. Nah, di sinilah hard disk eksternal muncul sebagai solusi atas persoalan tersebut.

Sebelum kamu kepincut dengan desain hard disk zaman now yg keren-keren, baiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal mendasar dalam memilih hard disk yang bagus seperti berapa kapasitasnya, kecepatan rotasi, dan konektivitas. Selain itu ada juga hal-hal yang menunjang nilai hard disk seperti pelindung atau case hard disk, garansi, dan pastinya harga.

Nah, berikut ini 7 rekomendasi hard disk eksternal yang patut untuk kamu jadikan pertimbangan dalam membeli hard disk.

1. WD My Passport Ultra.
WD menyediakan hard disk dengan berbagai besaran kapasitas, tentunya dengan harga yang juga bervariasi. Nah, jika budgetmu di bawah sejuta, kamu bisa menjatuhkan pilihan ke My Passport Ultra berkapasitas 1 TB. Soal konektivitas, HD ini dilengkapi dengan port USB 3.0 dan kompatibel dengan USB 2.0. Juga sudah dilengkapi dengan software backup data dari WD serta kompatibel dengan Windows 10 hingga Windows 7. Sayangnya, untuk pengguna Mac harus reformat HD ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Harganya HD ini dibanderol sekitar 850-900 ribuan saja.

2.Seagate Backup Plus Slim 1 TB.
Seagate Backup Plus Slim Hitam merupakan hard disk eksternal yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1 TB dan memiliki kecepatan hingga 5400 rpm. Jangan lupa bahwa kecepatan rotasi sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya. Hard disk ini didesain tipis dan kokoh sehingga mudah banget kamu bawa kemana-mana. Ia pun kompatibel dengan USB 3.0 dan sistem operasi Windows maupun Mac. Tertarik? Kamu bisa membawa pulang Seagate Backup Plus ini dengan harga 750-850 ribuan.

3.Seagate Backup Plus Ultra Slim.
Nggak cukup dengan desain yang flat, Seagate lalu mengeluarkan Backup Plus Ultra Slim dengan desain dan warna yang lebih elegan. HD ini dilengkapi dengan port USB 3.0 untuk konektivitas serta layanan Rescue Seagate gratis selama 2 tahun untuk keamanan datanya. Untuk harga Seagate Backup Plus Ultra Slim 1TB berada di kisaran 800 ribuan, sedangkan yang berkapasitas 2TB berada di kisaran 1,2-1,5 juta rupiah.

4.Transcend Storejet 1 TB.
Transcend Storejet merupakan hard disk eksternal dengan interface USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 90MB/s. Desainnya unik serta dilengkapi dengan fitur Military Grade Shock Resistance sehingga tahan dari goncangan dan aman untuk kamu bawa kemanapun sehari-hari. Transcend Storejet 1TB ini dibanderol dengan harga 800ribuan saja.

5.Toshiba Canvio Connect II.
Hard disk ini diklaim mampu mencadangkan setiap detail Sistem Operasi komputermu karena dibekali dengan perangkat lunak ^ NTI Backup Now EZ. Jadi bukan hanya menyimpan data-data virtual seperti biasa, tapi juga dapat sampai ke program dan wallpaper favoritmu. Toshiba Canvio Connect II kompatibel dengan Mac dan Windows serta USB 3.0 dengan speed 5400RPM. Harganya berkisar antara 800-900 ribu rupiah. Kamu juga bisa mendapatkan Toshiba Canvio berkapasitas 2 TB hanya dengan menambahkan sekitar 300 ribu lagi, lebih irit kan?

6.Transcend Antishock Storejet.
Transcend juga mengeluarkan versi tangguh dari hard disk Storejet. Transcend Antishock Storejet dibekali dengan kapasitas penyimpanan 1TB serta fitur anti benturan yang teruji "US Military Standard Drop Tested". Hard disk ini memiliki USB 3.0 serta kompatibel untuk Windows dan juga Mac. Kamu bisa membeli hard disk keren ini dengan harga mulai dari Rp 795.000.

7.WD Elements Hard Disk External.
Bagi kamu yang perlu hard disk untuk menyimpan foto, musik, atau video favorit dengan harga yang lebih ekonomis, bisa menjatuhkan pilihan pada WD Elements. Desainnya slim dan stylish serta memiliki kecepatan transfer data hingga 5400 RPM. Hard disk ini juga didukung dengan interface USB 3.0 dan 2.0. untuk konektivitas. Harganya mulai dari Rp 760.000.

Itulah 7 hard disk eksternal di bawah 1 juta yang bisa kamu pertimbangkan demi kelancaran dan keamanan penyimpanan file mu. Kamu punya rekomendasi lain?