×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

0

Kesehatan

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

Lakukan lima tips ini guna menjaga imunitas agar tetap prima.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aulia Husna

22 / 07 / 2021 10:42

Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia kian merebak dan kasus positifnya pun kian melonjak. Belum selesai gelombang pertama, belakangan ini ditemukan virus varian baru (Beta, Alpha, Delta, dan lainnya) yang penularannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya. Hal ini tentu membuat masyarakat kelimpungan dan panik bukan main. Wajar jika rasa panik datang saat mendengar kabar orang di sekeliling kita terkonfirmasi positif. Namun perasaan panik, was-was, dan gelisah sering membuat imunitas tubuh menurun. Menurunnya imunitas tubuh menjadikan virus atau bakteri mudah masuk ke dalam tubuh. Lalu, adakah cara untuk menjaga imunitas tubuh?

Bersamaan dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, manfaatkanlah waktu senggang dengan kegiatan yang positif dan menyehatkan. Maka dari itu rasanya mengaplikasikan kebiasaan baru menjadi sangat penting untuk imun agar tetap prima. Berikut lima cara untuk menjaga imunitas tubuh yang bisa dilakukan sebagai kebiasaan baru selama pandemi.

1. Menerapkan 5M.

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

Menjaga protokol kesehatan merupakan langkah awal dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Rutin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan tangan dengan alkohol setidaknya 60% adalah salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Imbauan memakai masker saat keluar rumah juga telah digaungkan dan sangat dianjurkan oleh badan kesehatan dunia (WHO) kemudian dipertegas pula oleh Presiden Joko Widodo.

Sekarang ini bukan hanya menjalankan protokol 3M tetapi 5M protokol kesehatan, berikut arti dari 5M.

Loading...

1. Memakai dua lapis masker saat beraktivitas di luar rumah.

2. Mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air mengalir.

3. Menjauhi kerumunan seperti tempat hiburan, mall, dan lainnya.

4. Menjaga jarak sekurang-kurangnya satu meter.

5. Membatasi mobilitas dan Interaksi.

2. Olahraga dan berjemur.

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

Olahraga adalah aktivitas fisik yang harus dilakukan saat pandemi. Masyarakat harus tetap aktif saat PPKM darurat berlangsung. Olahraga mampu menghilangkan rasa bosan, stres, bahkan bisa menjadi hiburan tersendiri di masa pandemi Covid-19.

Studi menjelaskan menurunnya imunitas tubuh dapat disebabkan oleh gaya hidup kurang gerak sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus. Olahraga dengan intensitas sedang belakangan sangat disarankan oleh para dokter, bentuk latihan dapat berupa latihan aerobik dan latihan kekuatan.

Untuk menjaga imun selama pandemi ini selain berolahraga kamu juga bisa berjemur di pagi hari dari pukul 09.00-11.00. Seperti yang kita tahu berjemur di bawah matahari pagi memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai sumber Vitamin D. Selain untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang Vitamin D juga penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh seseorang.

3. Berpikir positif.

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

Ramainya pemberitaan Covid-19 sering kali menimbulkan rasa cemas dan rasa takut yang berlebihan. Namun rupanya, untuk menghadapi virus ini, kita perlu berpikiran positif. Berpikir positif dapat menimbulkan rasa nyaman, tentram, dan bahagia sehingga hal ini sangat diperlukan dalam menjaga tubuh agar tetap fit.

Menurut dokter spesialis kejiwaan Dr. Andri, Sp.KJ, FACLP, berpikiran positif mampu membuat imun menjadi kuat untuk melawan virus. "Kalau menurun maka akan mudah terinfeksi virus, maka berpikirlah positif yang baik, walaupun mungkin sulit," ujar Dr. Andri dikutip dari Kompas.com.

Berpikir positif memang tak mudah dilakukan namun ada satu hal yang dapat membantu kita untuk berpikiran positif, yaitu membatasi nonton dan konsumsi berita Covid-19. Kunjungi laman pemerintah untuk memperoleh berita yang valid dan terhindar dari berita hoax.

4. Menjaga pola hidup sehat.

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

"Mens sana in corpore sano”. Arti dari ungkapan tersebut adalah "Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat". Makan dengan gizi seimbang dan menjaga pola tidur termasuk dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga gizi seimbang dengan mengkonsumsi buah, sayur, susu, dan lauk pauk, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C jika memiliki aktivitas yang padat. Kebutuhan air mineral juga harus diperhatikan karena 90% tubuh manusia terdiri dari air, ketika dehidrasi tubuh jadi lesu dan metabolisme pun akan terganggu.

5. Berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

5 Jurus ampuh menjaga imunitas di kala pandemi

Setelah berikhtiar melalui menjaga imun, kita juga perlu menjaga iman. Mempertebal dinding keimanan akan mendatangkan rasa percaya bahwa apa pun yang terjadi kepada kita adalah takdir dari Allah yang harus diterima dengan ikhlas dan tabah. Memperbanyak doa dan zikir adalah salah satu caranya, hati yang gelisah akan menjadi tenang karena selalu mengingat Allah SWT dengan begitu kita akan lebih fokus memperbaiki diri dan mengurangi pikiran buruk. Ingatlah Allah Maha Pendengar.

Itulah lima jurus yang dapat kita lakukan untuk menjaga imun. Nikmat sehat memanglah mahal harganya, selagi bisa fokuslah kesehatan diri sendiri kendalikan rasa panik, kemudian ganti dengan hal positif, dengan begitu rasa relaks dan bahagia akan datang dengan sendirinya. Jangan lengah, apa pun kegiatannya tetap patuhi protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah. Terima kasih, semoga bermanfaat.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red