×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Lagu BTS tentang self-love, mimpi, dan tidak mudah putus asa

0

Musik

6 Lagu BTS tentang self-love, mimpi, dan tidak mudah putus asa

"One little person, can dream the biggest dream" - Suga BTS.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Raodah Nur

17 / 03 / 2021 10:37

BTS merupakan salah satu boy band asal Korea Selatan yang sangat populer. Tidak hanya di negaranya sendiri, BTS juga sangat populer di kancah internasional. ARMY (nama fandom/fans BTS) tersebar di banyak negara di United States, Timur tengah, Eropa, dan tentu saja Asia. Kemampuan menyanyi dan menari yang sudah tidak diragukan lagi, membuat banyak orang menaruh perhatian pada BTS.

Salah satu faktor lain yang juga menjadikan BTS sebagai boy band yang berbeda dengan boy band lain adalah mereka selalu menyelipkan pesan-pesan tersirat dalam setiap lagunya. Mereka punya pesan-pesan bermakna yang ingin disampaikan kepada para penggemar.

Berikut adalah beberapa lagu BTS yang akan mengingatkanmu tentang apa itu mencintai diri sendiri, untuk tetap bermimpi, dan tidak mudah putus asa.

1. Love Myself.

Lagu dengan judul Love Myself ini adalah salah satu track dalam album Love Yourself: Answer. Lagu ini bercerita tentang alasan mengapa kita memang sepatutnya mencintai diri sendiri. Ketika diri ini berada dalam fase di mana dunia ini terasa tidak adil dan diri ini dipenuhi ketakukan dan pertanyaan yang berulang. Harus kita akui, terkadang lebih mudah memberikan cinta kepada orang lain dibandingkan diri sendiri. Standar yang ingin kita capai entah demi kepuasan diri sendiri atau sekadar agar terlihat keren di mata orang lain ataupun memenuhi opini sosial sering kali membebani diri sendiri.

Loading...

Sekarang saatnya memaafkan diri sendiri. Hidup ini terlampau berharga jika hanya untuk mengutuki diri sendiri. Kita harus percaya bahwa gelap akan berganti terang, seperti malam berganti siang dan musim dingin berganti musim semi. Waktumu untuk bersinar akan segera tiba.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mencintai diri sendiri. Jawabannya mungkin tak begitu kasat mata, tapi ada. Terkadang, bahkan untuk mencintai diri sendiri, kita butuh pengakuan dari orang lain. Dan dalam prosesnya, kamu akan merasa "ahh seharusnya tidak seperti ini". Tapi itulah seni dari perjalananmu mencintai diri sendiri. Jalan yang paling kamu butuhkan dan seharusnya kamu lakukan sejak lama.

Meskipun terkadang ada saja hal yang ingin membuatmu bersembunyi dan lari dari dirimu yang sebenarnya. Kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat, kegagalan yang kamu alami, luka yang tak kunjung terobati semuanya adalah bagian yang membentuk dirimu menjadi seperti saat ini. Jalan yang kamu tempuh dan apa yang kamu alami saat ini adalah jawaban. Dirimu di masa lalu, dirimu saat ini, dan dirimu di masa depan kelak. Jangan pernah berhenti untuk mencintai diri sendiri. Jalanmu masih panjang, dan kamu tahu bahwa kamu adalah teman terbaikmu untuk melewati perjalanan yang panjang ini.

2. Paradise.

Lagu ini bercerita tentang "tak ada salahnya untuk bermimpi" karena pada hakikatnya semua akan indah. Tak apa untuk pelan-pelan saja. Meskipun kenyataanya terkadang berbeda dengan apa yang dijanjikan. Kamu harus berlari dan bersaing dengan orang lain ketika ada kesempatan. Bahkan ketika kamu belum punya tujuan dan arah yang jelas. Tak mudah, tentu saja. Dan ketika kamu merasa lelah, tak apa untuk berhenti sejenak.

Kamu tidak perlu untuk terus berlari tanpa tahu mengapa. Pun tak apa, jika kamu belum punya mimpi. Jika ada hal yang membuatmu merasa bahagia, itu sudah cukup. Tak perlu berkecil hati dan tak apa untuk berhenti. Kamu tak perlu lagi berlari tanpa tahu ke mana langkahmu akan membawamu.

