Apakah kamu suka makan belut?Jika ya, kamu adalah orang yang beruntung, meskipun belut memiliki bentuk yang menjijikkan tetapi mengandung nutrisi yang sangat tinggi.Belut merupakan jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi.Selain hidup di sawah, rawa atau kali, banyak orang yang membudidayakan belut. Dengan tujuan untuk dikonsumsi dan dijual.

Eits, tapi selain enak dan gurih ketika sudah diolah, ternyata belut memiliki manfaat yang nggak bakal kamu duga nih. Apa aja? Yuk simak di bawah ini guys!

Berikut 5 manfaat belut untuk kesehatan.

1.Kalori

Kalori yang terkandung dalam belut sangat tinggi, kalori tinggi membantu tubuh untuk melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.Perlu juga berhati-hati karena belut sama seperti nasi yang memiliki banyak karbohidrat.

2.Zat Besi

Zat besi sangat bermanfaat bagi manusia karena bisa mencegah anemia. Zat Besi yang kurang dapat membuat pembentukan hemoglobin dalam sel-sel darah, sehingga menimbulkan kekurangan suplai oksigen ke seluruh tubuh.

3.Kaya Vitamin

Kandungan vitamin yang tinggi dalam belut dapat bermanfaat untuk mata, perkembangan fungsi jaringan syaraf, membantu membentuk protein, hormon, penambah darah dan membantu menormalkan tekanan darah di otak.

4.Fosfor

Jika kamu ingin tulang kuat, menghindari osteoporosis, dapat didapatkan dengan makan daging belut ini.Ini sama dengan manfaat susu atau manfaat udang.

5.Arginin

Arginin yang terkandung dalam belut memiliki fungsi penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.Bagi yang ingin memiliki jantung sehat, disarankan untuk makan belut, karena makan belut dapat menurunkan risiko serangan jantung, dan juga penyempitan pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa manfaat belut untuk kesehatan. Bisa buat salah satu pilihan buat berbuka atau sahur juga lho!

Tapi disamping itu bagi kamu yang menderitakolesterol, tidak disarankan mengonsumsi belut. Karena belut memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.