Kamu suka bertualang di sekitar Pulau Jawa, Sumatra, atau Sulawesi? Moda transportasi kereta api pasti jadi salah satu andalanmu. Selain perjalanan yang cenderung cepat dengan pemandangan yang indah di kanan kiri, kereta api banyak diminati juga karena berbagai pilihan kelas yang harganya disesuaikan dengan isi kantong.

Tapi jangan salah! Kalau strategimu tidak tepat, kamu justru harus merogoh kocek lebih dalam buat dapetin tiket transportasi ini. Nah, coba ikuti lima langkah berikut supaya bisa dapat tiket kereta api murah yang gak bikin kantongbolong.

1. Install aplikasi KAI Access.

5 Langkah untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah meriah

Untuk bisa pesan tiket kereta api, kamu bisa pakai berbagai aplikasi perjalanan. Salah satunya adalah aplikasi dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) langsung, yakni KAI Access. Aplikasi ini akan semakin memudahkanmu untuk dapat harga langsung dari KAI, terutama buat kamu para pengincar tiket ekonomi.

Dengan aplikasi KAI Access ini, kamu bisa lebih gampang untuk tetap up to date mengenai ketersediaan tiket yang ada. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk membayar dengan banyak opsi. Di antara opsi pembayaran tersebut yakni transfer melalui ATM, mobile atau sms banking, pembayaran melalui minimarket, juga aplikasi pembayaran LinkAja.

Kalau tidak mau memberatkan memori di handphone-mu, kamu juga bisa mengakses lewat situs booking.kai.id.

2. Rencanakanperjalanan jauh-jauh hari.

5 Langkah untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah meriah

Sebelumnya, pembelian tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access baru dapat dilakukan mulai H-90 hari sebelum keberangkatan. Namun mulai Juli 2019 pembelian tiket baru bisa dilakukan minimal H-30 hari sebelum keberangkatan. Untuk itu, usahakan kamu sudah pastikan kapan mau berangkat ke tempat tujuan, ya. Jadi kamu bisa mulai bersiap melakukan pemesanan sejak awal penjualan tiket kereta api ini dibuka.

3. Gunakanfitur urutkan harga.

5 Langkah untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah meriah

Aplikasi KAI Access ini memfasilitasi kamu dengan fitur urutkan. Urutan ini bisa dilakukan berdasarkan harga terendah, harga tertinggi, durasi tercepat, dan durasi terlama. Pilihlah urutan berdasarkan harga terendah, maka aplikasi ini secara otomatis akan mengurutkan harga tiket dari yang paling murah ke paling mahal.

Sebelum mengurutkan, kamu terlebih dahulu harus mengetik stasiun asal dan tujuan. Setelah itu memilih tanggal keberangkatan dan selanjutnya kamu akan disuguhkan dengan berbagai kereta yang memiliki rute keberangkatan dengan tanggal tersebut. Di bagian tengah bawah akan ada tab Urutkan & Saring, kamu dapat mengkliknya kemudian memilih urutkan berdasarkan harga terendah. Dan tiket yang kamu cari pun akan otomatis diurutkan berdasarkan harga terendah.

4. Rajin cek event danpromo di KAI Access.

5 Langkah untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah meriah

Dengan menggunakan situs langsung dari KAI, kamu bisa mendapatkan penawaran promo pada momen-momen tertentu. Untuk itu, kamu harus rajin mengecek situs ini agar tetap terinformasi dengan promo yang sedang berlangsung. Pada beranda aplikasi KAI Access bagian atas kamu dapat melihatbannerberjalan yang berisi informasi mengenai event maupun promo. Klik gambar tersebut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan dari promo yang sedang berlangsung.

5. Pantau promo dari aplikasi atau situs perjalanan onlinelainnya.

5 Langkah untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah meriah

Selain aplikasi KAI Access, tentunya banyak aplikasi maupun situs booking lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memesan tiket kereta api. Saat memesan tiket kereta, bandingkanlah harga yang ditawarkan oleh situs KAI Access dengan aplikasi perjalanan lainnya. Lakukan hal ini supaya kamu bisa tahu situs apa yang menawarkan harga tiket paling murah. Dengan melakukan pengecekan harga dan promo dari aplikasi lainnya, bisa kamu jadikan perbandingan dalam memesan tiket kereta api dengan penawaran harga termurah.

Buat kamu traveler, limatips di atas patut kamu coba agar budget jalan-jalanmu tidak membengkak untuk biaya transportasi. Selamat mencoba!