Kadang kala mimpimu tumbuh karena seseorang atau orang lain. Kamu belajar bahwa harus menjadi seseorang yang hebat. Namun, tak apa jika mimpimu berbeda. Tak akan ada yang menyalahkan. Mimpi yang sederhana dan mungkin sedikit konyol pun tak apa, misalnya bisa membeli laptop bulan depan, makan dan tidur dengan nyaman, memiliki banyak uang tanpa melakukan apa pun.

Hal yang menakjubkan dari sebuah mimpi adalah kamu bisa menjadi apa saja yang kamu mau. Entah hal besar atau kecil. "Aku tak punya mimpi, dan terkadang mimpi itu menakutkan. Hidup seperti ini saja dan bisa bertahan adalah mimpi sederhanaku". Aku paham bagaimana rasanya, karena saat ini mimpi itu masih terasa abu. Masih tertutupi kabut tebal yang entah kapan akan lenyap. Bermimpi dan berpegang pada mimpi itu.

Cobalah bernapas dahulu, terkadang banyak hal berada di luar kendali dan terasa begitu berat. Ketika orang itu melakukan ini dan orang ini melakukan itu, sementara tak ada yang kamu lakukan sama sekali. Dunia sepertinya belum berpihak kepadamu. Tapi jika diingat kembali, apakah ada aturan dalam bermimpi? Jika ada, mengapa tak pernah ada yang mengajarimu?

Tentu saja karena mimpi itu hal yang dibuat. Itulah mengapa mimpi setiap orang berbeda dan tak ada yang menyalahkan. Karena mimpi yang berbeda, tentu jalan yang ditempuh juga tak akan sama. Karenanya, berhenti berlari pada lintasan yang tak seharusnya. Kamu tak harus memiliki mimpi yang sama dengan orang lain. Apa yang membuatmu menjadi dirimu sendiri, itulah yang harus kamu perjuangkan.

3. Zero O'clock.

Ketika semua terasa sulit, jangan salahkan dirimu sendiri. Akan ada hari di mana kamu merasa sedih tanpa alasan yang jelas. Kamu merasakan beban yang berlebih dan hari itu terasa sangat melelahkan. Semua orang sibuk bekerja keras dengan urusannya masing-masing. Langkahmu terasa amat berat dan merasa bahwa semuanya sudah terlambat.

Kamu berpikir dunia sedang mempermainkanmu. Kamu tak mengerti sama sekali padahal sudah melakukan yang terbaik. Pikiran mengapa hal tersebut harus terjadi padamu kembali terngiang sesaat sebelum kamu tertidur. Meski ingin tidur lelap, tapi kekhawatiran itu mencegahmu. Kamu kembali merenung dan merasa semua adalah salahmu.

Malam yang panjang dan tiba-tiba saja jam menunjukkan hampir tepat tengah malam. "Apakah akan ada yang berubah? Mungkin saja tidak. Tapi setidaknya hari ini akan segera berakhir", katamu menenangkan diri sendiri. Esok akan ada pukul 00:00 yang baru. Tentu saja, semua sudah berlalu. Tapi itu tidak cukup mudah, mengatakan hal itu pada diri sendiri. "Apakah ini kesalahanku?" pertanyaan itu masih saja menggangu. Meskipun begitu kamu berdoa agar esok bisa tersenyum dan menjadi lebih baik lagi. Ketika satu hari berakhir, kamu berharap akan ada hari baru untuk memulai kembali. Segalanya tak akan sempurna, tapi kamu harap akan ada sedikit bahagia menghampiri. "Because you deserve happiness, and you're gonna be happy at the end of the day."

4. Light.

Ada hari di mana kamu tidak ingin melakukan apa pun. Tak ada kata online, tak ada deadline, tak ada notifikasi, tak ada satu pun. Tak ada yang bisa kamu selesaikan dalam satu hari itu. Kamu tak suka dengan dirimu yang seperti itu, kamu tiba-tiba merasa takut dengan keadaanmu saat itu.

Ketika perasaan kalut menghampiri, akan selalu ada jalan keluar yang mengiringinya. Jalan yang akan menuntunmu untuk melangkah maju tanpa ketakutan. Bahagia dalam kesendirian. Kehilangan lalu kemudian memperoleh sesuatu begitu juga sebaliknya. Perubahan yang nyata dan sering kali kamu alami dalam hidup.

