×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips agar kuliah online tetap produktif selama masa pandemi Corona

0

N/A

5 Tips agar kuliah online tetap produktif selama masa pandemi Corona

Perlu usaha dan konsistensi agar kuliah daring kamu dapat berjalan lancar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

daffa alifka

09 / 05 / 2020 13:50

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu pernah mendengar istilah 'kupu-kupu' yang berarti 'kuliah pulang-kuliah pulang' yang menyebabkan tingkat produktivitas seorang mahasiswa menjadi rendah. Jika sebelumnya mahasiswa harus datang ke kampus dan bertatap muka dengan dosen secara langsung, saat ini semua kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring. Hal ini membuat beberapa aspek kehidupan terpengaruh. Work From Home menjadi pilihan ribuan bahkan jutaan orang di seluruh Indonesia sebagai upaya mencegah potensi penyebaran virus Corona.

Namun, menjadi seorang mahasiswa yang produktif saat pandemi Covid-19 ini bukanlah hal yang mudah. Terlebih harus dihadapkan dengan berbagai bentuk tugas dan tekanan deadline dari masing-masing dosen yang membuatmu seakan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan semua tugas perkuliahan. Hal ini akan berdampak pada tingkat kesehatan mental, seperti kecemasan bahkan depresi maupun stres.

Maka dari itu, saya ingin membagikan tips untuk kamu agar tetap produktif kuliah daring selama masa pandemi Covid-19 ini.

1. Siapkan sebuah ruangan khusus bekerja dan belajar.

Siapkan satu ruangan khusus untuk bekerja karena dengan tempat kerja yang tepat akan memengaruhi mood kamu. Hal ini merupakan salah satu aspek terpenting karena dengan satu ruangan kerja khusus bisa membuatmu fokus dan nyaman selama menjalani perkuliahan secara daring maupun mengerjakan semua tugas-tugas yang ada. Tidak harus satu ruangan baru,  kamar tidur, ruang tamu, maupun ruang keluarga bisa kamu sulap menjadi ruang kerja.

Loading...

2. Abaikan gangguan eksternal yang menghambat.

Biasanya ketika berada di rumah dalam jangka waktu yang lama selama pandemi Covid-19 bisa membuatmu merasa bosan. Kamu pun akan sangat mudah terganggu fokusmu saat mengerjakan tugas maupun melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring. Gangguan yang biasa dialami antara lain notifikasi gadget pada media sosial, games, dan streaming film, teman yang malas seperti tidak mengerjakan dan melupakan tugas-tugas perkuliahan, serta rebahan di kasur tanpa melakukan hal produktif.

Maka dari itu selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung, sebaiknya hal-hal tersebut harus bisa kamu abaikan dan hindari terlebih dahulu dalam pengerjaan tugas. Hal ini agar tugas yang telah diberikan tidak terbengkalai begitu saja.

3. Merencanakan waktu pengerjaan tugas.

Meskipun selama pandemi Covid-19 harus melaksanakan perkuliahan secara daring, usahakan semua tugas dan rencana kerja bisa selesai tepat waktu. Untuk itu membuat time schedule dan menuliskan goals dari tugas setiap harinya sangatlah penting.

Dengan begitu kamu akan tahu perkembangan tugas dan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Hal ini juga dapat menjadi pembuktian kepada teman-teman mahasiswa yang lain bahwa meskipun harus mengikuti perkuliahan secara daring, kamu tetap dapat produktif dan bekerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh dosen masing-masing.

4. Mengatur waktu berolahraga.

Sebagai seorang mahasiswa, pastinya selama masa pandemic Covid-19 ini jadwal kamu tidak sepadat seperti pada saat sedang melakukan perkuliahan pada umumnya. Di mana kamu biasanya sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk me time.

Nah, saat ini kamu bisa memanfaatkan waktu me time kamu untuk berolahraga di rumah. Saat melakukan aktivitas olahraga akan sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan kondisi badan agar tetap sehat dan bugar. Aktivitas ini dapat dilakukan saat pagi maupun sore hari, minimal 15 menit setiap harinya. Dengan berolahraga kamu dapat mengurangi stres dan gelisah selama masa pandemi Covid-19 ini.

5. Tetapkan pola pengerjaan yang konsisten.

Menetapkan waktu yang konsisten juga sangatlah penting. Selama #dirumahaja, pasti bawaannya malas mandi dan bangun pagi, kan? Eits, tapi bangun pagi merupakan kunci utama karena dengan bangun pagi dapat meningkatkan produktivitas kamu supaya pola yang terbentuk konsisten.

Hal ini juga memengaruhi mood supaya terbentuk untuk melaksanakan perkuliahan secara daring dan tidak ada hasrat untuk tidur kembali. Kebiasaan bangun pagi membuatmu lebih siap dalam mengikuti kuliah daring.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red