Saat ini negara kita bahkan dunia tengah mengalami sebuah musibah yang tidak sepele, yaitu pandemi Corona. Virus Corona sangat mudah menular kepada orang lain, maka dari itu saat ini masyarakat sangat dianjurkan untuk berada di rumah saja demi mengamankan diri agar tidak tertular virus tersebut.

Virus Corona pun datang membawa musibah lain bagi sebagian kalangan, yaitu merosotnya perekonomian. Beberapa wilayah sudah melakukan lockdown, dan sebagian besar masyarakat lainnya memilih untuk di rumah saja. Hal inilah yang menyebabkan kalangan yang mencari penghasilan dari kerja sehari-hari menjadi merugi, contohnya saja ojol, pedagang, dll.

Lain halnya dengan mereka yang memiliki bisnis online tanpa modal seperti yang akan dibahas di bawah, yang mana penghasilan mereka tetap mengalir di tengah mewabahnya virus Corona. Maka dari itu muncul sebuah pertanyaan, Bagaimana caranya mendapatkan penghasilan hanya dengan di rumah saja?

Artikel ini membahas beberapa ide bisnis tanpa modal di tahun 2020 yang dapat kamu lakukan hanya dengan di rumah. Bila kamu mencari bisnis yang benar-benar tanpa modal, menurut saya tidak ada. Karena yang namanya kerja pasti ada modalnya, yang membedakan adalah besar kecilnya modal itu. Tapi untuk ide bisnis yang akan dibahas ini anggap saja tanpa modal, karena kemungkinan besar modalnya sudah kamu miliki, yaitu HP dan koneksi internet.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online tanpa modal yang dapat kamu coba langsung setelah membaca artikel ini dan pastinya sudah kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

1. Jualan online.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Bisnis ini modalnya adalah barang yang sebelumnya kamu jual secara offline. Jualan online menjadi salah satu bisnis online yang menjanjikan karena saat ini banyak orang yang lebih senang berbelanja secara online.

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki usaha jualan secara offline, maka sekarang ini kamu bisa mencoba untuk meng-online-kan barang daganganmu. Karena berjualan secara online dapat menjangkau lebih banyak orang. Bila kamu masih bingung, kamu bisa membaca artikel tentang cara berjualan online atau bisa juga menonton videonya melalui YouTube.

Saat ini sudah ada banyak marketplace besar di Indonesia yang dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk berjualan, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Mungkin kamu berpikir, Nanti kalau mau mengirim barang harus keluar rumah dong?

Jawabannya, tidak juga. Bila kamu berjualan melalui marketplace maka beberapa jasa pengiriman yang menawarkan metode pickup, yaitu kurir akan mengambil barang paketan dari alamat penjual. Mudah, bukan?

Bila kamu takut bertemu dengan kurir secara langsung, mungkin kamu dapat meletakkan barang yang akan dikirim di teras rumah. Sang kurir pun dapat mengambilnya tanpa harus berhadapan langsung denganmu. Dan bila kamu merasa ribet dengan bisnis jualan online ini, maka kamu dapat mencoba ide bisnis online lainnya di bawah.

2. Dropship.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Bisnis dropship juga termasuk salah satu bisnis online yang banyak digemari karena memang bisnis ini tidak memerlukan modal. Dan saat ini sangatlah mudah bila kamu ingin memulai bisnis dropship.

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis dropship adalah menentukan barang yang akan dijual. Nah, bila kamu sudah menemukan ide barang yang akan dijual, selanjutnya kamu harus mencari supplier yang menjual dengan harga yang murah, karena nantinya barang itu akan kamu jual kembali.

Mungkin dulu mencari supplier terdengar susah, tapi tidak untuk saat ini karna kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk mencarinya. Tetapi kamu harus berhati-hati dalam mencari supplier, pastikan kamu mendapatkan supllier yang amanah karena hal itu akan berdampak kepada kamu sendiri. Lebih baik lagi bila kamu pernah membeli barang itu, jadi kamu dapat mengetahui barangnya secara real.

Setelah menemukan supplier, selanjutnya kamu harus memasarkan barang yang akan dijual tersebut. Caranya ada banyak, kamu dapat menjadikan sosial media sebagai warungmu. Pastikan foto dan deskripsi barang yang kamu jual menarik, karena hal inilah yang akan mendatangkan calon pembeli.

3. Blogging.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Di rumah saja uang ngalir terus bisa didapatkan melalui blog. Yap, nge-blog atau blogging adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang juga memiliki keuntungan di tahun 2020 ini. Mencari penghasilan dari blog memang bukanlah jalan yang cocok bagi kamu yang menginginkan penghasilan secara instan, karena blogging butuh proses.

Tapi bila kamu bersemangat dan konsisten, maka bisa jadi beberapa bulan saja sudah bisa memiliki penghasilan. Ibaratnya berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Seorang blogger yang sukses dapat memiliki penghasilan ratusan juta bahkan miliaran per bulannya. Bahkan ketika ia tidur pun uang tetap mengalir. Tapi menjadi blogger yang sukses juga tidak mudah, dibutuhkan pemahaman dalam dunia blog dan konsisten.

Blogging dapat kamu mulai dengan membuat artikel yang bermanfaat bila dibaca orang lain. Bila kamu sudah membuat banyak artikel, sudah memiliki pengunjung blog yang stabil sampai ribuan atau ratusan ribu per hari, sudah memiliki iklan yang terpasang di blog, dan sudah memiliki penghasilan yang rutin, maka nantinya tidur kamu pun dapat menghasilkan uang.