Tidak ada satu pun yang sempurna di alam semesta ini. Segalanya memiliki makna. Malam-malam yang kamu lalui tanpa terlelap karena terlalu banyak hal di kepalamu. Meskipun malammu terasa suram, pagi selalu datang untuk memberi harapan baru.

Kamu bisa melewati segalanya. Tak bisa berhenti di sini, kamu yang tentukan apa dan bagaimana bahagiamu. Tak apa untuk menunjukkan kelamahanmu. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri tanpa perlu lagi membohongi diri. Segala hal menjadi mungkin jika kamu percaya dengan segala kemungkinan.

5. So Far Away.

Lagu ini untuk siapa pun yang merasa kehilangan arah guna menemukan mimpinya. Ketika orang lain dengan percaya diri mengatakan bahwa inilah mimpi mereka dan bercita-cita menjadi apa sementara dirimu masih bertanya-tanya tentang apa yang sebernarnya ingin kamu lakukan, apa cita-citamu, dan apa mimpimu, aku tahu bagaimana rasanya tidak memiliki sesuatu yang kebanyakan orang miliki sesederhana impian.

Misalnya memasuki perguruan tinggi dengan harapan di sana kamu akan menemukan apa yang selama ini kamu cari dan apa yang selama ini ingin kamu tekuni, tapi ternyata itu tidak cukup membantu. Banyak yang kemudian merasa "salah jurusan" saat kuliah. Entah karena memang dari awal hanya asal-asalan memiilih jurusan atau jurusan itu dipilihkan, atau bahkan yang awalnya sangat percaya diri dengan pilihannya lalu di kemudian hari merasa salah dalam memilih.

Ketika melihat semua orang memacu diri sementara dirimu masih jalan di tempat. Saat semua orang mulai melangkah maju sedangkan kamu masih belum tahu arah mana yang ingin kamu tuju, seiring berjalannya waktu, kamu menjadi tidak sabaran. Keluarga dan teman-temanmu perlahan terasa semakin jauh.

Kamu dan dirimu saat ini sedang meniti jalanmu sendiri. Tapi tak apa, karena akan ada saatnya kelak kamu akan menemukan apa yang menunggumu selama ini di suatu persimpangan. Dan di mana pun mimpi itu berada, dia akan menyambut/menuju padamu dengan segera. Meskipun kamu begitu menderita di awal perjalanan ini, semoga semua berakhir dengan semestinya.

6. Ephiphany.

Lagu ini untuk kamu yang kadang lupa bahwa dirimu begitu berharga, yang terkadang membenci dirimu sendiri tanpa alasan. Saatnya untuk kembali mencintai dirimu sendiri seutuhnya. Kamu adalah seseorang yang benar-benar harus kamu cintai tanpa alasan apa pun. Setelah semua yang kamu lakukan untuk dirimu, kamu harus harus hidup dan ada untuk dirimu sendiri. Tak perlu berpura-pura hanya untuk disukai orang lain. "You can show your true colour".

Jika ada satu orang yang harus kamu cintai di dunia ini, itu adalah dirimu. Kamu begitu berharga. Jika tidak bagi orang lain, ketauilah bahwa kamu begitu berharga untuk dirimu sendiri. Meskipun kamu tak sempurna, tak mengapa. Jika kelak kamu menemukan jalanmu begitu rumit dan penuh kekhawatiran, kamu harus tetap melangkah. Dirimu yang sesungguhnya sedang menunggumu di suatu tempat.

Mengapa harus berpura-pura menjadi orang lain sedangkan dirimu juga sama berharganya? Apa yang sebenarnya membuatmu khawatir?

Tak akan ada yang menyalahkan jika kamu menjadi dirimu sendiri. Mungkin akan ada segelintir orang yang tak menyukainya, tapi tak perlu kamu risaukan. Inilah dirimu apa adanya. Tak perlu ada lagi yang disembunyikan. Ketika kamu mencintai dirimu sendiri, kamu dengan mudah akan menghargai orang lain. Karena setiap individu sama berharganya bagi diri mereka masing-masing.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red