×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips dan trik agar anak doyan makan ikan

0

N/A

6 Tips dan trik agar anak doyan makan ikan

Bingung karena bayi dan balita jarang atau bahkan tidak suka makan ikan? Jangan khawatir, begini tips dan trik agar anak mau konsumsi ikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arkina Melantri

19 / 08 / 2019 11:10

Sudah lumrah jika anak-anak lebih menyukai makan daging ayam daripada ikan. Entah karena bentuknya yang aneh, durinya yang mengganggu, atau teksturnya yang sama sekali kurang menarik di lidah. Tapi bukan berarti tidak ada cara ampuh buatmu para orang tua yang ingin agar anaknya doyan makan ikan. Simak deh tips berikut ini.

1. Perhatikan penyajian tekstur ikan.

Jika kamu pernah membaca buku berjudul "Top 100 Baby Purees" karya Annabel Karmel, dikatakan bahwa mengolah ikan agar dagingnya tidak kering kemungkinan akan lebih disukai anak-anak. Maka dari itu, kamu bisa mengolah daging ikan hingga empuk sehingga mudah dikunyah. Beberapa caranya dengan ditumis atau disajikan bersama dengan spagetti atau makaroni.

2. Suwir-suwir daging ikan.

Usia bayi dan juga balita biasanya lebih menyukai makanan yang mudah dipegang atau dimakan sendiri. Jadi, hindari memberi makan ikan dalam bentuk masih terlihat seperti ikan besar yang sulit dimakan. Lebih baik jika suwir-suwir terlebih dahulu atau potong dagingnya kecil-kecil agar si buah hati tidak repot memakannya dan bisa makan dengan sangat lahap.

Loading...

3. Kreasikan bentuk daging ikan.

Coba deh kamu berkreasi bagaimana cara agar si kecil bisa tetap memperoleh nutrisi sehat dari ikan. Pilih saja ikan-ikan yang mudah dibentuk, salah satu contohnya ikan salmon. Ikan salmon tersebut lalu dibentuk seperti makanan lain yang memang disukainya. Kamu bisa sajikan ikan menggantikan potongan daging pada burger, atau jadikan ikan seperti steak, bakso, nugget, dimsum, dan lain sebagainya. Anak-anak pasti tak akan mengira bahwa bahan dasarnya adalah ikan.

4. Campurkan dalam camilan.

Anak suka ngemil? Nah, berikan saja cemilan ringan dari ikan yang dibentuk semenarik mungkin serta berukuran kecil agar mudah dipegang dan dimakan sendiri. Misalnya tusuk sate ikan yang telah ditambahkan sayur pada adonannya.

5. Ajak anak memasak bersama.

Agar anak lebih mengenal makanan yang akan dimakannya, coba saja kamu ajak ke dapur untuk memasak bersama. Anggap saja seperti sedang main masak-masakan. Minta si kecil menentukan pilihan ikannya ingin diolah seperti apa serta bahan makanan yang ingin ditambahkan. Kegiatan ini sekaligus dapat membantu meningkatkan nafsu makannya.

6. Hilangkan bau amis pada ikan.

Jangankah bayi atau balita, kamu pun pasti tidak akan suka jika hidangan ikan di meja makan masih semerbak bau amis, kan? Jadi, jangan lupa hilangkan bau amisnya terlebih dahulu. Cucilah ikan dengan bersih lalu rendam dengan rempah, atau bisa juga dengan campuran jeruk nipis.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red