Saat travelling adalah waktu di mana seseorang merasa bahagia. Tapi ketika itu justru orang kehilangan kontrol diri terhadap pengeluaran. Benar nggak?

Akibatnya, beberapa kebiasaan yang dianggap sepele saat travelling justru bikin boros. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Menarik uang menggunakan kartu kredit atau ATM luar negeri

5 Kebiasaan saat traveling ini tak diduga bikin  kamu boros

foto: panduanwisata.id

Sebisa mungkin hindari membayar dengan kartu kredit, karena harga kursnya jatuh lebih mahal. Selain itu, sebaiknya juga jangan mengambil uang di ATM luar negeri. Mengapa? Biaya administrasinya bakal lebih mahal.

2. Tidak memberi budget untuk makan

5 Kebiasaan saat traveling ini tak diduga bikin  kamu boros

foto: freepressjournal.com

Salah satu kebiasaan boros saat travelling adalah makan makanan dengan sembarangan. Ini tidak ada kaitannya dengan makanan sehat atau tidak, melainkan harga yang harus ditanggung.

Biasanya para pelancong membeli makanan tanpa memperhatikan harga. Padahal, jika dipikir-pikir kembali, harga tersebut termasuk mahal yang pastinya bisa menguras isi dompet. Apalagi jika Anda tidak mengatur budget untuk makanan, bisa-bisa uang Anda habis hanya untuk membeli makanan saja.

3. Tidak tahu hak dan kewajiban pesawat, misalnya bagasi.

5 Kebiasaan saat traveling ini tak diduga bikin  kamu boros

foto: malesbanget.com

Bisa jadi harga yang ditawarkan murah, tapi apakah kamu yakin tidak akan ada tambahan lainya lagi? Jangan mudah tergiur dengan harga murah, jika masih ada tambahan lainnya yang menyusul, pasti bakal lebih mahal lagi jika diakumulasikan.

4. Tukar uang di luar negeri

5 Kebiasaan saat traveling ini tak diduga bikin  kamu boros

foto: uangindonesia.com

Beberapa orang memilih untuk menukar uang mereka setelah sampai di negara tujuan. Apakah ini adalah pilihan yang tepat? Jelas ini perlu dihindari. Menukar uang di luar negeri biasanya akan lebih mahal daripada di dalam negeri. Oleh karena itu sebelum berpergian ada baiknya menukar uang di negara asal saja.

Selain itu, perhatikan pula banyak uang yang ingin ditukarkan. Jangan sampai kebanyakan. Karena uang sisa perjalanan jika ditukarkan kembali dengan Rupiah, nilainya akan turun. Jadi rugi kan?

5. Tidak membuat perencanaan biaya

Sebelum travelling, sebaiknya siapkan segala hal yang dirasa perlu. Salah satu yang paling penting adalah perencanaan biaya. Anda harus tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk berlibur. Tanpa perencanaan biaya, kamu akan terus-menerus merasa punya banyak uang dan akhirnya menjadi boros.