Dari sekian banyak surah di dalam Alquran, ada beberapa surah yang memiliki keistimewaan tersendiri dan dianjurkan untuk diamalkan membacanya. Contoh dari beberapa surah istimewa tersebut adalah Al-Waqiah, Yasin, Al-Kahfi, Al-Mulk dan yang lainnya.

Tentang keistimewaan beberapa Surah tersebut banyak di temukan dalil-dalil yang membenarkan nya. salah satu nya surah Al-Mulk.Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Taala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Hadis di atas jelas menyatakan bahwa surah Al-Mulk memiliki keistimewaan pengampunan dosa di sisi Allah bagi orang-orang yang membacanya. Maka dari itu, hendaklah kita merenungkan hadis tersebut.

Berikut ulasan mengenai hadis-hadis keutaaman membaca surah Al-Mulk sepertipenulis himpun dari berbagai sumber pada Sabtu (9/5).

1. Surah yang menjadi penghalang dari siksa kubur.

5 Hadis tentang keutamaan membaca surah Al-Mulk

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Asy Syawarib telah menceritakan kepada kami Yahya bin Amru bin Malik An Nukri dari Ayahnya dari Abul Jauza' dari Ibnu Abbas, ia berkata: Sebagian sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam membuat kemah di atas pemakaman, ternyata ia tidak mengira jika berada di pemakaman, tiba-tiba ada seseorang membaca surat Tabaarokalladzi bi yadihil mulk (Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan), sampai selesai."

Kemudian dia datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan berkata: Wahai Rasulullah sesungguhnya, aku membuat kemahku di atas kuburan dan saya tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surat Tabarok (surat) Al Mulk sampai selesai," Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Dia adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur. Abu Isa (At Tirmidzi)

Dalam hadis tersebut dapat kita tangkap sebuah makna bahwa surah A-Mulk ini menjadi penghalang atau pelindung dari siksa kubur bagi orang-orang yang rutin membacanya.

2. Surah yang rutin dibaca Rasulullah sebelum tidur.

5 Hadis tentang keutamaan membaca surah Al-Mulk

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Misar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa, Tidaklah Nabi shallallahu alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk).

Dari pernyataan hadis tersebut terdapat kebiasaan atau hal-hal yang sering dilakukan Rasulullah sebelum ia tidur yaitu membaca surah Al-Mulk. Oleh karena itu hendaklah kita mengamalkannya juga seperti Rasulullah.

3. Surah yang menjadi penyelamat seorang hamba dari siksa neraka.

5 Hadis tentang keutamaan membaca surah Al-Mulk

Dalam riwayat lain: "sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga."(HR. Abu Dawud no. 1400, At-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad 2:299, dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan hasan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani).

Hadis yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat dengan izin Allah Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)

Dalam hadis di atas dikemukakan bahwa seorang yang rutin membaca surah Al-Mulk akan mendapatkan pertolongan dari siksa pedih api neraka dan diberikan kenyamanan di dalam surga.

4. Surah yang menjadi pembela seorang hamba di hadapan Allah.

5 Hadis tentang keutamaan membaca surah Al-Mulk

Dari Anas bin Malik radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Satu surat dalam Alquran yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Subhanahu wa Taala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat: Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan.

Selain menjadi penghalang dari siksa kubur dan siksa api neraka, surah Al-Mulk juga dapat memberikan syafaat berupa pembelaan seorang hamba di hadapan Allah Azza Wa Jalla.

5. Surah ini memberikan syafaat bagi seorang yang membacanya.

5 Hadis tentang keutamaan membaca surah Al-Mulk

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Bacalah Alquran, karena sesungguhnya bacaan Alquran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia). (HR. Muslim no. 804).

Setelah menelaah beberapa hadis di atas, memang benar adanya bahwa surah Al-Mulk memiliki keistimewaan dari beberapa surah dalam Alquran. Oleh karena itu hendaklah kita mengamalkannya sehari-hari agar mendatangkan syafaat bagi kita di akhir hayat kelak saat menghadap Allah SWT.