×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Olahraga aneh ini bikin bengong, ada yang punya kompetisi resmi

0

Wow

6 Olahraga aneh ini bikin bengong, ada yang punya kompetisi resmi

Dari lempar tuna sampai setrika ekstrem, olahraga unik ini benar-benar diadakan. Beberapa di antaranya bahkan punya kompetisi resmi, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

05 / 12 / 2019 11:14

Olahraga merupakan aktivitas bergerak yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Tentu saja kamu tahu olahraga yang sudah biasa dilakukan seperti berlari, berenang, bermain sepak bola, dan lain-lain. Namun ada berbagai olahraga di dunia ini yang masih melibatkan fisik, tetapi caranya sungguh aneh dan unik. Penasaran? Yuk simak daftarnya berikut ini. 

1. Lari gendong istri.

Wife carrying

Foto: ottawacitizen.com

Lari gendong istri atau wife-carrying merupakan kontes olahraga aneh yang berasal dari Sonjakrvi, Finlandia. Aturan kontes ini adalah para pria menggendong seorang wanita di pundaknya sambil berpacu lari melintasi lintasan sepanjang 253,5 meter. Lintasan yang dilalui cukup menantang karena terdiri dari lintasan tanah dan lintasan air yang berupa sungai atau danau sedalam satu meter.

Loading...

Olahraga ini telah mempunyai kompetisi resmi, yaitu The Wife Carrying World Championship yang diadakan setiap tahun. Negara-negara yang berpartisipasi pun cukup beragam, seperti Inggris, Australia, Amerika Serikat, Irlandia, Jerman dan lain-lain. Jangan dianggap main-main, pemenang kompetisi ini juga akan mendapatkan gelar juara, yaitu World Champion for Wife Carrying Competition.

2. Zorbing.

Zorbing

Foto: hobbledown.com

Pernahkah kamu berpikir ingin menjadi sebuah bola yang menggelinding? Jika iya, kamu harus mencoba zorbing. Zorbing adalah sebuah olahraga di mana kamu harus bergulir di dalam sebuah bola plastik transparan. Bola tersebut berukuran besar sehingga dapat dimasuki oleh satu sampai tiga orang.

Lintasan yang dilalui oleh bola berupa lereng perbukitan maupun lintasan air. Orang yang berada di dalam bola Zorbing harus mengendalikan bola supaya tetap bergulir. Hmmm... Kira-kira kepala pusing gak ya berada di dalam bola yang bergulir? 

3. Setrika ekstrem.

Setrika Ekstrim

Foto: superadventure.co.id

Percaya tidak bahwa kegiatan menyetrika bisa menjadi olahraga? Ya, olahraga tersebut dinamakan setrika ekstrem (extreme ironing). Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh Phil Shaw pada tahun 1999 ketika ia jenuh dengan pekerjaan menyetrikanya. Kemudian, ia berniat menggabungkan pekerjaan menyetrika dengan olahraga panjat tebing. Melalui latar belakang tersebut, setrika ekstrem terkenal sebagai olahraga menyetrika yang dilakukan di tebing yang ekstrem.

Seiring berjalannya waktu, olahraga ini pun dikembangkan dengan penggabungan pada kegiatan menyelam, terjun payung, selancar angin, berdiri di atas mobil, berkuda, dan lain-lain. Wah, jadi kepikiran gimana rasanya menyetrika sambil melakukan aktivitas-aktivitas ekstrem tersebut.

4. Lempar tuna.

Lempar Tuna

Foto: theleadsouthaustralia.com.au/

Lempar Tuna (Tuna Tossing) merupakan olahraga melempar ikan tuna berukuran besar sejauh mungkin dengan bantuan tali pegangan. Olahraga ini pertama kali berasal dari Kota Ikan, Port Lincoln, Australia pada tahun 1979. Saat itu, olahraga ini bermula ketika para nelayan melemparkan ikan hasil tangkapannya menuju truk-truk pedagang yang merapat di pinggir dermaga.

Kini telah ada kompetisi resmi sedunia untuk olahraga ini, yaitu Tuna Toss World Championship yang diadakan setiap tahun. Para kompetitor diharuskan melempar ikan Southern Bluefin Tuna yang bermassa 9 sampai 10 kilogram sejauh mungkin. Namun pada beberapa tahun terakhir ikan tuna asli diganti dengan ikan buatan yang terbuat dari karet. Sebab, ikan asli yang sudah dilemparkan akan mati dan tidak bisa dijual kembali.

5. Keju bergulir.

Keju Bergulir

Foto: sportsthenandnow.com

Jika kamu mengejar bola saat bermain sepak bola, maka hal itu merupakan hal yang lumrah. Namun, bagaimana jika kamu mengejar keju yang bergulir menuruni bukit? Nah, olahraga tersebut dinamai keju bergulir (cheese rolling).

Olahraga ini pertama kali digagas oleh penduduk Desa Cooper's Hill, Inggris sejak 400 tahun yang lalu sebagai ritual untuk memastikan hasil panen yang melimpah. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini mempunyai kompetisi resmi tahunan yang bernama Cooper's Hill Cheese Rolling Race. 

Aturan kompetisi ini cukup mudah, yaitu para peserta berlari atau berguling menuruni bukit yang sangat curam untuk merebut satu keju yang berbentuk bundar. Sayangnya, kompetisi ini kerap memakan korban karena banyak peserta yang saling bertabrakan dan terluka saat melintasi lintasan. Oleh sebab itu, panitia kompetisi ini menyediakan paramedis sehingga tidak mengurangi keseruan yang berlangsung.

6. Gulat jari kaki.

Gulat jari kaki

Foto: wtvy.com

Beberapa olahraga di dunia ini dikembangkan menjadi olahraga unik, salah satunya adalah gulat jari kaki (toe wrestling). Olahraga ini digagas oleh Pete Cheetam, Eddie Stanfield, Pete Dean, dan Mich Dawson di Wetton, Inggris pada tahun 1974. Saat itu, keempat pria yang memiliki hobi meminum minuman keras tersebut memprotes Inggris yang tak bisa menghasilkan juara dunia gulat.

Olahraga ini tidak sama dengan gulat yang menggunakan seluruh tubuh, melainkan hanya menggunakan jari kaki untuk menahan jari kaki lawan. Gulat jari kaki telah mempunyai kompetisi resmi bernama World Toe Wrestling Championship. Pada kompetisi tersebut, dua orang peserta duduk dengan kaki telentang dan saling mendekatkan salah satu telapak kakinya. Kemudian jari-jari kaki kedua peserta tersebut saling berebut menekan dan menahan satu sama lain. Peserta yang dapat menekan dan menahan jari kaki lawannya selama 3 detik akan menjadi pemenangnya. Selain itu, olahraga ini pun fleksibel karena dapat diikuti oleh pria dan wanita yang masih muda maupun yang sudah tua.

Setelah membaca daftar di atas, terbayang tidak bagaimana kamu mau melakukan olahraga-olahraga ini? Jadi, apa kamu tertarik mencobanya?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red