Kita memang harus bangga sebagai warga negara indonesia. Lantaran, negara yang berada antara dua benua ini, memiliki fakta-fakta menarik yang sangat sayang untuk di lewatkan.

Berikut beberapa fakta menarik tentang indonesia yang harus Anda ketahui:

1. Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Mungkin anda sudah sering mendengar tentang fakta yang pertama ini. Namun tahukah Anda bahwa Indonesia tidak hanya negara kepulauan terbesar di dunia saja, namun beberapa pulau di Indonesia juga termasuk 6 besar pulau terbesar di dunia?

2. Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Selain negara kepulauan terbesar, Indonesia juga menempatkan posisinya sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia.

Saat ini, diketahui terdapat lebih dari 740 suku bangsa yang ada di Indonesia, dimana 270 di antaranya terdapat di pulau Papua saja.

Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak, dimana terdapat 583 daerah dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

3. Negara Peraih Thomas Cup Terbanyak

Piala Thomas atau Thomas cup merypakan kejuaraan bulu tangkis bertaraf internasional terbesar yang diselanggarakan setiap dua tahun sekali.

Dalam pertandingan ini, setiap negara mewakili 1 tim putra yang terdiri dari 3 orang pemain tunggal dan 2 ganda putra.

Sejak diadakan pada tahun 1949, Indonesia merupakan negara terbanyak yang pernah meraih piala thomas, disusul dengan China dan Malaysia di tempat selanjutnya.

Total, sudah 13 piala yang berhasil dibawa pulang oleh tim Thomas Cup Indonesia, dimana pertama kali mereka berhasil mendaptkanya di tahun 1958 dan terakhir tahun 2002.

4. Satu-satunya Negara yang Keluar dan Masuk Kembali Dalam PBB

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merupakan organisasi tingkat dunia yang bertujuan untuk mencegah adanya konflik antar negara-negara di dunia dan bersikap tegas terhadap negara-negara besar agar berhenti melancarkan aksi-aksi militer kepada negara kecil.

Diawal pembentukanya, PBB yang menggantikan peran dari LBB (Liga Bangsa Bangsa) memiliki tugas yang berat untuk menyatukan negara-negara yang sedang berkonflik.

Saat itu, Indonesia telah bergabung dengan PBB menyerukan dengan lantang agar PBB mampu untuk bersikap adil dan netral dalam menyelesaikan konflik antar negara.

Namun, presiden Soekarno yang saat itu mewakili Indonesia merasa pendapatnya tidak di terima. Ini ditunjukan dengan penolakan terhadap usulan Soekarno yang meminta agar markas PBB berada di daerah non-blok, agar tidak ada intervensi dari negara adidaya. Markas PBB terletak di Amerika yang sebenarnya terlibat perang dingin.

Karena merasa PBB tidak lagi bisa bersikap adil dan adanya konflik antara Indonesia dengan Malaysia, pada januari 1965 soekarno menyatakan keluarnya Indonesia dari PBB.

Namun setelah dirinya jatuh, dan kekuasaan berada di presiden Soeharto, indonesia kembali masuk ke PBB pada 19 September 1966 sebagai anggota urutan ke-60.

5. Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Hutan bakau atau yang sering di sebut hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di air payau dan di pengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Di Indonesia, luas hutan mencapai 2,5-4,5 juta hektar sehingga memposisikan Indonesia sebagai negara dengan luas hutan bakau terluas di dunia, disusul oleh Brazil, Nigeria dan Australia.

6. Patung Jendral Soedirman Dapat Anda Temui di Kantor Kemhan Jepang

Anda sebagai warga indonesia patut berbangga diri. Pahlawan kebanggaan Indonesia yakni Jendral Soedirman, patungnya kini diabadikan di depan Kementrian Pertahanan Tokyo, jepang.

Patung Jendral Soedirman merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di jepang.