Bagi para pengamat dan pemerhati musik pop internasional saat ini, khusunya untuk genre Pop yang berasal dari benua Asia, terutama kawasan Asia Timur, seperti C-Pop (China/Mandarin), J-Pop (Jepang), dan K-Pop (Korea Selatan), tentunya telah sepakat dan mengakui kesuksesan genre musik K POP dalam persaingan musik internasional, dan bahkan saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu genre pop papan atas dunia serta sebagai salah satu genre terpopuler saat ini.

Khusus untuk kategori girlband di K-Pop sendiri sesungguhnya telah mulai dirintis sejak sekitar pertengahan hingga akhir dekade 90-an, yang sering disebut sebagai girlband K-Pop generasi pertama. Khususnya bagi yang memulai debut sebelum tahun 2001. Sedangkan bagi girlband K-Pop yang memulai debut pada tahun 2001-2010, sering disebut sebagai generasi kedua.

Girlband generasi pertama, sepertiS.E.S,Fin.K.L,Baby V.O.X ,Chakra dan banyak lagi yang lainnya, tentunya tidak ada lagi yang aktif berkarir di dalam persaingan musik saat ini. Sedangkan girlband generasi kedua, seperti SNSD yang masih sangat aktif dan eksis, dan yang tentunya juga saat ini disepakati sebagai girlband K-Pop terpopuler, dan juga 2NE1, SISTAR, f(x) dan banyak lagi yang lainnya, sebagian masih bertahan di persaingan musik pop saat ini, namun banyak juga yang tidak lagi eksis atau tidak aktif (hiatus) atau bahkan telah dinyatakan bubar.

Dan saat ini tentunya telah banyak girlband K-Pop generasi terbaru yaitu generasi ketiga yang siap masuk dalam persaingan musik dunia, serta melanjutkan dominasi girlband K-Pop generasi kedua di kancah persaingan musik pop internasional. Dan berikut ini akan kita sajikan 5 girlband K-Pop generasi terbaru yang saat ini paling banyak menarik perhatian dan paling berpotensi untuk menjadi girlband papan atasdi masa mendatang.

1. APINK

5 Girlband K-Pop generasi terbaru yang paling banyak menarik perhatian

APINK terbentuk di tahun 2011. Pada awalnya terdiri dari 7 member, yaitu ParkCho-rong, YoonBo-mi, JungEun-ji, SonNa-eun,Hong Yoo-kyung, KimNam-joo dan OhHa-young, namun pada April 2013,Hong Yoo-kyung menyatakan diri keluar dari APINK untuk fokus pada studinya.

Gaya penampilan dan style musik APINK sering disamakan dengan girlband K POP generasi pertama yaitu S.E.S dan Fin.K.L. APINK selalu menampilkan image gadis lugu dan girly, yang bebeda dengan mayoritas girlband K POP pada umumya yang sering menonjolkan keseksian tubuh. MusikAPINK didominasi genre Bubblegum Pop yang dikombinasi denganDance-Pop, Synth-Pop,Hip-Hop danR&B.

Beberapa hits yang melambungkan namaAPINK pada masa-masa awal karirnya, antara lain adalah NoNoNo (2013), Mr. Chu (2014), LUV(2014) dan Remember(2015).

2. RED VELVET

5 Girlband K-Pop generasi terbaru yang paling banyak menarik perhatian

RED VELVET terbentuk di tahun 2014,saat ini memiliki5 member, yaitu Irene, Seulgi, Wendy, Joy dan Yeri.

RED VELVET memiliki konsep yang terdiri dari dua sisi. Sisi RED melambangkan konsep gadismuda yang penuh keceriaan dan atraktif. Sedangkan sisi VELVET melambangkan konsep yang lebih tenang, dewasa dan elegan. Begitu juga dengan konsep musik yang disajikan, konsep RED menyajikan dominasi musik Pop yang berjiwa muda, dan konsepVELVETmenyajikan musik R & B yang diramu dengan Ballad Music.

Beberapa hits RED VELVETantara lain adalah DumbDumb(2015), Russian Roulette (2016), Red Flavor (2017) dan Peek-a-Boo (2017).

3. GFRIEND

5 Girlband K-Pop generasi terbaru yang paling banyak menarik perhatian

GFRIEND terbentuk di tahun 2015, saat ini memiliki 6 member, yaituSowon,Yerin, Eunha, Yuju,SinB danUmji.Beberapa hits GFRIENDantara lain adalah Rough (2016), Navillera (2016), Fingertip (2017) dan Love Whisper (2017).

4. TWICE

5 Girlband K-Pop generasi terbaru yang paling banyak menarik perhatian

TWICE terbentuk pada tahun 2015Terdiri dari 9 member, yaitu Nayeon,Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.

Twice merupakan salah satu girlband K POP generasi terbaru yang paling fenomenal dan perkembangan jumlah fans yang meningkat dengan cukup pesat serta menghasilkan beberapa hits secara berturut-turut. Twice saat ini dianggap sebagai "Nation's Girl Group" dan"Top-trend Girl Group" yang baru. Juga banyak dikagumi karena perpaduan pesona dan kepribadian setiap membernya.

Saat ini beberapa koreografi gerakan khas dari dance TWICE pada beberapa video clip, seperti pada single Cheer Up, TT dan Signal telah menjadi viral serta banyak diikuti oleh para selebriti dunia di luar Korea Selatan.Beberapa hits Twice antara lain adalahCheer Up(2016), TT (2016), Signal (2017) dan Likey (2017).

5. BLACK PINK

5 Girlband K-Pop generasi terbaru yang paling banyak menarik perhatian

BLACK PINK terbentuk di tahun 2016, saat ini memiliki 4 member, yaituJisoo,Jennie, Ros, danLisa. Beberapa hits BLACK PINKantara lain adalah Boombayah (2016), Whistle (2016), Playing With Fire (2016) dan As If It's Your Last(2017).