Persahabatan antar kelompok suporter dari dua klub berbeda mungkin memang unik, dimulai atas persetujuan bersama dengan alasan persamaan sejarah, dasar haluan politik, pertemanan antar pemimpin, atau persamaan musuh yang sama. Di Italia sendiri semua kelompok mempunyai aliansi dan juga rival.

Persahabatan antar dua kelompok suporter di Italia disebut juga Gemellaggio. Bukan hanya sekadar antar tifosi Serie A, Gemellagio juga terjadi antara ultras klub Italia dengan ultras klub-klub eropa lainnya. Berikut ini Gemellaggio 7 klub besar Serie A :

1. AC Milan dan Brescia

5 Persahabatan harmonis suporter antar klub di Italia

Hubungan gemellaggio dari kelompok curva sud Milano dengan kelompok pendukung lainnya hanya dengan ultras dari Brescia dan Reggina. Sama-sama berasal dari region Lombardy nyatanya tak membuat fans fanatik kedua kubu ini berseteru. Relasi antara Milan dan Brescia malah terjalin dengan begitu baik. Persahabatan mereka didasari oleh pandangan politik yang sama, meski sekarang pandangan politik di Curva Sud Milan telah berubah drastis.Di beberapa kesempatan saat Brescia terancam degradasi dari Serie A, tifosi Milan pun tak segan untuk membentangkan spanduk dukungan kepada klub yang berkandang di stadion Mario Rigamonti tersebut. Pertemanan yang diikat sejak 1980-an ini merupakan salah satu yang terawet di Italia. Emejing WOW!

2. Internazionale dan Lazio.

5 Persahabatan harmonis suporter antar klub di Italia

Ultras Inter bersahabatan erat dengan ultras dari Lazio. Persahabatan ini lahir pada pertengahan tahun 1980-an dan menjadi lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir dengan Final UEFA Cup 1997-98 di Paris, dan pada penetuan juara Serie A 2001-02 pada 5 Mei 2002 di Stadio Olimpico, ketika banyak fans Lazio malah mendukung Inter. Hubungan erat kedua kesebelasan berawal dari kedekatan antara kelompok suporter Lazio yang bernama Eagles dengan Boys Sez Roma (BSR), pendukung Inter yang berbasis di kota Roma pada pertengahan 1980-an. Persamaan sejarah berdirinya kedua klub, paham ultras yang selaras dan akrabnya petinggi kedua kubu juga menjadi latar belakang akurnya dua entitas yang berbeda ini. Hubungan baik tersebut yang menjadi salah satu pemicu mudahnya proses jual beli pemain di antara kedua tim sampai hari ini. Mulai dari Christian Vieri, Sinisa Mihajlovic, Dejan Stankovic, Goran Pandev hingga Tommaso Rocchi. Luar Biasa!

3. Fiorentina dan Torino.

5 Persahabatan harmonis suporter antar klub di Italia

Gemellagio antara ultras Fiorentina dan Torino dimulai karena sama-sama bermusuhan dengan Juventus. Karena mempunyai kesamaan, akhirnya mereka menjadi lebih dekat dan bersahabat. Fiorentina membenci tim berseragam putih-hitam tersebut karena dianggap mencuri Scudetto mereka pada 1982 silam. Ditambah keputusan hengkangnya Roberto Baggio ke Turin pada tahun 1990 yang katanya bukan karena kemauan sang pemain melainkan paksaan oknum tertentu semakin menggolakkan kebencian itu. Sementara Torino jelas membawa rivalitas satu kota untuk membenci tim yang identik dengan produsen mobil FIAT tersebut. Il Toro yang merupakan representasi klub kelas pekerja jelas menyimpan ketidaksukaan pada Juventus yang banyak dipuja oleh kaum borjuis dan kaya. Hingga saat ini, baik pendukung Fiorentina maupun Torino kerap menyambut kedatangan sang sahabat dengan jamuan hangat kala tim yang mereka dukung berjumpa satu sama lain. Super!

4. Napoli dan Genoa.

5 Persahabatan harmonis suporter antar klub di Italia

Persahabatan antara Napoli dan Genoa bermula pada 1982. Kedua tim bersua di laga terakhir Serie A.Kala itu, I Partenopei, yang tengah unggul 2-1, cuma membutuhkan satu poin guna lolos ke Piala UEFA. Sementara Genoa harus terhindar dari kekalahan supaya tetap bertahan di Serie A.Partai tersebut berakhir imbang 2-2. Napoli dan Genoa bersuka. Itulah awal persahabatan antara fans Napoli dan Genoa. Romantis!

5. Parma dan Empoli.

5 Persahabatan harmonis suporter antar klub di Italia

Cerita Indah Empoli dan Parma berawal dari sebuah pertandingan di suatu malam yang dingin tahun 1984 saat kedua klub berkubang di Serie B. Ketika itu pendukung Parma Bersama-sama menuju stadion Carlo Castellani, markas Empoli, untuk menyaksikan tim mereka bertanding. Sialnya pertandingan itu diganggu oleh kabut sehingga membuat suporter kedua tim kesulitan menyaksikan aksi Pertandingan tersebut.Saat peluit akhir berbunyi, Empoli memastikan kemenangan atas sang tamu. Sayangnya fans tim tuan rumah tak mengetahui hasil itu akibat gangguan cuaca buruk tersebut. Secara heroik, pendukung Parma mendatangi tempat suporter tim tuan rumah berada untuk memberitahukan hasil akhir laga sekaligus mengucapkan selamat. Semenjak saat itu, gemellaggio tercipta diantara fans Empoli dan Parma. Muantaps!

Selain yang ada diatas sudah tentu Liga Italia masih punya stok gemellaggio yang lain. Rivalitas memang hal yang jamak dalam sebuah kompetisi namun persahabatan pun bisa lahir darinya. Ada yang mau meniru? Semoga Suporter di Negara-negara dunia bisa Seperti itu Khususnya Di Indonesia :D