Menjalin hubungan yang tak dipisahkan oleh jarak masih berpotensi sering diterpa masalah, apalagi dalam hubungan jarak jauh (Long Distance Relationship). Banyak orang percaya LDR tak akan bisa bertahan lama. Umumnya bagi mereka yang menjalani hubungan LDR akan lebih sering diterpa masalah daripada mereka yang yang menjalaninya dalam satu wilayah atau kota. Tak sedikit dari mereka yang harus berjuang melawan rasa rindu dan cemburu yang sering kali datang dan menjadi masalah dalam hubungannya.

Katanya cemburu tanda cinta, tapi bagaimana jika cemburu tersebut tak kunjung mereda atau malah semakin buta? Enam cara di bawah ini bisa kamu coba untuk mengurangi rasa cemburumu pada pasangan.

1. Kurangi mencari tahu hal pribadi tentangnya.

Pahami batasan-batasan yang perlu kamu tahu sebagai pasangannya. Tak semua hal tentangnya perlu kamu ketahui. Ada kalanya ia tak ingin memberi tahu hal pribadinya kepada siapa pun, termasuk kepadamu. Berhenti mengorek informasi yang malah membuatnya semakin ilfeel.

2. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang-orang yang ada di dekatnya.

Hubungan jarak jauh sering kali membuatmu sulit berpikir positif. Ada saja hal kecil yang membuatmu insecure dengan diri sendiri. Tak sedikitorang sering kali membandingkan dirinya dengan orang lain, termasuk dengan orang-orang yang berada di dekat pasangan. Kurangi rasa mindermu dengan tetap menjadi dirimu sendiri, karena menjadi diri sendiri jauh lebih baik di mata pasanganmu.

3. Jalin hubungan baik dengan orang di sekelilingnya.

Jarak yang jauh menjadikan hubunganmu dengannya tak intens. Apalagi bagi pasangan yang menjalin LDR berbeda negara dengan waktu yang berbeda. Namun dengan menjalin hubungan baik dengan orang di sekelilingnya akan sangat membantumu, terutama di saat kamu tak bisa menghubungi pasanganmu. Dengan orang-orang di dekatnya, mereka dapat memberimu informasi yang dapat meredakan pikiran negatif dan rasa cemburu yang mulai muncul menguasai pikiranmu.

4. Jangan terlalu posesif.

Jangan terlalu banyak menuntut, kurangi rasa memilikimu terhadapnya. Hubungan jarak jauh menjadi tantangan besar bagi mereka yang terlalu posesif. Sama seperti dirimu, ia juga memiliki kesibukan dan mimpi yang ingin ia raih, tak sepanjang waktu harus berbicara denganmu. Hindari komunikasi berlebihan dengannya.

5. Bersikap jujur dan bangun kepercayaan pada pasanganmu.

Agar hubunganmu tetap berjalan baik, penting untuk bersikap terus terang dan saling mempercayai satu sama lain. Hubungan yang terpisahkan oleh jarak jauh hanya akan mampu bertahan dengan bermodalkan jujur dan rasa saling percaya. Mustahil untuk memiliki hubungan yang langgeng jika tak ada kepercayaan dalam hubungan kalian.

6. Bicarakan tentang kapan kalian akan berjumpa.

Untuk apa hubungan jarak jauh jika tak ada keseriusan untuk berjumpa? Beri waktu untuk kamu dan dia membahas tentang masa depan dan tujuan kalian bersama. Tak melulu soal asmara yang hanya ada dalam khayalan kalian berdua, dengan membahas tentang rencana untuk bertemu akan semakin memperkuat hubunganmu dengannya. Jangan lupa tentukan tanggal di mana kalian akan bersatu tanpa ada jarak yang memisahkan.