Jikamenginginkan memiliki tubuh yang sehat, maka kamu harus memperhatikan menu yang kamu makan tiap hari. Untuk badan yang sehat, kamu tidak perlu mengonsumsi makanan yang mahal.

Jikakamu mau meneladani Nabi Muhammad SAW dan memilih bahan makanan favoritnya, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati menu sehat. Nah, ini 5 makanan favorit Nabi dengan harga murah dan bikin kamu sehat.

1.Kurma.

5 Makanan favorit Nabi yang murah dan bikin badan sehat

Foto: Tribun News

Kurma adalah makanan favorit di bulan Ramadan yang disebut oleh Rasulullah sebagai makanan utama. Selain punya manfaat menguatkan tubuh, kurma juga bagus untuk proses detoksifikasi sehingga amat dianjurkan untuk disantap saat berbuka puasa.

Bagi para ibu hamil, mengonsumsi kurma juga baik manfaatnya. Nabi bersabda, Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa, sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan memberikan kepadanya.

2. Madu.

5 Makanan favorit Nabi yang murah dan bikin badan sehat

Foto: Info Sehat

Madu merupakan salah satu jenis pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Seperti halnya sirup, madu berupa cairan kental berwarna keemasan, dan digadang-gadang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Al Quran telah membahas tentang keutamaan madu dalam surat An-Nahl ayat 69 yang berisi, Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Mengonsumsi madu baik untuk mata, perut, anti biotik, obat batuk dan dahak, pemberi energi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

3. Susu.

5 Makanan favorit Nabi yang murah dan bikin badan sehat

Foto: Hallo Sehat

Kamu tentu tidak perlu lagi akan manfaat susu bagi tubuh.Setiap 100 gram susu mengandung sekitar 75 kalori. Hampir 90% susu terdiri dari air. Susu mengandung banyak kalsium dan protein. Selain itu, susu juga mengandung lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, natrium, magnesium, dan kalium.

Rasulallah SAW bersabda, Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.

4. Minyak zaitun.

5 Makanan favorit Nabi yang murah dan bikin badan sehat

Foto: Alo Dokter

Selain dikonsumsi, minyak kesukaan Rasulullah ini juga bisa digunakan sebagai minyak oles. Manfaat yang meliputinya antara lain melancarkan peredaran darah, memelihara kesehatan perut, pencernaan, dan bagus untuk kulit dan rambut. Rasulullah SAW pernah bersabda, Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati. (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

5. Air putih.

5 Makanan favorit Nabi yang murah dan bikin badan sehat

Foto: Pixabay

Kamu tentu sering mengonsumsi air putih kan? Meski terkesan sederhana, sebenarnya air adalah sumber kehidupan yang kaya manfaat. Selain baik untuk memperlancar sistem pencernaan,air putih juga baik bagi perawatan kecantikan karena menghindarkan dari kulit kering dan berkerut. Rutinlah minum air putih sebanyak minimal delapan gelas dalam sehari karena mampu membantu untuk pembakaran kalori yang lebih baik.