Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang sangat penting dan harus dijaga, baik kebersihan ataupun keindahannya. Salah satu cara yang paling mudah untuk memperindah dan mempercantik kamar mandi yaitu dengan cara meletakkan beberapa tanaman di dalamnya.Tetapi tidak semua tanaman cocok diletakkan di kamar mandi. Banyak faktor yang memengaruhi, seperti daya tahan tanaman, kemampuan adaptasi terhadap lingkungan, tipe tanaman, kebutuhan terhadap sinar matahari, kebutuhan air, dan banyak faktor lainnya.

Nah, mulai penasaran kan tanaman apa saja yang kira-kira cocok dan pantas diletakkan di kamar mandi?Ini lima di antaranya.

1. Lidah Buaya (Aloe Vera).

Tentu kamu sudah tidak asing ketika mendengar nama lidah buaya. Tanamanini memiliki sangat banyak manfaat, baik untuk pengobatan, kecantikan, bahkan produk olahan pangan. Lidah buaya ternyata mampu menetralisir formaldehida, racun benzena, formalin, dan berbagai macam bahan kimia lainnya.

Lidah buaya memiliki kemampuan tumbuh sangat cepat jika diletakkan di luar ruangan, namun jika diletakkan di dalam ruangan pertumbuhan mereka menjadi sedikit lambat. Secara umum lidah buaya membutuhkan 4-5 jam sinar matahari per hari. Oleh sebab itu sebaiknya kamu meletakkan pada ruang yang terang atau di dekat jendela. Penyiraman secara berkala sangat dibutuhkan oleh tanaman ini. Pastikan tanahnya benar-benar kering sebelum disirami. Hal ini untuk mencegah pembusukan dan kematian pada lidah buaya.

2. Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata).

Tanaman ini juga sudah tidak asing lagi karna biasanya banyak tumbuh di halaman rumah dan pekarangan. Tanaman ini mampu mengubah Co2 menjadi O2 dengan baik di malam hari. Sebaiknya lidah mertua diletakkan pada tempat yang memiliki banyak akses sinar matahari seperti di dekat jendela.Lidah mertua juga mampu menetralisir berbagai macam racun seperti Karbonmonoksida, formaldehide, nikotin, trichloroethylene, benzen, bahkan dioksin.

Tanaman ini sangat mudah pemeliharaanya karena meskipun kamu lupa untuk mengairinya selama seminggu atau sebulan, hal itu tidak akan membunuhnya. Tapi meskipun begitu kamu tetap harus tahu bagaimana merawat tanaman ini, salah satunya dengan memastikan kamu menanam tanaman ini dengan media tanam (tanah) yang baik. Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air sehingga untuk jadwal penyiraman pun harus menunggu media tanam benar-benar kering kemudian baru kamu sirami.

3. Anggrek (Orchid).

Anggrek merupakan salah satu tanaman yang sangat populer. Bunga anggrek sangat indah dan menarik serta memiliki kemampuan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Kamu bisa meletakkan anggrek pada sisi ruang yang terang namun tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Selain itu kamu tidak perlu menyirami secara berkala karena pada banyak kasus anggrek akan mudah mati jika berlebihan disirami.Yang perlu kamu sirami hanya bagian akar saja, biarkan bunga dan daun kering tanpa tersentuh air.

4. Peace Lily.

Peace Lily merupakan tanaman yang sangat cantik. Daunnya yang hijau tajam dan bunganya yang putih terang menjadi ciri utama dari tanaman ini. Tanaman ini juga tidak memerlukan banyak cahaya dan menghindari paparan matahari secara langsung. Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah penyiraman. Jangan terlalu banyak menyirami tanaman ini karena kasus paling banyak yang membunuh tanaman adalahover-watering.

5. Bunga Bahagia (Dieffenbachia).

Dieffenbachia merupakan tanaman hias yang populer. Dengan daun hijau lebar dan bercak putih di tengahnya membuat kamu mudah mengenali tanaman ini. Selain itu tanaman ini dikenal mudah perawatannya. Kamu bisa meletakkan tanaman ini pada ruang yang terang namun tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Salah satu fakta tentang tanaman ini yang perlu kamu waspadai adalahia memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi manusia dan binatang sehingga kamu juga harus lebih bijak dalam pemilihan penempatan tanaman tersebut.

Nah, sekian ulasan mengenai tanaman yang cocok kamu letakkan di kamar mandimu. Sebenarnya masih banyak lagi tanaman di luar sana yang bisa kamu masukkan dalam daftar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.