Brilio.net - Apa yang pertama kali kamu lakukan saat bangun tidur? Mungkin jawaban kebanyakan orang yaitu mengecek handphone (HP). Bukan hal aneh jika mengingat HP dianggap belahan jiwa sejak beberapa tahun terakhir.

Apalagi sejak kemunculan smartphone dengan fitur-fitur canggih yang mampu mendukung kegiatan sehari-hari. Fungsi smartphone kini lebih dari sekadar alat komunikasi. Smartphone sudah menjadi sarana hiburan, transaksi keuangan, hingga alat pendukung membuat karya digital.

Di balik kecanggihannya, smartphone tetap sebuah barang yang lambat laun akan menurun performanya. Terlebih kalau kamu tidak menjaga dan merawatnya dengan baik. Ternyata banyak sekali kebiasaan remeh yang bikin HP gampang lemot seperti berikut ini.

Mau tahu apa saja itu? Yuk simak informasinya sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/4).

Loading...

1. Jarang menghapus cache.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: shutterstock.com

Cache dalam smartphone berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah digunakan. Fungsi cache ini akan memudahkanmu membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan.

Namun, data cache dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Bahkan, cache yang menumpuk akan mengakibatkan ponsel semakin lemot. Untuk itu, selalu bersihkan data cache secara berkala di setiap aplikasi yang pernah digunakan.

2. Gaming tanpa memperhatikan suhu.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: Oppo Indonesia

Terus-menerus bermain game tanpa henti mengakibatkan smartphone cepat panas. Kalau kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan performa menurun bahkan merusak komponen sensitif smartphone.

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, soalnya Multi Cooling System di Oppo Reno5 F bisa membantu permasalahan ini. Fitur canggih ini mampu meningkatkan efisiensi pembuangan panas hingga 30% berkat paduan alumunium dengan konduktivitas termal tinggi pada bagian badan ponsel.

Belum lagi, penambahan empat lapis tabung grafit dan tiga lapis lembaran grafit yang ditempatkan secara tepat di bagian ponsel akan mempercepat proses pendinginan prosesor dan berbagai chip.

3. Suka instal aplikasi sembarangan.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: shutterstock.com

Kebiasaan remeh ini masih sering dilakukan. Padahal terlalu banyak aplikasi yang diinstal jadi salah satu penyebab utama ponsel lemot.

Semakin banyak aplikasi yang diinstal, akan semakin lamban juga performa ponsel. Aplikasi yang tidak digunakan itu akan memakan sumber daya seperti ruang penyimpanan, RAM, dan CPU yang terbatas di dalam ponsel.

Jadi, mulai sekarang coba pilih aplikasi mana saja yang aktif digunakan dan tidak agar ponsel bisa bekerja lebih maksimal.

4. Terlalu banyak aplikasi di background.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: shutterstock.com

Membiarkan terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang juga bikin smartphone gampang lemot. Kebiasaan ini membuat beban kerja sistem smartphone jadi semakin berat. Efek samping lain akibat kebiasaan remeh ini adalah meningkatnya suhu ponsel dan borosnya baterai.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Selain itu, kehadiran sensor suhu seperti yang dimiliki Oppo Reno5 F juga bisa mengatasi masalah ini.

Sensor yang disematkan di seluruh bagian Oppo Reno5 F secara aktif memantau kondisi suhu sehingga bisa menyeimbangkan temperatur dengan kinerja ponsel. Jadi, saat ponsel suhunya naik, fitur ini akan mengoptimalkan frekuensi CPU dan arus pengisian daya ke level yang aman.

Oppo Reno5 F juga melakukan penyesuaian konsumsi daya saat menjalankan aplikasi yang sering digunakan. Bukan hanya itu, Oppo Reno5 F juga bisa mengoptimalkan suhu ponsel agar tetap dingin saat sebuah aplikasi membuat CPU bekerja keras.

5. Jarang mengupdate OS.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: shutterstock.com

Beberapa orang memilih tidak mengupdate sistem operasi karena takut smartphone akan lemot. Padahal memperbarui sistem operasi secara berkala akan meningkatkan kinerja smartphone.

Pembaruan sistem operasi akan semakin optimal dengan dukungan perangkat keras bertenaga seperti ditemukan pada Oppo Reno5 F. Dilengkapi prosesor AI MediaTek Helio P95 yang meningkatkan kinerja Oppo Reno5 F secara signifikan.

Prosesor MediaTek Octa-core ini memungkinkan Oppo Reno5 F memulai aplikasi 30% lebih cepat. Selain itu, prosesor ini juga mendukung akselerasi saluran ganda Wi-Fi dan 4G untuk mendongkrak kecepatan koneksi.

Belum lagi sistem operasi ColorOS 11 di Oppo Reno5 F yang fitur-fitur canggihnya akan memanjakanmu. Salah satunya seperti personalisasi tampilan Always On Display (AOD) yang kini pilihannya lebih banyak. Layar AMOLED yang diusung Oppo Reno5 F membuat tampilan AOD terlihat sangat mewah saat berada dalam mode standby.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang bisa bikin smartphone gampang lemot. Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh lagi kebiasaan-kebiasaan di atas.

Anti lemot, Oppo Reno5 F bisa mendukung semua momen seru saat puasa selama Ramadan. Nggak cuma Oppo Reno5 F saja, kabarnya Oppo bakal mengejutkan masyarakat Indonesia dengan perangkat baru yang akan dirilis pada bulan Ramadan.

Sayangnya, belum ada detail mengenai perangkat ini. Namun, jika dilihat dari lini seri terdahulu, ada lini seri perangkat A yang belum mendapatkan penyegaran yakni A92.

Oppo A92 termasuk salah satu seri popular di jajaran lini seri A terutama kelas menegah atas. Perangkat penerus A92 ini diperkirakan akan memiliki konfigurasi yang tidak jauh berbeda, bahkan, kemungkinan akan ada beberapa peningkatan dan teknologi baru.

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: Oppo Indonesia

"Kami memang sedang mempersiapkan perangkat baru di Indonesia. Perangkat yang masuk kedalam lini seri A ini akan membawa banyak perubahan dan teknologi baru dibanding suksesornya. Konsumen akan diuntungkan dengan banyaknya pilihan perangkat smartphone berkualitas dari OPPO pada ramadan kali ini. Jika tidak meleset, dalam beberapa minggu kedepan akan kami perkenalkan perangkat ini ke konsumen di Indonesia," tutur Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia seperti dikutip dari rilis yang diterima brilio.net, Rabu (14/4).

Opporeno5fkebiasaan istimewafoto: Oppo Indonesia

Sambil menunggu perangkat terbaru Oppo, kamu bisa memiliki Oppo Reno5 F yang sudah bisa didapatkan di e-commerce dan store resmi Oppo terdekat. Menariknya, ada beberapa promo penjualan menarik yang bisa kamu dapatkan seperti paket Freedom Bundling 84GB selama 12 bulan dari Indosat.

Ada juga program tukar tambah dengan cashback hingga Rp 500 ribu, berbagai kemudahan pembiayaan seperti gratis biaya admin dari Spektra dan AEON, serta bunga 0% dari Home Credit dan Kreditplus.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno5 F, klik di sini.