×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips untuk meningkatkan kesehatan wanita, patut dicoba nih

0

Cewek

5 Tips untuk meningkatkan kesehatan wanita, patut dicoba nih

Foto: ocdn.eu

Masalah kesehatan wanita sedikit berbeda dari masalah kesehatan pria. Jika kamu seorang wanita, tips ini akan membuatmu merasa bugar dan sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

suryaning bawono

15 / 01 / 2020 19:17

 

Masalah kesehatan wanita sedikit berbeda dari masalah kesehatan pria. Jika kamu seorang wanita, tips ini akan segera membuat kamu merasa bugar dan energik. Untuk terlihat dan merasakan yang terbaik di setiap usia, penting untuk menjalankan gaya hidup cerdas dan sehat. Berikut ini adalah lima hal sederhana yang dapat dilakukan wanita setiap hari secara teratur untuk menjaga kesehatannya.

 1. Jangan kurangi makan tetapi makanlah makanan yang sehat. Jika ingin diet maka kamu tetap perlu memperhatikan kesehatan.

Sebagai seorang wanita, jika tidak ingin makan makanan yang membuat gemuk kamu bisa mengubah makananmu menjadi makanan diet alami seperti beragam buah-buahan dan sayuran segar serta biji-bijian utuh. Makanan berserat tinggi menjadi pilihan sehat untuk menjaga berat badan sekaligus tetap menjaga kesehatan.

Produk susu rendah lemak dapat menjadi alternatifmu dalam memenuhi asupan protein dan kalsium bagi tubuh. Wanita dewasa di atas 17 tahun membutuhkan antara 800 sampai dengan 1.500 miligram kalsium setiap hari untuk membantu menghindari osteoporosis di masa tua.

Loading...

Jangan kurangi makan karena takut gemuk atau menjaga berat badan. Lebih baik makanlah buah dan sayur serta biji-bijian utuh dan minum susu rendah lemak sehingga kebutuhan nutrisi harianmu terpenuhi dan berat badanmu terjaga.

Makan sehat akan membantumu mempertahankan berat badan yang sesuai dengan tinggi badan kamu. Sebab kelebihan berat badan dapat menyebabkan sejumlah penyakit (cdc.gov/12 April 2019).

Jika ingin mencari camilan sehat, cobalah beberapa sayuran mentah seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, atau buah buahan yang kamu gemari. Jangan nyemil makanan berminyak dan berkadar gula tinggi karena akan membuatmu berlebihan dalam mengonsumsi gula dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kelebihan berat badan.

Jika kamu tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dalam dietmu, mungkin kamu dapat mengonsumsi multivitamin dan suplemen kalsium untuk memastikan kesehatanmu tetap terjaga dengan baik. Janganlah diet dengan mengorbankan kesehatanmu. Diet yang sehat dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh adalah pilihan yang bijak.

 2. Olahraga.

Dikutip dari webmd.com (12/11/19), penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian yang ditakuti di kalangan wanita di seluruh dunia. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantungmu.

Berolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari. Atau olahraga minimal lima hari dalam seminggu jika kamu tidak bisa setiap hari berolahraga. Latihan aerobik (berjalan, berenang, jogging, bersepeda, menari) baik untuk kesehatan wanita secara umum, terutama untuk jantungmu.

3. Hindari kebiasaan berisiko.

Jauhi rokok dan orang yang merokok. Jangan menggunakan narkoba. Hindari minuman alkohol.  Rokok, narkoba, dan alkohol merupakan konsumsi yang berisiko bagi kesehatanmu sebagai wanita, seperti dilansir dari mountelizabeth.com.sg (12/11/19).

4. Kelola stres.

Tidak peduli apa tahap hidupmu sebagai perempuan saat ini, baik sebagai anak perempuan, ibu, nenek, seorang wanita, tentu sering berurusan dengan banyak tekanan dan stres. Luangkan beberapa menit setiap hari hanya untuk bersantai dan mendapatkan good mood kamu kembali.

Menurut psychcentral.com (8/7/18), kesehatan mental penting untuk kesehatan fisikmu. Kamu juga dapat mengelola stres dengan olahraga, teknik relaksasi, atau meditasi.

5. Periksa kesehatan payudaramu.

Menurut medstarcancer.org (1/12/19), pemeriksaan payudara sendiri sejak usia 20-an sangat dianjurkan. Kamu harus waspada terhadap segala perubahan pada payudaramu dan melaporkan segala kekhawatiran kepada doktermu.

Semua wanita berusia 40 dan lebih tua harus mendapatkan mammogram tahunan karena mammogram adalah cara paling efektif untuk mendeteksi kanker pada tahap paling awal, ketika itu paling bisa diobati.

Kesehatan wanita  berubah seiring bertambahnya usia, tetapi dasar-dasar kesehatan wanita tetap sama. Jika kamu mengikuti lima tips hidup sehat sederhana ini, kamu akan meningkatkan kualitas hidup kamu di tahun-tahun mendatang.

Menjaga pola hidup sehat bukanlah jaminan kamu terbebas dari semua masalah kesehatan, akan tetapi mengurangi risiko terkena masalah kesehatan. Dengan pola hidup sehat sebagai wanita, kamu bisa lebih bersemangat dalam menjalani hidup dan tentunya terhindar dari beberapa risiko kesehatan.

Pola hidup sehat bertujuan untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan dan mencegah mencegahnya, namun tidak bisa menjamin hidup seseorang terbebas dari risiko kesehatan. Karena banyak faktor dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak bisa dihindari, seperti debu dan polusi serta makanan yang kita beli serta adanya pestisida pada buah dan sayur yang mungkin kamu kurang teliti dalam membersihkannya atau adanya hal lain yang sulit untuk kamu hindari di era modern ini.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red