Tetapi meskipun kamu sudah memiliki penghasilan yang stabil dari blog, jangan sampai hal itu menjadikanmu malas untuk membuat artikel lagi. Karena pastinya akan lebih baik selalu update artikel.

4. YouTuber.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Ada perkataan YouTube lebih dari TV. Mungkin hal itu memang benar karena sekarang ini YouTube lebih populer daripada TV, bahkan banyak artis pun yang turut menjadi konten kreator di YouTube.

Tidak dipungkiri lagi, YouTube memang menjadi salah satu peluang bisnis online tanpa modal pada tahun 2020 yang menjanjikan. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadikan YouTube sebagai pekerjaan utamanya.

Mungkin YouTuber yang sudah terkenal kelihatannya membutuhkan modal yang besar, karena mereka memiliki kamera mahal dan perlengkapan lainnya yang bermerek. Tapi jangan salah dulu, hanya bermodal HP dan koneksi internet pun kamu sudah dapat memulai menjadi seorang YouTuber.

Kamu bisa mengambil tema tentang tutorial atau trik dari sebuah aplikasi. Contohnya saja kamu ingin membuat tutorial menyimpan video dari YouTube ke galeri tanpa ribet. Nah, kamu bisa merekam layar HP kemudian membuat tutorial tersebut.

Tapi untuk menjadi seorang YouTuber yang memiliki penghasilan pasti ada cara tersendiri. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui artikel yang ada di Google maupun video di YouTube.

5. Jasa PP (paid promote) Instagram.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Bila kamu memiliki instagram dengan banyak followers maka bisa kamu jadikan sebagai ladang penghasilan, yaitu dengan membuka jasa paid promote (PP). Mungkin kamu sering menemukan akun Instagram dengan deskripsi profil yang menyebutkan PP murah, nah kamu bisa menjadi salah satunya.

Untuk menentukan harga, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu kepada akun-akun lain. Coba saja kamu dm akun Instagram yang membuka jasa PP, kemudian tanyakan harganya. Nah, barulah kamu tentukan harga sesuai dengan jumlah followers yang kamu miliki.

Jasa PP Instagram ini termasuk salah satu peluang bisnis online tanpa modal yang menjanjikan pad tahun 2020, karena hannya dengan akun Instagram yang memiliki banyak followers kamu mendapatkan keuntungan yang banyak.

Sekarang ini pedagang-pedagang online sudah sangat banyak, dan salah satu cara untuk mempromosikan barang yaitu dengan paid promote. Nah, bila akun kamu menjadi yang dipilih oleh pedagang untuk mempromosikan barangnya maka si pedagang akan membayar, dan kemudian kamu tinggal mengunggah produk mereka.

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memperbanyak jumlah followers yaitu:

- Buatlah akun publik, berisi konten yang bisa dinikmati publik. Seperti akun motivasi, info menarik, hal lucu, dll.

- Buatlah konten yang menarik, yaitu dengan menampilkan gambar/video dengan kualitas baik, dan membuat deskripsi yang menarik.

- Jangan lupa gunaka hashtag agar postingan dapat menjangkau lebih banyak orang.

- Jangan memprivate akun.

- Disiplin dalam membuat konten.

- Gunakan teknik follow unfollow.

- Share postingan ke media sosial lainnya.

6. Jasa iklan Facebook.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Meskipun Facebook sudah terkesan media sosial tua, tapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pengguna aktifnya masih sangat banyak. Bahkan dalam laporan keuangan kuartal III 2019, Facebook memaparkan bahwa ada sekitar 2,4 miliar pengguna aktif di setiap bulannya. Dan di Indonesia pun Facebook menjadi media sosial yang paling digemari.

Mengingat banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, maka hal ini dapat menjadi salah satu peluang usaha online tanpa modal yang sangat menjanjikan.

Cara membuka jasa iklan di Facebook yaitu melalui halaman / fanspage. Semakin banyak followers kamu maka semakin tinggi pula bayarannya.

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar memiliki banyak followers fanspage yaitu:

- Buatlah fanspage dengan tampilan yang menarik.

- Carilah sesuatu yang sedang viral.

- Rajin upload video.

- Undang orang-orang untuk menyukai fanspage kamu.

7. Penulis.

7 Bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan dengan #DiRumahAja

Bila kamu memiliki hobi menulis, maka kamu dapat menjadikan hobimu itu sebagai ladang penghasilan. Yaitu bisa melalui novel, cerpen, tips, pendidikan, dll.

Banyak orang yang sudah menggapai kesuksesan melalui tulisannya. Dan bahkan banyak film-film populer yang berasal dari tulisan seorang penulis novel.

Bila kamu gemar menulis artikel, maka kamu dapat menjualnya di website penulis. Salah satu tempat yang cocok jika kamu ingin menjual tulisan adalah di Brilio.net. Melalui platform Brilio Creator, kamu dapat menyalurkan ide-ide berupa tulisan, foto, maupun video. Yang mana bila postingan kamu menarik dan terpilih untuk ditayangkan di halaman utama Brilio.net, kamu akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 200 ribu. Menarik, bukan? Bila kamu tertarik untuk menjadi penulis di Brilio.net, langsung saja kunjungi creator.brilio.net.

Itulah beberapa ide bisnis online tanpa modal pada tahun 2020 yang dapat kamu coba saat ini juga. Meskipun hanya di rumah saja tetapi kamu tetap bisa produktif. Dan yang perlu diingat, dalam bisnis pasti banyak saingan, tapi jangan sampai karena adanya saingan membuat kamu minder. Selama kamu yakin dan mau berusaha, kamu bisa menjadi orang yang sukses. Dan jangan lupa yang terpenting adalah doa.

Semoga bermanfaat!