×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
13 Cara jitu mempercepat koneksi internet HP dan laptop, antilemot

0

Gadget

13 Cara jitu mempercepat koneksi internet HP dan laptop, antilemot

foto: freepik.com

Perkembangan internet di dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk di Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Paris Pandapotan Sitanggang

16 / 07 / 2021 16:08

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting manusia saat ini. Dengan hadirnya internet menjadikan orang-orang berkegiatan di dunia maya seperti browsing, chatting, membuka bisnis online, blogging, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, koneksi internet yang lancar sudah menjadi kewajiban untuk era saat ini.

Semua kegiatan dunia maya tanpa adanya internet tidak akan bisa berjalan lancar. Salah satu yang memengaruhi penggunaan internet yaitu pada kecepatan koneksinya. Kecepatan internet merupakan hal yang paling utama dan paling penting saat berselancar di dunia maya. Apalagi saat browsing atau bermain game akan lebih menyenangkan bila aktivitas tersebut dilakukan tanpa ada gangguan koneksi.

Memang menjengkelkan ketika sedang berselancar di internet dengan menggunakan handphone ataupun laptop, lalu tiba-tiba browser atau peramban menjadi lamban dalam bekerja. Hal ini akan mudah teratasi jika sudah mengetahui cara mempercepat koneksi internet. Bisa saja masalah koneksi tersebut akibat jaringan yang lagi eror atau bisa juga karena kesalahan dalam pengaturan Hp atau laptop.

Untuk ulasan lebih jelasannya, berikut telah dirangkum 13 cara jitu mempercepat koneksi internet HP dan laptop. Dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (16/7). Cara mempercepat koneksi internet ini terbilang cukup mudah, dijamin internet di ponsel dan laptop jadi anti lemot.

Cara mempercepat koneksi internet di Handphone.

1. Memeriksa kecepatan internet.

Loading...

foto: freepik.com

Cara mempercepat koneksi internet yang pertama dengan memeriksa terlebih dahulu kondisi dari kecepatan internet. Sebab, dengan mengetahui kecepatan internetnya kamu bisa mengetahui apakah kecepatan yang tertera pada data termasuk optimal untuk paket internet langganan dari ISP (Internet Service Provider) kamu atau tidak.

2. Menghapus cache secara rutin.

foto: freepik.com

Selanjutnya, menghapus cache pada handphone atau laptop kamu. Jika kamu sering browsing pastinya bakalan ada banyak cache yang tersimpan. Cache inilah yang membuat berat Hp atau laptop, supaya koneksi internet semakin cepat maka kamu harus rajin menghapus cache. Menghapus cache bisa menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan.

3. Mengaktifkan Ad-blocker.

foto: freepik.com

Saat browsing di internet seringkali ditemukan iklan yang muncul di layar smartphone kamu. Selain mengganggu kegiatan berselancar di internet, iklan video bahkan banyak menyedot kuota pada Hp. Kecepatan koneksi di smartphone pun menjadi lambat.

Nah, dengan munculnya Ad-blocker kecepatan browsing akan menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya. Dengan mengaktifkan Ad-blocker, maka iklan yang sering berlalu lalang akan terblokir dan tidak dapat muncul lagi. Sehingga koneksi internet bisa berjalan lancar.

4. Menggunakan jaringan 5G Only, 4G atau jika belum 3G Only.

foto: freepik.com

Jika perangkat kamu sudah mendukung koneksi 5G, 4G dan 3G, kamu bisa mengatur koneksi internet menggunakan jaringan tersebut. Cara mengaturnya cukup mudah, kamu bisa ke menu Pengaturan > pilih Koneksi dan Jaringan > Jaringan Seluler > klik Kartu SIM, pilih SIM 1 atau SIM 2 > Mode Jaringan, pilih tipe jaringan Prioritas 5G atau LTE.

5. Menggunakan VPN.

foto: freepik.com

Berbagai aplikasi VPN dapat diunduh melalui Play Store. Pilih salah satu aplikasi VPN yang memiliki review terbaik. Selain mempercepat internet, VPN juga berguna untuk membuka website yang diblokir. Untuk mempercepat koneksi internet kamu harus terhubung ke IP address suatu negara, sangat banyak negara yang disediakan pada aplikasi VPN yang bisa kamu pilih.

