×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

0

Wow

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

Hanya orang-orang beruntung saja yang bisa menyaksikan peristiwa-peristiwa ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nur Ismiyanti

31 / 01 / 2019 13:39

Di dunia ini telah terjadi banyak sekali peristiwa. Peristiwa tersebut berhubungan dengan makhluk hidup maupun alam sekitar. Dan umumnya, peristiwa-peristiwa itu terjadi secara berulang-ulang serta telah disaksikan oleh banyak orang berkali-kali. Seperti peristiwa saat gerhana bulan atau matahari. Namun berbeda halnya dengan peristiwa-peristiwa berikut ini, yang mana bukan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, bahkan peristiwa-peristiwa itu hanya terjadi sekali dalam sejarah peradaban manusia. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (30/1), berikut beberapa peristiwa tersebut.

1. Banjir bir di London.

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

http://www.historic-uk.com

Di antara sudut jalan raya Russel dan jalan pengadilan Tottenham, tepatnya di St Giles, London, terdapat sebuah tangki fermentasi yang sangat besar, setinggi 6,7 meter. Pada tanggal 17 Oktober 1814, tangki ini sedang dalam proses menyeduh bir porter. Namun ketika salah satu cincin besi yang menahannya patah, tangki tersebut pecah dan mengalirkan lebih dari 1,2 juta liter fermentasi bir satu jam kemudian.

Loading...

Setidaknya ada delapan orang yang tewas dalam peristiwa tersebut, serta sembilan orang lainnya juga tewas beberapa hari kemudian karena keracunan alkohol. Meskipun banjir bir tersebut hanya terjadi sekali sepanjang sejarah, peristiwa ini diperingati setiap tahunnya di The Holborn Whippet, sebuah pub lokal yang akan mengingatkan orang-orang tentang satu-satunya banjir bir di London.

 

2. Keringnya air terjun Niagara.

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

http://rarehistoricalphotos.com

Dengan laju aliran air sekitar 567.800 liter per detik, ternyata dua dari tiga air terjun yang membentuk air terjun Niagara ini pernah mengering selama beberapa bulan pada tahun 1969, yakni air terjun Amerika dan air terjun Kerudung Pengantin. Pengeringan ini ditujukan untuk perbaikan dan pelestarian sebuah landmark terkenal. Bahkan beberapa orang dapat berjalan di dasar sungai yang mengering tersebut, meskipun ada peringatan bahaya dari polisi setempat.

 

3. Satu-satunya orang yang sembuh dari HIV.

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

https://www.timeslive.co.za

Sekitar 35 juta orang meninggal karena Human Immunodeficiency Virus atau yang kita kenal dengan nama HIV. Dan pada tahun 2015 saja, terdapat sekitar 1,1 juta orang yang meninggal. Namun ada yang mengejutkan bahwa terdapat satu orang yang bisa sembuh dari penyakit mematikan ini. Adalah Timothy Brown, yang menerima transplantasi sumsum tulang dari donor dengan mutasi genetik yang membuat sel kebal terhadap infeksi HIV. Brown sembuh dari HIV sejak perawatannya pada tahun 2007 hingga 2008. Karena sifat penyembuhannya, sangat sulit untuk meniru keberhasilan penyembuhan Brown.

 

4. Event Carrington.

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

https://www.gaia.com

Event Carrington adalah badai geomagnetik yang disebabkan oleh ledakan besar matahari pada tanggal 1 September 1859 tepat pukul 11.23. Ledakan tersebut diamati oleh Richard Carrington, sehingga dinamai demikian. Menghantam magnetosfer bumi keesokan paginya, dan menerangi langit fajar dengan keindahan aurora yang terlihat di sebelah selatan, seperti Jamaika.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa kejadian ini membuat kabel di seluruh dunia terpicu kebakaran. Bahkan ketika terputus dari sumber dayanya, mereka dapat mengirim pesan karena arus listrik yang disebabkan oleh peristiwa tersebut. Jika peristiwa ini kembali terjadi saat ini, maka diperkirakan akan menyebabkan kerusakan sebanyak $1-2 triliun.

 

5. Komet West.

5 Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah

https://factrepublic.com

Pada pada Maret 1976, terlihat pemandangan luar biasa yang mencapai magnitudo -3. Komet West, dinamai demikian menurut nama astronom Richard West, orang yang pertama kali mengamatinya. Komet West lebih terang daripada Jupiter yang pernah muncul dari bumi. Namun di sini bukan soal kecerahannya, melainkan karena periode orbitnya. Sebab beberapa komet lainnya, seperti Komet Halley, terjadi hanya sekali seumur hidup manusia, yang mengorbit matahari setiap 76 tahun sekali. Namun Komet West diperkirakan mengorbit matahari hanya sekali setiap 250.000 tahun. Bahkan angka ini juga tidak pasti. Sebab hilangnya massa atau interaksi dengan benda-benda luar angkasa lainnya dapat mengubah orbit komet.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red