×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan

0

Kesehatan

6 Tips mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan

Foto: Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay

Tak usah panik, ada beberapa tips yang bisa kamu coba ketika tulang ikan tersangkut di tenggorokan saat makan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Oktasia Sitohang

22 / 12 / 2020 09:58

Tanpa disadari, beberapa orang kerap mengalami tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan ketika sedang makan. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu dan bikin panik. Namun tenang saja, berikut ini tips untuk mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

1. Batuk yang kencang.

Cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan yang utama adalah dengan batuk. Batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

2. Minum air garam.

Jika dengan cara batuk tidak hilang, kamu bisa minum segelas air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok makan air garam. Apabila tulang ikan yng tertelan cukup kecil, akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

Loading...

3. Menelan minyak zaitun.

Minyak zaitun merupakan salah satu pelumas alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya dengan menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung atau bisa dengan mencampurkannya terlebih dahulu dengan air hangat lalu diminum.

4. Menelan marshmallow.

Ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Setelah itu kunyah tetapi jangan sampai halus atau biarkan sedikit kasar lalu telan.

5. Makan buah pisang atau nasi.

Kamu bisa makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup halus akibat tercampur dengan air liur, telan pisang secara berlahan. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan nasi. Kunyah sekepal nasi lalu telan.

6. Menelan roti dan air.

Caranya, celupkan roti ke dalam air lalu lalu telan. Metode ini memungkinkan tulang ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

Itulah tadi tips jika kamu tak sengaja menelan tulang ikan dan menempel di tenggorokan. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red