×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara membersihkan wastafel cuci piring, mudah dilakukan dan murah

0

Rumah

6 Cara membersihkan wastafel cuci piring, mudah dilakukan dan murah

Foto: https://pixabay.com/id/photos/kebersihan-pembantu-mempertahankan-2799459/

Terkadang noda atau kotoran di wastafel sulit dihilangkan hanya dengan sabun dan air. Nah, ada cara sederhana lain yang bisa kamu lakukan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Viki Saputra

24 / 01 / 2022 11:55

Dapur adalah tempat yang sering kotor saat masak atau cuci piring. Membersihkan dapur bisa menjadi sedikit tantangan, terutama bagi orang yang suka memasak makanan berminyak. Terkadang sisa-sisa makanan lama sering menempel di permukaan wastafel, sehingga sulit dikeluarkan. Lama kelamaan akan menumpuk dan menjadi kotoran permanen di permukaan wastafel.

Peralatan dapur dan wastafel pun sering kali kotor setelah digunakan untuk mencuci piring. Namun, noda atau kotoran di wastafel terkadang sulit dihilangkan hanya dengan sabun dan air. Bagi yang sedang mencari cara membersihkan wastafel cuci piring, berikut beberapa opsi yang bisa kamu coba. Sebagian besar bahan yang digunakan pun mudah ditemukan.

1. Campuran soda kue dan air lemon.

Campuran soda kue dan air lemon dikenal sebagai kombinasi yang sangat efektif untuk menghilangkan noda dan kotoran membandel yang sering ditemukan di wastafel cuci piring. Soda kue dapat melarutkan sisa makanan yang menempel dan mengeras di bagian wastafel.

Campurannya sangat sederhana. Bilas seluruh permukaan wastafel dengan air panas dan keringkan. Tuang soda kue ke dalam wastafel dan ratakan dengan spons. Gosok hingga soda kue membentuk gumpalan. Gosok area wastafel yang berkerak dengan sikat gigi bekas. Kemudian bilas dengan air yang dicampur dengan perasan lemon.

2. Campuran cuka dan pasta gigi.

Kamu dapat menggunakan cuka dan pasta gigi secara bersamaan untuk membersihkan wastafel dan menghilangkan noda membandel. Caranya pun sangat mudah.

Loading...

Siapkan cuka putih, pasta gigi, dan sikat gigi bekas atau spons untuk cuci piring. Bersihkan permukaan wastafel dengan menuangkan cuka putih secukupnya. Oleskan pasta gigi agar dapat menghilangkan noda membandel di sekitar wastafel. Kemudian bilas sampai bersih dan keringkan wastafel dengan kain bersih.

3. Campuran cuka dan sabun pencuci piring.

Cuka tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan atau penambah rasa, tetapi juga sebagai bahan untuk menghilangkan noda dan kotoran. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah.

Siapkan botol semprot, lalu campur cuka dan sabun cuci piring. Kemudian isi botol sepenuhnya dengan air dan pastikan semua larutan dalam botol tercampur dengan baik. Taburkan larutan tersebut pada permukaan wastafel yang terdapat noda membandel. Biarkan selama sekitar 15 menit. Terakhir, bersihkan permukaan dengan kain lembap dan bilas dengan air bersih.

4. Campuran garam dan hidrogen peroksida.

Jika wastafel di rumah terbuat dari keramik, kamu bisa menggunakan campuran garam dan hidrogen peroksida untuk menghilangkan noda kering. Campuran kedua bahan ini sangat efektif untuk membersihkan wastafel karena mengandung asam yang mudah larut dalam air dan aman digunakan.

Caranya, pertama bersihkan wastafel dengan deterjen dan air hangat. Kenakan sarung tangan karet dan semprotkan hidrogen peroksida ke seluruh bak cuci piring. Taburkan garam di permukaan, terutama area yang terkena kerak dan noda. Diamkan selama 15 menit sampai noda dan kerak hilang. Kemudian bilas wastafel dan lap dengan kain kering yang lembut.

5. Minyak zaitun.

Menggunakan minyak zaitun adalah cara termudah membersihkan wastafel cuci piring. Kamu pun tak perlu bahan tambahan karena minyak zaitun saja sudah cukup kuat untuk menghilangkan noda dan sisa kotoran. Cukup tuangkan sedikit minyak zaitun pada kain kering dan bersihkan wastafel. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air hangat.

6.  Tepung.

Selain digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai adonan kue, tepung terigu juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk membersihkan wastafel cuci piring. Jika memiliki jadwal pembersihan wastafel, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut ini.

Setelah mencuci piring, pertama-tama bersihkan sabun dan kotoran dari wastafel. Bilas seluruh wastafel dengan air bersih, lalu tutup saluran pembuangan wastafel. Taburkan tepung di seluruh wastafel. Kemudian bersihkan permukaan wastafel dengan kain atau handuk kecil dan buka penutup saluran air. Bilas tepung yang menempel di wastafel dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Demikian tips mengenai cara membersihkan wastafel cuci piring. Semoga bermanfaat dan terima kasih.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red