Zaman terus berubah menjadi semakin maju. Dinamika teknologi terus bergerak. Di bidang pertanian misalnya, beberapa tahun ini industri pertanian mengalami perubahan yang cukup signifikan. Salah satu buktinya yaitu telah ditemukannya mesin-mesin yang membantu para petani dalam mengelola sawahnya. Berikut 5 mesin pertanian paling hebat di dunia.

1. The Big Bud 747.

5 Mesin pertanian ini paling hebat dan mengagumkan di dunia

TBB747 adalah traktor pertanian terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Traktor ini dibuat pada tahun 1977. Traktor ini memiliki mesin yang punyalebih dari 1000 kekuatan kuda. Dengan traktor ini, para petani dapat memanen hasil pertanian mereka secara cepat dan efisien. Pembuatan traktor fantastis ini menghabiskan dana sebesar 300.000 USD, namun karena sempat mengalami inflasi, saat ini traktor tersebut memiliki harga jual 1.3 juta USD atau sekitar 18,5 miliar rupiah. Traktor terbesar ini sudah tidak diproduksi lagi.

2. John Deere Nine 620.

5 Mesin pertanian ini paling hebat dan mengagumkan di dunia

JDN 620 adalah traktor terbesar yang hingga kini masih diproduksi. Dipublikasikan pada tahun 2015, Nine 620 adalah seri traktor paling besar yang pernah dibuat oleh perusahaan John Deere. Traktor ini dibandrol dengan harga 400.000 USD atau sekitar 5,7 miliar rupiah. Meski cukup mahal, harga itu sepadan dengan kemudahan dalam proses pertanian.

3. Vermeer ER5.

5 Mesin pertanian ini paling hebat dan mengagumkan di dunia

ER5 haybaler (mesin pembuat jerami) paling besar di dunia. Haybaler biasanya digunakan untuk memanen tanaman lenan dan juga kapas, namun biasanya haybaler didorong atau ditarik oleh traktor dalam proses pemanenan lenan atau kapas tersebut. Berbeda dengan produk perusahaan Vermeer ini, haybaler ini tidak memerlukan bantuan traktor. Kendaraan ini memiliki kemampuan untuk berputar 360 derajat yang akan mempuat proses panen menjadi cepat dan efisien. Harga kendaraan ini diperkirakan mencapai 200.000 USD atau sekitar 2,8 miliar rupiah. Namun harga tersebut lebih murah dibandingkan harus membeli traktor.

4. Honeybees 75-foot swather.

5 Mesin pertanian ini paling hebat dan mengagumkan di dunia

75-foot adalah produk mesin swather terbesar di dunia saat ini. Mesin swather seperti ini sangat membantu memudahkan petani dalam memanen sawahnya, terutama sawah dengan tanaman gandum.

5. Letourneau MK2.

5 Mesin pertanian ini paling hebat dan mengagumkan di dunia

MK2 adalah mesin pertanian terpanjang di dunia. Dibuat pada tahun 1950 silam, mesin ini didesain untuk mengangkut muatan berat. Biasanya mesin panjang yang sering disebut sebagai overland train ini sering digunakan petani pada zaman itu untuk mengangkut hasil panen mereka. Sayangnya mesin sepanjang MK2 tidak dapat digunakan di zaman sekarang. Padatnya sistem transportasi di zaman sekaranglah yang membuat mesin panjang ini tidak dapat dioperasikan lagi.

Itulah dia 5 mesin pertanian paling hebat di dunia. Bagaimana, hebat bukan? Tulis pendapatmu, mana yang paling hebat di antara 5 mesin tersebut.