Tanpa disadari, beberapa orang kerap mengalami tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan ketika sedang makan. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu dan bikin panik. Namun tenang saja, berikut ini tips untuk mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

1. Batuk yang kencang.

Cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan yang utama adalah dengan batuk. Batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

2. Minum air garam.

Jika dengan cara batuk tidak hilang, kamu bisa minum segelas air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok makan air garam. Apabila tulang ikan yng tertelan cukup kecil, akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

3. Menelan minyak zaitun.

Minyak zaitun merupakan salah satu pelumas alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya dengan menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung atau bisa dengan mencampurkannya terlebih dahulu dengan air hangat lalu diminum.

4. Menelan marshmallow.

Ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Setelah itu kunyah tetapi jangan sampai halus atau biarkan sedikit kasar lalu telan.

5. Makan buah pisang atau nasi.

Kamu bisa makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup halus akibat tercampur dengan air liur, telan pisang secara berlahan. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan nasi. Kunyah sekepal nasi lalu telan.

6. Menelan roti dan air.

Caranya, celupkan roti ke dalam air lalu lalu telan. Metode ini memungkinkan tulang ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

Itulah tadi tips jika kamu tak sengaja menelan tulang ikan dan menempel di tenggorokan. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat.