×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh

0

Kesehatan

5 Manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh

Sinar matahari merupakan cahaya dan energi yang berasal dari matahari dan sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

huwaidah nabila

21 / 12 / 2020 10:05

Sinar matahari banyak dihindari karena memberikan efek negatif pada kulit, seperti penuaan kulit bahkan dapat menyebab kanker kulit. Di balik efek buruk tersebut, tentu sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan manfaat paparan sinar matahari yang cukup bagi tubuh.

1. Menguatkan tulang.

Kalsium sangatlah dibutuhkan untuk tulang yang kuat, namun tubuh juga memerlukan asupan vitamin D yang baik untuk melindungi tulang dari risiko keropos tulang. Vitamin D merupakan hormon yang diproduksi ginjal yang mengontrol konsentrasi kalsium darah dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Tubuh membuat vitamin D dalam reaksi kimia yang terjadi saat memperoleh paparan sinar matahari.

2. Meningkatkan kualitas tidur.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti kronobiologi di Groningen Institute for Evolutionary Life Sciencesdalam laman www.rug.nl, bahwa paparan sinar matahari memungkinkan orang untuk tidur lebih nyenyak. Para peneliti juga menemukan bahwa semakin pagi orang terpapar sinar matahari yang cerah, semakin awal mereka tertidur pada malam hari.

Loading...

3. Mengurangi stres.

Sinar matahari meningkatkan pelepasan hormon serotonin di otak yang dapat meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang merasa tenang.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Associate Professor Byrne menemukan bahwa sinar matahari mampu mengunci sel-sel kekebalan yang merusak di kelenjar getah bening dan menghentikannya memasuki otak dan sumsum tulang belakang yang menyebabkan kerusakan.

5. Dapat mencegah rabun jauh.

Berdasarkan laman insider.com, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari kemungkinan kecil menjadi rabun jauh. Christopher Starr, MD, dokter mata di Weill Cornell Medical College, mengatakan bahwa anak-anak harus menghabiskan satu hingga tiga jam tambahan sehari di luar untuk merangsang produksi dopamin. Kekurangan dopamin dapat menyebabkan mata mengalami pemanjangan sehingga mengakibatkan rabun jauh. Namun, paparan sinar matahari tidak berpengaruh pada anak-anak yang sudah mengalami rabun jauh.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red