Kebahagiaan bukanlah diukur dari persoalan materi saja, namun lebih pada perasaan. Bersyukur adalah sebuah kata sederhana, namun sulit untuk dilakukan. Tapi bukan berarti tidak bisa, kan?

Bersyukur bisa membuat hidupmu lebih bahagia dan juga lebih tangguh dalam menghadapi kehidupan. Bersyukur juga merupakan cara yang ampuh untuk bangkit dari keterpurukan, membantumu mengubah pengalaman buruk dan masalah yang kamu alami. Nah, lakukan 5 hal ini agar kamu menjadi manusia yang lebih bahagia dan bersyukur.

1. Menerima diri kamu apa adanya.

5 Hal yang bisa membuatmu bahagia & bersyukur dalam hidup

Foto : Vebma.com

Terima dirimu apa adanya. Baik kekurangan atau kelebihan dalam dirimu. Menerima diri kamu apa adanya, baik atau buruk akan membuat hidupmu lebih bijaksana dalam mensyukuri hidup. Seperti halnya menikmati secangkir kopi, manisnya akan terasa setelah kamu melewati pahitnya.

2. Berbagi cerita dengan sahabat.

5 Hal yang bisa membuatmu bahagia & bersyukur dalam hidup

Foto: Fimela Family

Hidup itu dipenuhi dengan cerita, baik itu suka maupun duka. Apapun cerita yang kamu miliki, berbagilah dengan orang terdekat, misal sahabat.Berbagi cerita bahagiamu akan menambah rasa bahagia dan bersyukurmu. Bercerita mengenai dukamu akan menjadikan perasaanmu lebih ringan, karena kamu merasa dipahami dan tidak sendirian.

3. Fokus pada diri sendiri.

5 Hal yang bisa membuatmu bahagia & bersyukur dalam hidup

Foto : Pixabay

Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain karena bisa memunculkan perasaan negatif. Oleh karena itu, sadarlah bahwa dirimu juga punya kehidupan sendiri. Perbandingan yang sehat adalah membandingkan dirimu yang dulu dengan sekarang. Bukan membandingkan dirimu dengan orang lain. Oleh sebab itu, kamu bisa meresapi betapa banyak nikmat yang diperoleh atau perubahan pada dirimu sekarang.

4. Self care.

5 Hal yang bisa membuatmu bahagia & bersyukur dalam hidup

Foto: Alo Dokter

Aktivitas sederhana seperti olahraga, menulis diary, quality time dengan keluarga, piknik bareng keluarga atau sahabat dan makan makanan yang menyehatkan ternyata sangat baik bagi kesehatan mental kamu. Aktivitas sederhana seperti itu dapat disebut sebagai self-care, yaitu cara kamu mensyukuri hidup dengan merawat dan memanjakan diri sendiri. Dengan memberi waktu untuk diri sendiri, kamu akan memiliki waktu untuk menikmati setiap momen yang kamu jalani. Pada akhirnya, kamu pun akan bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

5. Berterimakasih pada kehidupan.

5 Hal yang bisa membuatmu bahagia & bersyukur dalam hidup

Foto: Era Baru

Saat kamu berterima kasih pada kehidupan yang kamu miliki, akan menambah rasa syukur. Berterimakasih kepada orang tua, keluarga, sahabat atas hal baik yang sudah mereka berikan dan lakukan untukmu. Selain itu, berterimakasih pada diri sendiri juga penting untuk memperkuat rasa syukur tersebut. Berterimakasih pada diri sendiri dapat membantumu menerima diri ini apa adanya

Berterimakasih pada kehidupan yang telah diberikan Tuhan untuknu. Walaupun terkadang peristiwa buruk datang tanpa diminta, kamu akan tetap merasa ada ribuan hal baik yang patut disyukuri.

Bersyukur bukan sesuatu hal yang mudah dan terbentuk begitu saja. Bersyukur perlu dilatih setiap hari dan dipupuk terus-menerus. Cara untuk bersyukur itu tidak hanya ketika kamu kehilangan sesuatu atau mendapatkan sesuatu saja. Namun, dengan berdamai pada keadaan diri kamu saat ini juga disebut bersyukur. Saat kamu bersyukur maka Tuhan akan menambah nikmat dalam hidupmu