6. Periksa perangkat yang tersambung.

foto: freepik.com

Cara ini bisa dilakukan terutama bagi kamu pengguna Wi-fi. Apabila sudah terlalu banyak yang menyambung, maka otomatis koneksi internet akan menjadi lebih lemot. Jika kamu ingin mengecek jumlah perangkat yang tersambung ke jaringan internet kamu, gunakan software tambahan. Selain itu, kamu juga bisa membuka IP address yang digunakan router kamu di browser. Lalu login dengan detail akun yang diberikan oleh pihak ISP.

7. Mengaktifkan Chrome Data Saver

foto: istimewa

Cara lain untuk mempercepat koneksi internet di ponsel yaitu dengan menggunakan Chrome Data Saver. Hal ini bisa digunakan bagi kamu yang menggunakan aplikasi browser Google Chrome. Fitur Data Saver yang ada didalamnya berfungsi untuk menghemat kuota internet. Selain itu, fitur ini juga berdampak langsung pada kecepatan internet kamu saat mengakses suatu situs web.

Tidak perlu repot, cara mengaktifkan Data Saver ini cukup praktis. Pertama, buka Google Chrome > Settings > Advanced > Data Saver.

Cara kerja fitur ini yaitu kompresi data pada sebuah situs. Artinya ketika kamu browsing maka semua gambar dimuat akan tampil dalam versi yang lebih ringan (ukuran yang lebih kecil). Sehingga, sangat cepat dimuat dalam browser.

8. Uninstall atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

foto: freepik.com

Banyak aplikasi yang diinstal pada Handphone juga bisa memengaruhi kecepatan koneksi internet. Pasalnya aplikasi ini selalu terhubung ke internet dan tetap berjalan meski kamu sedang tidak membukanya. Untuk itu kamu perlu menghapus atau menonaktifkannya.

Setiap HP memiliki cara uninstall aplikasi yang berbeda-beda. Secara umum, pilih menu Settings > klik Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus > Hapus Instalan atau kamu juga bisa pilih Nonaktifkan.

9. Menggunakan Mode Pesawat

 

foto: drefoto: dreamstime.com

Terakhir, kamu bisa mempercepat koneksi internet dengan mengaktifkan mode pesawat. Caranya aktifkan Mode Pesawat selama 15 detik lalu matikan kembali. Ini bertujuan agar mengulang koneksi internet ke jaringan operator.

Cara mempercepat koneksi internet di laptop.

1. Hindari membuka Tabs terlalu banyak.

foto: freepik.com

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet di laptop yaitu dengan tidak membuka banyak Tabs atau jendela informasi. Sebab, semakin banyak kamu membuka tabs akan sangat berpengaruh pada kinerja pada laptop. Untuk itu, disarankan untuk tidak membuka tabs terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan.

2. Matikan program yang tidak digunakan.

foto: freepik.com

Saat sedang terkoneksi ke internet, matikan beberapa program yang tidak digunakan. Jika dibiarkan hal ini bisa mengganggu kecepatan koneksi internet di laptop kamu. Berbagai program yang beroperasi tersebut masih bisa terhubung ke internet dan akan mengurangi kecepatan internet kamu.

Cara untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang tersebut, yaitu dengan mengelola Task Manager atau bisa gunakan shortcut CTRL + Shift + Esc. Kemudian, buka tab Startup > pilih program > klik Disable.

3. Memperbarui anti virus.

foto: freepik.com

Cara mempercepat koneksi internet di laptop berikutnya dengan memperbarui anti virus. Satu hal yang sering menjadi salah satu faktor penyebab kenapa koneksi internet pada laptop menjadi lelet adalah serangan virus. Untuk meminimalisir, gunakan software anti virus dan update selalu anti virus yang dipakai.

4. Bersihkan junk dan cache pada web.

foto: freepik.com

Sama seperti Handphone, membersihkan sampah dan cache pada website juga bisa mempercepat koneksi internet di laptop. Periksa website yang sering dikunjungi, di sana akan tersimpan sampah, cookies, cache dan history.

Jika sudah banyak menyimpan junk, cookies, dan cache maka akan memengaruhi kecepatan internet. Untuk itu, disarankan agar membersihkannya secara rutin agar koneksi internet di laptop kamu bisa berjalan dengan baik tanpa gangguan.

 

Oleh: Paris Pandapotan Sitanggang, Desinta Ramadani

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red