×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Rekomendasi website untuk mengirim opini secara online

0

Wow

6 Rekomendasi website untuk mengirim opini secara online

Negara Indonesia membebaskan warga negaranya untuk berpendapat, mengemukakan ide dan pikiran selama tidak melanggar norma-norma yang berlaku.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhammad Haryo Pambudi

29 / 07 / 2021 12:41

Negara Indonesia membebaskan warganya untuk berpendapat, mengemukakan ide dan pikiran selama tidak melanggar norma-norma yang berlaku. Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan suara di depan umum. Karena perkembangan zaman yang semakin cepat, media untuk bersuara ataupun sekadar menyampaikan opini dari sisi pandang pribadi seseorang juga semakin banyak, salah satunya adalah melalui website secara online.

Apakah kamu termasuk orang yang suka beropini tetapi bingung ingin menyampaikan di mana? Maka tulisan ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengetahui tempat beropini secara online. Langsung saja mari kita lihat bersama-sama.

1. Opini.id

Sesuai nama websitenya, di sini kamu bisa mengirim opini secara online. Kamu hanya perlu membuat akun di website opini.id, maka kamu bisa menulis opini kamu melalui kolom kirim tulisan. Ketentuan mengirim tulisan opini di website ini yaitu:

a. Kamu harus menulis minimal 350 kata dan maksimal 1000 kata.

b. Penulisan di judul hanya menggunakan huruf kapital di awal kalimat saja.

Loading...

c. Tidak boleh plagiat tulisan milik orang lain.

2. Kumparan.com

Media kumparan selain menjadi website yang sering membuat berita, juga bisa menjadi tempat untuk bercerita dan mengirim opini. Siapa pun bisa mengirim cerita ataupun opini di sini. Tetapi apabila ingin menceritakan atau menyampaikan opini di Kumparan, kamu harus mengikuti beberapa syarat ketentuan berikut agar bisa diterima dengan baik, berikut ketentuannya:

a. Membuat akun dan melengkapi biodata diri dengan lengkap, foto profil kamu juga harus jelas karena hal ini jadi faktor penting.

b. Tulisan kamu harus orisinal.

c. Kata-katanya harus sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Penggunaan tanda baca yang salah dan typo akan memengaruhi juga. Jadi sebelum kamu mengirim tulisan di Kumparan jangan lupa untuk mengecek kembali tulisannya, tidak usah buru-buru.

d. Gambar yang digunakan harus bebas hak cipta, kamu tidak boleh asal meletakkan gambar untuk mendukung tulisan kamu.

3. Terminal Mojok.co

Mojok merupakan media tempat menulis yang paling santai dan memiliki ciri khas gaya penulisan anak muda. Di sini kamu bisa menulis opini dengan bahasa gaul. Persyaratan menulis di Terminal Mojok kamu hanya perlu menulis dengan jumlah minimal 500 kata dan belum pernah diterbitkan di media lain.

4. Detik.com

Jika kamu berpikir website detik.com hanya sebagai media berita online, maka berarti kamu salah besar. Menyikapi perkembangan zaman yang begitu pesat, kini detik.com tidak hanya hadir sebagai website berita, tetapi juga sebagai tempat beropini. Di sini kamu bisa menuliskan opini yang bertema sosial politik, ekonomi, ataupun lainnya yang bersifat non berita. Berikut ketentuan menulis opini di detik.com:

a. Tidak lebih dari 6000 karakter.

b. Mencantumkan biodata diri singkat dalam tulisan dan foto diri yang menarik.

Kamu bisa mengirim tulisan opini melalui membuat akun di detik.com atau lewat email redaksi@detik.com atau mumu@detik.com

5. MediaIndonesia.com

Selain kumparan dan detik, website Media Indonesia juga termasuk ke dalam jenis berita. Media Indonesia menerima tulisan berupa opini dengan ketentuan:

a. Tulisan kamu maksimal 5000 karakter.

b. Identitas lengkap seperti nama, nomor telepon, KTP, dan alamat email yang masih aktif.

c. Selain kedua persyaratan tersebut, kamu juga harus melampirkan foto dengan ukuran 6x4.

Semua persyaratan itu kamu kirim ke email opinimicom@mediaindonesia.com

6. Geotimes.co.id

Situs geotimes.co.id merupakan media yang bisa kamu manfaatkan untuk menulis kolom ataupun opini. Ketentuan menulis di geotimes.co.id yaitu:

a. Tulisan kamu minimal memiliki jumlah 750 sampai 1000 kata.

b. Biodata kamu harus sesuai dengan yang asli.

c. Setiap penulisan harus mencantumkan link referensi atau daftar pustaka jika dari buku.

Sekian, itulah beberapa rekomendasi tempat mengirim tulisan opini secara online terbaik menurut kreator. Semoga bermanfaat, terima kasih.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red