×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips membeli rumah impian, sertai usaha dan doa

0

Rumah

6 Tips membeli rumah impian, sertai usaha dan doa

Selain usaha, doa juga penting supaya semakin dipermudah jalan untuk membeli rumah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Noel

29 / 07 / 2021 18:15

Rumah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Namun, untuk membelinya tidak semudah membalikkan telapak tangan karena harganya yang cukup mahal.

Biasanya cara yang dilakukan banyak orang adalah menabung. Tetapi ada lagi cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan ditambah berdoa. Artikel ini berangkat dari pengalaman pribadi penulis, agak klise tapi benar terjadi.

Nah, berikut ini merupakan tips untuk membeli rumah impian dengan disertai usaha dan doa.

1. Tentukan bujet rumah.

pexels.com

Loading...

Mulailah hitung total pendapatan antara suami dan istri. Setelah itu gunakan aplikasi atau website yang menyediakan simulasi biaya KPR untuk mengetahui rentang harga rumah yang mampu kamu beli. 

2. Pemilihan lokasi rumah.

pexels.com

Pilihlah lokasi rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial. Misalnya, kamu baru mampu membeli rumah dengan harga maksimal Rp350 juta, maka coba cari perumahan yang lokasinya di pinggiran kota. Sebab, rumah di pusat kota harganya pasti sudah sangat mahal.

Pilih lokasi yang sekiranya akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Lihat juga apakah di lokasi tersebut dekat dengan terminal, stasiun, akses jalan tol atau tidak. Bisa juga dicek, lokasi tersebut rawan banjir atau tidak, kondisi air tanahnya bagus atau tidak, dan sebagainya. Bila dirasa perlu, coba datang ke lokasi tersebut untuk melihat kondisi riil di lapangan.

3. Pemilihan developer perumahan.

google image

Selain melihat lokasi dan harga rumah, cek juga developer-nya. Untuk memastikannya bisa cek di Google dengan mengetik nama developer yang dimaksud. Hal ini perlu diperhatikan karena saat ini banyak perumahan yang memiliki developer tidak jelas.

4. Lunasi cicilan.

pexels.com

Apabila masih ada cicilan motor, mobil, kartu kredit, atau apa pun segera lunasi terlebih dulu supaya tidak mengalami kesulitan dalam pembayaran cicilan DP atau KPR. 

5. Menabung.

pexels.com

Biasanya DP rumah sebesar 20-30% dari harga jual, maka itu mulai sisihkan 30% pendapatan setiap bulan secara konsisten. Karena selain DP, sebenarnya ada biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya PPN, surat menyurat dan pengajuan KPR, nominalnya bisa mencapai belasan atau puluhan juga tergantung harga rumah.

6. Sepakat.

unsplash.com

Bagi yang sudah menikah, antara suami istri terlebih dulu harus sepakat ingin membeli rumah. Dari pengalaman pribadi, setelah penulis dan pasangan sepakat dan membawa dalam doa bersama, Tuhan membukakan jalan yang benar-benar ajaib.

Sebelumnya, sembari berdoa kami mencari berbagai perumahan yang bujetnya masuk, lokasi bagus, dan developer yang jelas. Ketika sudah mantap dengan sebuah perumahan, tiba-tiba Tuhan memberikan rezeki yang tidak disangka. Rezeki itu kemudian kami pakai untuk membayar semua biaya yang dibutuhkan dalam pembelian rumah. Bahkan kami mendapatkan banyak keringanan, seperti free PPN, free biaya KPR, free biaya surat-surat dan sebagainya. 

Jadi bagi kamu yang ingin punya rumah, jangan lupa menabung dan berdoa ya! Sebab sebagai orang yang beragama, cuma Tuhan yang bisa membantumu menjalani hidup ini.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red