×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

0

Jalan-Jalan

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Cirebon memiliki banyak jajanan populer yang dijamin bakal bikin kamu pengin tinggal di sana.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Xandra Junia Indriasti

03 / 08 / 2020 10:10

Cirebon yang dikenal sebagai Kota Udang memiliki banyak kuliner yang mungkin beberapa di antaranya sudah pernah kamu cicipi. Salah satu contohnya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot merupakan tahu yang diberi kuah gula jawa, cabai rawit dan bawang merah. Kuliner ini bahkan sudah dijual di berbagai kota di Indonesia.

Selain tahu gejrot, masih ada loh jajanan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Otak-otak Smanda.

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Foto: twitter.com/ririnriandini/status/1211929308668628993

Loading...

Walaupun otak-otak bukanlah makanan khas Cirebon, namun otak-otak Smanda ini sudah menjadi ciri khas orang Cirebon. Dinamakan Smanda karena awalnya berlokasi di depan SMA Negeri 2 Cirebon yang populer dengan nama itu.

Harga satu porsi otak-otak ini adalah Rp 10 ribu rupiah dan Rp 7 ribu untuk setengah porsi. Selain otak-otak, ada juga kentang, nugget, martabak, serta olahan seafood lainnya yang dipotong kecil-kecil lalu dilumuri bumbu balado, rumput laut, barbeque, keju atau pedas serta saos sambal khas. Jajanan ini selalu ramai dikunjungi, terlebih lagi oleh anak muda.

2. Rujak Kangkung Ibu Mega.

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Foto: kuliner-ibu-mega.business.site/

Kamu sedang diet? Jajanan satu ini sepertinya cocok untukmu yang sedang mengurangi berat badan atau vegetarian. Rujak Kangkung Ibu Mega berlokasi tepat di lampu merah JL. Drajat dan seberang SD Drajat. Meskipun tempatnya tidak luas, Ibu Mega selalu banjir konsumen setiap hari.

Rasa segar dari kangkung dan tauge serta rasa pedas dari sambal khasnya membuat kamu yang sedang pusing atau banyak masalah bisa merasa baikan. Harga satu porsi rujak ini Rp 6 ribu rupiah. Tambah kerupuk mie dan bakwan semakin menambah nikmat saat memakannya.

3. Es Tape Ketan Bakung.

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Foto: instagram.com/kulinercirebon

Tape Ketan Bakung adalah tape khas daerah Bakung, Cirebon. Tape ini populer dijadikan bahan es yang sangat segar. Rasanya yang manis dan asam dijamin bikin kamu ketagihan. Apalagi cuaca di negeri kita saat ini sedang panas kan saat siang hari.

Kamu bisa menemukan es ini di dekat Toko Parfum Stopper di sekitar Alun-Alun Kota Cirebon. Harga satu porsinya sekitar Rp 5 ribu.

4. Kue Tapel Mba Lena.

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Foto: food.detik.com/

Kue tapel ini mirip dengan crepes yang biasa kamu temui di mall. Namun bedanya, kue tapel ini menggunakan kelapa dengan topping pisang serta gula jawa. Rasanya gurih, manis, dan bikin nagih terlebih lagi saat masih hangat. Tempat Mba Lena ini berlokasi di Gang Alas Demang Pekalipan Cirebon. Satu porsi kue tapel ini diberi harga Rp 7 ribu.

5. Rujak Asinan Donggala.

5 Jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon

Foto: cookpad.com/id/resep/7540811-rujak-donggala

Sama-sama rujak namun komposisinya berbeda dengan rujak kangkung. Donggala merupakan kependekan dari kedondong, mangga, dan pala. Yap! Itulah bahan-bahan untuk rujak ini yang ditambah dengan bengkoang, pepaya muda, tauge, dan timun.

Proses pembuatan rujak ini hampir sama dengan asinan bogor yaitu didiamkan beberapa hari. Namun karena memiliki bahan yang sama dengan rujak buah, donggala ini bisa disebutkan sebagai rujak asinan.

Kamu bisa menemukan rujak asinan ini di semua tempat oleh-oleh Cirebon. Untuk harga bervariasi, mulai dari belasan ribu rupiah. Rasanya sangat segar dan bisa kamu tambahkan bubuk cabai jika dirasa kurang pedas.

Nah, itulah beberapa jajanan yang ada di Cirebon yang wajib kamu beli dan cicipi saat berkunjung ke sana.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red