×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Rahasia menghilangkan grogi saat tampil di depan umum

0

Serius

5 Rahasia menghilangkan grogi saat tampil di depan umum

Pernah merasa gugup saat berdiri di depan banyak orang? Perasaan tersebut dalam masyarakat lebih dikenal dengan istilah demam panggung.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Chodijah

15 / 11 / 2019 09:43

Memang tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah merasakan demam panggung. Namun, perasaan demam panggung alias nervous bukanlah suatu kondisi yang tidak bisa kamu ubah.

Situasi ini tidak boleh dibiasakan karena pasti akan menghambat kesuksesanmu. Selain itu, dampak terburuknya adalah kamu tidak akan bisa benar-benar menjalani kehidupanmu secara maksimal. Keadaan ini justru sangat bisa diubah asalkan kamu mau berusaha. Kamu harus melakukan berbagai cara untuk mengatasi demam panggung. Simak baik-baik rahasianya berikut ini.

1. Hindari berpikir negatif.

Demam panggung yang kamu alami banyak diakibatkan oleh pikiran yang negatif. Terutama pikiran tentang apa yang akan terjadi nantinya. Sebelum tampil, kamu mungkin selau berpikir kalau nantinya penampilanmu bakal tidak menarik atau kamu akan menjadi bahan lelucon penonton, dan bla bla bla.

Jika dibiarkan, pikiran ini akan terus menguasai kepalamu dan menciptakan rasa was-was yang tidak perlu. Sehingga fokus kamu pun terganggu, menjadi grogi, dan tidak bisa tampil dengan maksimal. Jadi, intinya adalah hindari berpikir negatif kalau kamu ingin terhindar dari kebiasaan demam panggung.

Loading...

Jadi agar penampilanmu nantinya lebih baik dan sempurna, di otak kamu harus tercipta kata-kata seperti "aku bisa!" atau "aku cerdas!", "aku cantik!", "aku ganteng!", "aku keren!"

2. Lakukan persiapan.

Selain karena pikiran negatif, demam panggung juga sering disebabkan oleh ketidaksiapan dirimu untuk tampil di depan umum. Jika tidak menguasai materi yang akan kamu tampilkan dan kurang bahan pembicaraan, maka tentu perasaan demam panggung tak akan bisa kamu hindari.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan persiapan sebaik mungkin seperti mempelajari bahan yang akan kamu presentasikan jauh sebelum hari yang ditentukan, menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan, dan lain-lain. 

3. Lakukan sesuatu yang dapat memecah ketegangan.

Kalau kamu merasa sudah sangat tegang sebelum tampil alias grogi tingkat tinggi, maka lakukanlah sesuatu yang menurutmu dapat memecah ketegangan itu. Misalnya dengan melompat-lompat, berlari kecil, push up, peregangan, dan lain-lain. Apa pun itu, selama bisa mengurangi tensi demam panggung kamu serta tidak membuat penampilanmu berantakan, maka lakukanlah. Daripada nanti nervous di depan umum?

4. Banyak berlatih.

Practice makes perfect, begitulah kata pepatah barat. Artinya hanya dengan latihanlah seseorang dapat menjadi lebih baik pada apa yang ia lakukan. Termasuk bila kamu ingin menghilangkan kebiasaan grogi di depan umum yang sering kamu alami.

Mulailah berkomitmen dari sekarang untuk berlatih setiap hari. Berlatihlah dulu dengan memperlancar cara bicara kamu, gaya bahasa, intonasi, dan sebagainya di depan cermin. Selain itu, tambahkan juga alokasi waktu untuk mengobrol dengan relasi yang kamu punya. Perkaya wawasanmu dan bersikap aktiflah saat sedang membahas suatu topik dengan teman atau keluarga.

Dengan begini, kamu akan lebih terbiasa dan siap saat tampil formal di depan umum. Bahkan kalau sewaktu-waktu lupa materi, kamu akan menjadi cukup sigap dan spontan membahas topik lain yang masih relevan sehingga tidak membuyarkan konsentrasimu dan memicu perasaan demam panggung.

5. Perbaiki penampilanmu.

Penampilan mempunyai pengaruh yang penting terhadap kepercayaan dirimu. Sehingga, jika kamu tidak ingin merasa demam panggung, perbaikilah penampilanmu. Pakailah sesuatu yang rapi dan sesuai sebelum tampil di depan umum. Jangan lupa untuk menggunakan parfum dengan bau yang natural dan tidak menyengat. Meski terlihat sepele, melakukan hal ini dapat mengurangi rasa grogimu, bahkan sampai benar-benar hilang.

Itulah tips dari agar rasa grogi kamu hilang saat tampil di depan umum. Semoga bermanfaat.

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red