×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jenis ubi ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia

0

Wow

5 Jenis ubi ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia

Tumbuhan ubi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhammad Haryo Pambudi

01 / 08 / 2021 09:49

Ubi merupakan tumbuhan yang tumbuh di bawah tanah dengan akar yang merambat. Tumbuhan ubi juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk tubuh, contohnya adalah karbohidrat. Banyak sekali jenis ubi yang dapat kita temukan di Indonesia, tetapi tidak semua orang mengetahui dan pernah mengonsumsi.

Berikut penulis sudah merangkum beberapa ubi yang paling digemari dan dikonsumsi di Indonesia.

1. Ubi jalar.

Yang pertama adalah ubi jalar. Siapa sih yang tidak mengenal jenis ubi yang satu ini? Jenis ubi jalar memiliki warna yang berbeda-beda, ada yang putih, oranye, kuning, hingga ungu. Setiap warna ubi jalar tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda.

a. Ubi jalar putih memiliki rasa yang tawar dan biasa ada pada makanan kolak. Selain itu, ubi jalar putih juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan tepung.

b. Ubi jalar oranye memiliki rasa yang manis jika diolah dengan cara direbus.

Loading...

c. Ubi jalar ungu memiliki warna yang lebih mencolok dibanding yang lainnya. Jenis ubi ini biasa diolah menjadi keripik yang renyah ataupun direbus.

d. Ubi kuning memang sedikit mirip dengan ubi jalar oranye, bedanya terletak pada pengolahannya. Ubi kuning biasanya diolah menjadi camilan anak-anak.

Terdapat ubi jalar yang terkenal di daerah Cilembu, yaitu bernama ubi cilembu atau disebut juga ubi madu. Disebut ubi madu karena ketika diolah dengan dipanggang, ubi ini akan mengeluarkan cairan seperti madu dan memiliki rasa yang sangat manis. Tidak seperti pada ubi umumnya, ubi cilembu ini kurang cocok apabila diolah dengan cara direbus ataupun digoreng

2. Ubi singkong.

Ubi singkong atau disebut juga ketela pohon menjadi salah satu jenis ubi yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Ubi ini tersebar di berbagai provinsi di Indonesia terutama di Pulau Jawa.

Jenis ubi ini sangat enak jika diolah dengan cara direbus, apalagi jika ditambah dengan parutan keju, sehingga menjadi singkong keju. Ubi singkong ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi pengganti nasi saat dilanda kelaparan. Daun singkong juga biasa diolah menjadi sayuran yang enak dan bergizi.

Dalam mengolah ubi singkong juga tidak boleh sembarangan, karena terdapat kandungan sianida dan bisa membahayakan tubuh jika tidak diolah dengan cara yang benar.

3. Talas.

Walaupun talas termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, banyak yang beranggapan bahwa talas sama seperti ubi, padahal banyak sekali perbedaanya mulai dari bentuk hingga rasanya. Dari segi bentuk, talas cenderung bulat dan melebar, bentuknya seperti sarang lebah, sedangkan ubi memiliki bentuk yang memanjang. Rasa talas sangat hambar dibandingkan dengan ubi yang memiliki rasa sedikit manis, oleh karena itu talas sering diolah menjadi keripik.

4. Kentang.

Apakah kamu termasuk orang yang baru mengetahui bahwa kentang merupakan tumbuhan jenis umbi-umbian? Kentang ini sudah banyak sekali pengolahan menjadi makanan, mulai dari kue hingga sayur. Ubi kentang juga mudah sekali ditemukan di sekitar kita.

5. Lobak.

Sekilas bentuk lobak memang mirip seperti wortel, tetapi warnanya yang berbeda yaitu putih. Lobak ini termasuk ke dalam jenis umbi akar dan diolah dengan dimasak bersama sayur dan tidak bisa dibuat menjadi jus seperti wortel.

Itulah beberapa jenis ubi yang paling banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia menurut penulis. Semoga bermanfaat, terima kasih.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red