×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kuliner khas Ngawi ini wajib kamu coba, nikmatnya menggugah selera

0

Jalan-Jalan

6 Kuliner khas Ngawi ini wajib kamu coba, nikmatnya menggugah selera

Serba-serbi kuliner khas Ngawi yang menggugah selera.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ayu Khresna Dewanty

01 / 06 / 2020 17:15

Ngawi merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Ngawi juga dikenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang memukau dan sayang bila dilewatkan. Berbagai destinasi wisata seperti kebun teh jamus, benteng Van den Bosch, museum Trinil, dan lain sebagainya mampu membuat suasana wisatamu semakin menyenangkan.

Selain dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dan memanjakan mata, Ngawi juga memiliki kuliner khas yang wajib dicicipi lho. Apa saja sih kuliner khas Ngawi yang mampu memanjakan lidah?

1. Pecel Lethok.

foto: instagram/anggi.pandan

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel khas Ngawi juga dilengkapi dengan sayuran yang disiram dengan bumbu pecel. Namun pecel khas Ngawi ini dilengkapi dengan tambahan lethok sebelum disajikan. Lethok atau dikenal dengan sambal tumpang dibuat dari tempe yang dibiarkan membusuk terlebih dahulu.

Loading...

Kemudian tempe akan dimasak dengan campuran rempah-rempah untuk menciptakan rasa gurih dan lezat. Perpaduan bumbu pecel dengan tambahan lethok menciptakan rasa gurih, pedas, dan nikmat yang membuatmu ketagihan saat pertama kali mencicipinya.

2. Tepo tahu.

foto: instagram/pikoappa

Tepo tahu merupakan salah satu kuliner khas Ngawi yang bahan dasarnya terbuat dari tepo dan tahu telur. Tepo adalah makanan yang menyerupai lontong, namun memiliki tekstur yang lebih lembut. Tepo tahu khas Ngawi biasanya disajikan dengan tambahan kuah yang dibuat dari air asam Jawa, kecap, dan rempah lain sebagai pelengkapnya. Meski terlihat sederhana, namun tepo tahu khas Ngawi memiliki rasa yang sangat nikmat lho.

3. Wedang cemue.

foto: Instagram/belanga.id

Bukan hanya makanan saja, Ngawi juga memiliki minuman khas yang harus dicoba, yaitu wedang cemue. Wedang cemue sangat cocok diminum saat malam hari atau saat hujan turun sebab minuman ini memiliki rasa pedas dari jahe dan rasa manis dari susu yang mampu menghangatkan tubuh. Selain mampu menghangatkan, wedang cemue juga dapat mengganjal perut saat sedang lapar. Hal ini karena terdapat potongan roti sebagai campuran pelengkap minuman khas dari bahan alami ini.

4. Rica-rica bekicot.

foto: Instagram/madiunjajan

Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, rica-rica bekicot ini wajib untuk dicoba. Sekilas memang terlihat menggelikan karena dibuat dari bahan dasar bekicot. Namun untuk rasa, kamu tidak perlu khawatir karena rica-rica bekicot ini diolah dengan sangat baik serta tambahan rempah-rempah semakin membuat rasanya juara. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan kenyalnya daging bekicot dapat membuat ketagihan saat mencicipinya.

5. Tongseng kambing pedas.

foto: Instagram/wonderfoodsolo

Jika berkunjung ke Ngawi, tentu tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya yaitu tongseng kambing pedas. Biasanya tongseng kambing ini dijual di kedai atau warung yang menjual olahan sate dan gule. Tongseng pedas khas Ngawi dibuat dari daging berkualitas yang dicampur dengan santan dan rempah lain sebagai kuahnya. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan lembutnya daging kambing semakin membuat makanmu semakin lezat.

6. Keripik tempe.

foto: Instagram/kanefood

Kuliner khas Ngawi yang wajib dicoba selanjutnya yaitu camilan keripik tempe. Keripik tempe yang memiliki rasa gurih dan renyah ini sangat pas dimakan sebagai camilan maupun sebagai lauk. Kamu dapat membeli keripik tempe ini di berbagai toko oleh-oleh maupun langsung berkunjung ke sentra industri tempe yang cukup terkenal di Ngawi, yaitu di Dusun Sadang, Kabupaten Ngawi.

Selain dikenal dengan berbagai wisata alamnya yang memukau, Ngawi juga memiliki beragam kuliner khas yang mampu memanjakan lidah. Setelah puas berkeliling menikmati keramahan kota Ngawi, kamu dapat membeli oleh-oleh khas sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.  





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red