Buat para pencinta kuliner Indonesia yang mau mudik dengan kereta jarak jauh seperti naik KA Malabar relasi Bandung-Malang, tidak ada salahnya buat menjajal kuliner khas di sejumlah kota yang dilewati. Apalagi jika perjalanan kamu lebih dari 10 jam, sudah pasti perut harus nyaman terisi.

Salah satunya saat kamu tiba di statsiun Madiun, di sini ada pecel madiun. Kuliner dengan berbagai macam sayuran ini seperti makan obat tapi lezat karena sudah jelas kaya serat dan menyehatkan. Seperti diungkapkan oleh Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea Bridara. "Saya sangat senang dengan pecel Madiun, selain rasanya enak, dengan mengonsumsi banyak serat dalam sayuran ini maka berat badan akan terjaga, badan lebih segar dan tentunya lebih sehat. Apalagi saat usia di atas 30 tahun, konsumsi daging merah mulai dikurangi dan diganti dengan sayur-sayuran." tegasnya saat ditemui di Statsiun Bandung.

Lantas fakta apa saja sih yang membuat pecel madiun ini punya segudang manfaat buat kesehatan tubuh kamu? Penasaran, yuk kita simak penelusurannya bersama di bawah ini.

1. Kacang panjang.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Bahan pertama dalam pecel Madiun ini adalah kacang panjang. Keluarga polong-polongan ini baik buat diet karena mengandung lemak sehat dan protein. Selain itu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, zat besi, fosfor, magnesium, mangan kalium, tiamin, dan riboflavin.

Kacang panjang ini punya manfaat buat meringankan nyeri haid, bikin kulit cerah berseri, dan bagus buat kesehatan jantung kamu.

2. Touge.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Bahan kedua yakni touge. Meski kecil tapi punya banyak manfaat loh. Kecambah alias touge ini punya kandungan protein tinggi. Bahkan lebih besar 19 persen dari biji kacangnya. Selain itu touge juga punya kandungan karbohidrat, seng, potasium, asam folat, fosfor, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan Niacin. Selain bagus buat yang lagi diet, touge ini bagus buat kesuburan karena kaya akan vitamin E alfa yang berguna buat melindungi sel telur atau spermatozoa dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

3. Daun Singkong.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Sayuran ketiga yang bikin pecel madiun jadi gudang serat yaitu daun singkong. Meski pahit namun khasiatnya jangan ditanya karena daun singkong mengandung vitamin A, vitamin B1, karbohidrat, asam amino, dan sarat akan protein nabati.

Daun singkong ini kaya serat dan rendah kalori sehingga baik buat diet. Selain itu asam amino dalam daun singkong berfungsi buat regenerasi sel tubuh. Asam amino dalam daun singkong bisa mengubah karbohidrat menjadi energi buat kamu berativitas.

4. Daun Semanggi.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Daun semanggi ini adalah bahan yang sangat umum kamu jumpai dalam pecel Madiun. Daun semanggi punya kandungan minyak atsiri, zat samak, dan saponin. Dalam daun semanggi mengandung abu 2,7 persen, protein 4,35 persen, lemak 0,27 persen, karbohidrat 1,38 persen dan serat 2,28 persen.

5. Bunga Turi.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Buat yang pertama kali makan pecel Madiun mungkin asing sama bunga turi. Bunga dengan bentuk unik ini termasuk dalam keluarga fabaceae yang banyak tersebar di India Timur hingga ke benua Australia.

Dalam bunga turi terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak vitamin B1, B2, B6, C serta Beta Karoten. Selain itu bunga turi juga banyak mengandung kalium, fosfor, zat besi serta kalsium. Bunga turi ini punya khasiat untuk bantu proses penyembuhan luka, obat sariawan, mengobati sakit kepala, dan memperlancar ASI.

6. Kacang Tanah.

6 Bahan dalam pecel madiun ini bisa menjaga berat badan seimbang

Terakhir sebagai bahan utama dari pecel Madiun yaitu sambel pecelnya dengan bahan utama kacang tanah yang digerus bersama cabe rawit lalu dicampur dengan jeruk purut, asam jawa, gula merah, dan garam. Rasanya nendang deh. Nah, dalam kacang tanah ini banyak mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, sodium, potasium, kalsium dan zat besi. Selain itu kacang tanah juga banyak mengandung omega 6.Kacang tanah ini baik buat ngejaga berat badan kamu, mencegah kanker usus dan bagus buat jantung.

Wah ga nyangka kalau salad tradisional Indonesia ini punya banyak manfaat buat kesehatan kamu. Jadi tetap sehat dan nikmati perjalanan mudik kamu sekaligus melestarikan kuliner asli Indonesia.