×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips agar kamu tak dikadali investasi bodong

0

Ekonomi

5 Tips agar kamu tak dikadali investasi bodong

Kena tipu investasi itu sakit loh, yuk kenali apa saja modusnya biar kamu gak dikadalin.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

15 / 02 / 2019 10:13

Dari zaman kuda gigit besi sampai jaman kuda besi, yang namanya investasi sudah ada. Memang gak salah sih kalau pengen uang atau harta kamu bertambah dengan cara investasi, hanya saja kamu musti hati-hati dan waspada sama yang namanya investasi bodong alias ilegal.

Meski korbannya sudah banyak, tapi masih ada saja yang terjerat investasi bodong ini. Lalu langkah apa yang musti kamu lakuin biar gak ketipu sama investasi bodong ini?

Nah, dilansir dari laman ojk.go.id, kamu bisa ikuti tips ini agar aman saat berinvestasi dan uang kamu gak ilang. Apalagi jika uang itu buat modal nikahan sama belahan hatimu, apa kata dunia kalau sampai batal nikah karena uangnya hilang digondol investasi bodong ini? Wah, amit-amit yah.

1. Pastikan perusaannya berizin.

Ojk.go.id

Loading...

Tips yang pertama adalah kamu musti cek and ricek sama perusahaan yang nawarin investasi ini. Apakah sudah ada izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau dari Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Selain itu juga kenali produknya apakah ada permintaan produk sejenis di pasaran.

 

2. Punya SIUP.

belajarkeuangan.com

Tips yang kedua adalah kamu harus cermati kalau perusahaan yang nawarin investasi ini punya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) disamping izin dari OJK untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat.

 

3. Janji manis keuntungan besar.

merdeka.com

Semakin besar keuntungan yang dijanjikan, akan semakin besar pula risiko kerugian yang bakal kamu hadapi. Jadi ada baiknya gunakan akal sehat dan logika kamu, apa iya hanya dalam waktu singkat keuntungan yang bakal kamu dapetin begitu besar, apalagi jika perusahaan investasi itu memberi kesan berafiliasi dengan perusahaan besar atau multinasional. Jadi, waspadalah.

 

4. Member get Member.

belajarkeuangan.com

Kamu musti ekstra hati hati nih jika perusahaan investasi ini juga nawarin kamu buat rekrut anggota atau member baru dengan iming-iming mendapatkan bonus dan cashback yang besar. Apalagi jika perusahaan investasi itu memberikan jaminan garansi.

 

5. Segera lapor.

belajarkeuangan.com

Kamu bisa juga nih berperan aktif memutus mata rantai dari investasi bodong ini, yaitu segera laporkan jika ada penghimpunan dana atau pengelolaan investasi yang mencurigakan di sekitar kamu. Tapi tentunya kamu harus melampirkan bukti bukti yang otentik yah.

Tidak ada kata terlambat, yuk kita sayangi uang kamu jika ingin berinvestasi. Biar uang kamu bisa tumbuh dan masa depan depan kamu cerah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red