×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Trik liburan mengesankan tanpa menguras isi dompet

0

Jalan-Jalan

6 Trik liburan mengesankan tanpa menguras isi dompet

Mau liburan yang seru dan mengesankan tanpa menguras isi dompet? Kamu bisa menerapkan beberapa trik berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rezky Pratama

24 / 12 / 2021 13:55

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia menyebabkan harus ditutupnya destinasi-destinasi wisata. Hal ini untuk mengurangi keramaian sehingga penularan virus terhenti. Walaupun saat ini pandemi belum usai, pemerintah mulai membuka kembali destinasi wisata secara bertahap. Tujuannya semata-mata agar roda perekonomian kembali berputar.

Masyarakat diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama berlibur. Berlibur merupakan salah satu pilihan yang kerap dilakukan banyak orang untuk menghilangkan stres dan penat. Apalagi setelah sekian lama berdiam diri di rumah akibat pandemi. Bagi sebagian orang, berlibur juga untuk mencari inspirasi baru dan penambah semangat dalam menjalani aktivitas.

Banyak orang beranggapan bahwa liburan butuh banyak uang. Padahal kalau kamu bisa merencanakan liburanmu dengan baik, itu tidak akan membuat dompetmu kering. Liburan yang seru dan mengesankan dengan biaya sedikit tentu menjadi keinginan semua orang. Nah, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar liburanmu mengesankan tanpa menguras isi dompet. Yuk, kita simak triknya di bawah ini.

1. Rencanakan dari awal dan tentukan waktu yang pas.

foto: kabar6.com

Loading...

foto: kabar6.com

Merencanakan liburan terutama bila mengajak beberapa teman pasti agak sulit, kan? Apalagi ada sebagian orang yang suka liburan secara spontan. Padahal dengan merencanakan liburan dari awal bisa membuat biaya liburanmu lebih hemat.

Menentukan waktu liburan penting juga, loh. Agar biaya yang kamu keluarkan tidak terlalu banyak, kamu bisa liburan di waktu-waktu biasa, bukan di musim libur panjang seperti libur Lebaran atau akhir tahun. Itu untuk mengantisipasi melonjaknya harga tiket, biaya sewa penginapan, atau biaya sewa kendaraan yang akan kamu gunakan.

2. Jangan lupa ajak temanmu terutama yang mahir fotografi.

Mengajak beberapa teman saat berlibur juga tidak ada salahnya. Dengan begitu kamu bisa patungan bayar biaya sewa penginapan atau biaya sewa kendaraan. Otomatis pengeluaranmu jadi lebih sedikit, bukan?

Memotret diri sendiri atau pemadangan indah adalah hal wajar dan pasti dilakukan saat berlibur. Kalau kamu termasuk orang yang tidak punya alat dan bakat dalam hal fotografi, mengajak teman yang mahir fotografi adalah solusinya. Jadi, kamu tidak perlu menyewa kamera atau fotografer freelance sehingga bisa menghemat uangmu.

3. Susun jadwal liburanmu.

Sebelum berangkat liburan, kamu harus susun jadwal liburanmu. Hal ini wajib dilakukan agar semua target destinasi wisata bisa kamu datangi. Dengan begitu kamu tidak akan kebingungan mau datang ke destinasi wisata mana selanjutnya. Jadi waktu liburanmu tidak terbuang sia-sia.

Saat kamu menyusun jadwal liburan, alangkah baiknya juga mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga, misalnya ingin melakukan aktivitas tambahan di luar jadwal di saat waktu luang. Kamu juga harus menentukan lama waktu perjalanan dari satu destinasi ke destinasi lain agar bisa memperkirakan alokasi waktu di jalan. Pilihlah jalur alternatif atau jalan tikus agar bisa menghemat waktu perjalananmu

4. Cari penginapan murah di aplikasi online dan manfaatkan promo.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

Salah satu pengeluaran yang menguras dompet ialah biaya sewa penginapan. Kamu harus menyiasatinya dengan mencari penginapan murah, tetapi tetap nyaman untuk istirahat. Kamu bisa mencari penginapan dengan lokasi yang kamu inginkan dan biayanya sesuai bujet yang kamu punya. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan jasa untuk mencari dan mem-booking penginapan. Nah, kamu bisa gunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Kalau bujetmu terbatas, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk tidak menginap di tempat yang terlalu mewah. Pilih saja penginapan yang murah dan nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap. Lalu, bagaimana caranya menentukan penginapan itu nyaman atau tidak? Mudah sekali, kamu hanya perlu melihat ulasan atau review dari orang-orang yang pernah menginap di sana dan kamu bisa nilai sendiri tingkat kenyamanannya.

Tidak lupa, kamu bisa menggunakan promo atau voucher potongan biaya sewa. Dengan begitu, otomatis akan menghemat pengeluaranmu. Lantas, bagaimana cara dapat promo atau vouchernya? Mudah banget, kamu bisa mendapatkannya saat menginstall aplikasi online di gadget-mu atau saat kamu memilih melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

5. Tidak perlu makan di restoran mahal.

Tidak hanya mengunjung destinasi wisata yang populer, kamu juga harus mencicipi kuliner khas di daerah tempat liburanmu. Tak sedikit orang yang saat liburan memilih makan di restoran mahal dengan desain interior yang intagramable, bukan? Nah, agar pengeluaranmu tidak terlalu banyak, kamu bisa memilih tempat makan yang biasa dan tidak terlalu mahal. Kamu hanya perlu memastikan makanannya higenis, bersih, dan sehat. Maka dari itu carilah informasi atau rekomendasi kuliner yang murah dan lezat. Jadi jangan gengsi atau malu, ya.

6. Jangan beli banyak oleh-oleh.

foto: infopariwisatayogya.blogspot.com

foto: infopariwisatayogya.blogspot.com

Berbelanja dan membeli buah tangan untuk keluarga di rumah adalah salah satu hal yang wajib dilakukan saat berlibur. Bisa berupa suvenir, makanan khas, atau lainnya. Agar dompetmu tidak terkuras habis, jangan belanja atau beli oleh-oleh berlebihan. Belilah secukupnya dan sesuaikan dengan sisa bujet yang kamu punya.

Agar kamu tidak terlalu memikirkan akan beli oleh-oleh apa atau beli berapa banyak, kamu bisa berfokus untuk menikmati waktu liburanmu ini. Fokuslah mengenal lebih dalam daerah atau kebudayaan lokal di sana. 

Nah, bagaimana beberapa trik di atas? Cukup membantu menekan pengeluaran saat liburan, kan? Sekarang kamu bisa berlibur mengesankan tanpa menguras habis isi dompetmu. Satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan adalah selalu patuhi protokol kesehatan. Kamu juga harus memastikan bahwa tubuhmu dalam kondisi sehat dan prima saat berlibur. Jadi, kamu bisa menikmati waktu liburanmu dengan maksimal. Selamat berlibur dan have a nice holiday!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red