×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Kesalahan yang justru menciptakan inovasi baru dalam sejarah manusia

0

News

5 Kesalahan yang justru menciptakan inovasi baru dalam sejarah manusia

Kesalahan yang tak disengaja ini justru berhasil menciptakan inovasi baru.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Farraz Ramadhan

13 / 06 / 2018 10:53

Tidak ada manusia di dunia yang tak pernah berbuat satu kesalahan pun dalam hidupnya, mulai dari hal kecil hingga yang besar. Namun, beberapa kesalahan yang tidak disengaja ini justru berhasil membuat suatu inovasi baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Nah, berikut ini adalah 5 kesalahan yang justru berhasil menciptakan inovasi baru dalam sejarah umat manusia. Apa saja ya?

1. Sabun berbusa.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2018/06/12/image_1528795450_5b1f913a886a1.jpg

Awalnya, pembuat sabun tak pernah merencanakan untuk membuat sabun berbusa. Namun, pada suatu hari ada seorang pekerja pabrik yang meninggalkan mesin pembuat sabun dengan tidak sengaja saat jam istirahat siang. Berkat kecerobohan inilah sabun berbusa mulai terbuat. Pasalnya, mesin yang saat itu menyala menjadi bercampur dengan unsur udara. Akhirnya, justru sabun berbusa ini disukai pembeli yang membuatnya sangat laku di pasaran. Semenjak itu ada banyak produsen yang meniru cara pembuatan sabun tersebut.

Loading...

2. Ban karet.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2018/06/12/image_1528795574_5b1f91b6bbf45.jpg

Sebelum seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear melakukan kecerobohan, menemukan ban karet berkualitas sangatlah sulit karena bahan dasar pembuatan ban karet akan mudah rapuh pada saat dingin dan akan sangat mudah meleleh saat keadaan panas. Charles Goodyear selalu berusaha untuk menemukan karet yang kuat di kondisi panas sekaligus dingin. Suatu hari, dengan tidak sengaja ia menjatuhkan segumpal karet dan semacam zat sulfur dalam ke dalam kompor secara bersamaan. Ternyata, berkat ketidaksengajaannya itu ia berhasil menemukan ban karet yang kuat akan panas dan juga dingin.

3. Post-It.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2018/06/12/image_1528795806_5b1f929e063c8.jpg

Tahukah kamu kalau stiker berwarna-warni ini sebenarnya terbuat akibat suatu kegagalan untuk menciptakan lem kuat? Seorang pekerja 3M yang bernama Spencer Silver ini awalnya mendapat tugas untuk membuat lem kuat yang pada akhirnya gagal. Lem tersebut ia tinggalkan saja karena ia menganggap lem itu sebagai produk gagal. Pada suatu ketika, Arthur Fry yang merupakan rekan dari Silver, ingin menandai buku nyanyiannya, tapi tanda miliknya selalu lepas. Akhirnya ia pun menggunakan lem buatan Silver yang berhasil menandai bukunya dengan kertas yang dilem tanpa merusak kertasnya.

4. Menara Pisa.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2018/06/12/image_1528796213_5b1f9435781c7.jpg

Siapa yang tidak mengenal mengenal menara bersejarah ini? Menara yang terkenal karena kemiringannya ini ternyata terjadi akibat kesalahan arsiteknya, yaitu Bonanno da Pisa. Pada awalnya menara ini ingin dibuat dengan fondasi 3 meter ke dalam, akan tetapi menara menjulang tinggi 56 meter karena struktur tanah yang liat dan fondasi yang kurang kokoh. Menara yang memakan waktu sekitar 200 tahun proses pembuatannya ini miring beberapa meter per tahunnya. Bahkan sampai sekarang menara ini terus miring, akan tetapi terus dilakukan upaya pencegahan agar menara ini tidak sampai roboh.

5. Choco Chip.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2018/06/12/image_1528796296_5b1f948802120.jpg

Seorang perempuan bernama Ruth Wakefiled yang bekerja pada penginapan Toll House di Amerika sedang memanggang kue coklat. Karena kesibukannya, ia tidak sempat mencairkan cokelat untuk kuenya. Oleh karena itu, ia pun hanya memotongi cokelat batangan dan menaburkannya di atas kue yang sedang dipanggang sambil berharap meleleh dan melapisi kuenya. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, cokelat pada kuenya tidak melumer dan malah mengeras. Meskipun gagal karena tak sesuai dengan harapannya, kue tersebut tetap disuguhkan kepada tamu yang ada. Di luar dugaan, reaksi yang didapatkan pun sangat baik karena butiran cokelat padat pada kuenya ini sangat disukai orang-orang.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red