Ada banyak misteri di dunia ini yang masih belum terungkap. Beragam kejadian masa lalu hingga saat ini, masih mengundang banyak tanya hingga memicu perdebatan dari para ahli dan sejarawan.

Teknologi masa lalu yang masih terbatas, menghambat pengungkapan sebuah misteri. Tak terkecuali foto-foto masa lalu, banyak misteri yang sampai detik ini masih menjadi perdebatan, apa yang sebenarnya misteri dibalik bidikan sebuah foto bersejarah.

Berikut 5 foto bersejarah dunia masa lalu yang masih menjadi misteri, seperti dilansir dari brightside.me. Foto-foto itu masih dibidik dengan peralatan fotografi konvensional, yang belum tersentuh teknologi editing foto.

1. Foto yang diduga monster laut di Hook island

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Hook Island berada di kawasan Queensland, Australia, dan dikenal sebagai pulau tak berpenghuni. Pada 1960an, seorang pria bernama Robert Le Serrec memotret seekor makhluk menyerupai ikan lele raksasa ketika ia mengunjungi pulau itu.

Foto tersebut kali pertama dipublikasikan pada tahun 1965, dan langsung memicu perdebatan para ahli Zoologi.

Banyak orang mengira foto itu adalah hoax, padahal saat itu belum ada teknologi foto editing seperti saat ini. Mereka menuding Robert merekayasa foto dengan menggunakan plastik hitam, sehingga membuatnya seolah mirip monster laut.

2. Babushka lady

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Pada 22 november 1963, di Dallas, Amerika Serikat, terjadi insiden yang mengagetkan dunia. Insiden penembakan yang menyebabkan terbunuhnya Presiden Amerika Serikat ke-35 John F Kennedy.

Hari itu puluhan wartawan dan fotografer yang mengambil gambar di lokasi kejadian. Ada seorang wanita tertangkap kamera foto wartawan. Ia selalu terlihat dalam beberapa sisi didekat iring-iringan mobil yang membawa John F Kennedy sebelum penembakan terjadi.

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

Wanita yang mengenakan syal penutup kepala ini terlihat membawa kamera kecil, dan tampak leluasa mengambil gambar di lokasi sebelum kejadian. Hingga kini masih menjadi perdebatan, apakah 'babushka lady' menjadi bagian dari konspirasi terbunuhnya sang presiden, Terlebih karena sang pembunuh, Lee Harvey Oswald dibunuh sebelum sempat terbongkar motif dan tujuan aksinya.

3. The falling man

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Serangan teroris pada 11 september 2001 di New York, Amerika serikat menyebabkan runtuhnya gedung kembar WTC. Ribuan korban nyawa dilaporkan tewas dan hilang tertimbun dalam runtuhan gedung.

Ada salah satu misteri dalam serangan teroris itu yang hingga kini belum terungkap. Seorang fotografer AP bernama Richard Drew, berhasil mengabadikan detik-detik melompatnya seorang pria dari atas gedung WTC yang mencoba menyelamatkan diri.

Foto tersebut memotret dengan jelas bagaimana salah satu korban di gedung WTC yang mencoba menyelamatkan diri dengan terjun dari atas gedung bertingkat tersebut. Pria misterius tersebut jatuh meluncur ke daratan bagai anak panah.

Sampai hari identitas pria yang terjun bebas dari atas gedung WTC belum terungkap jelas, karena masih terjadi kesimpangsiuran.

3. Foto seorang pria misterius yang menghalangi tank-tank milliter

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Foto ini diambil saat peristiwa berdarah di lapangan Tiananmen pada 1989 yang menyebabkan ratusan demonstran terbunuh oleh militer China.

Seorang fotografer AP bernama Jeff Widener berhasil mengabadikan sebuah moment heroik, dimana seorang pria dengan gagah berani menghadang beberapa tank militer China yang mulai membubarkan ribuan demonstran.

Hingga kini identitas pria berani itu masih misterius, apakah masih hidup atau telah menjadi bagian dari ratusan demonstran yang tewas.

4. Seorang wanita memegang ponsel di sebuah film klasik Charlie Chaplin

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Pada tahun 2010, Hollywood merilis ulang film klasik Charlie Chaplin produksi tahun 1928 berjudul The Circus dalam bentuk DVD.

Salah satu adegan di dalam film tersebut tak sengaja menampilkan seorang wanita yang sedang memegang sebuah ponsel. Diketahui pada era 1920-an, belum ada telepon genggam.

Sutradara George Clarke menganggap bahwa adegan yang menampilkan wanita tua memegang ponsel sebagai lorong waktu atau perjalanan waktu seseorang dari masa depan ke masa lalu. Namun banyak orang menganggap ini adalah sebuah kebohongan, dan bagian dari strategi pemasaran film.

5. Misteri penampakan sosok astronot di belakang seorang gadis kecil

5 Foto bersejarah dunia yang masih menjadi misteri

via brightside.me

Kejadian ini terjadi pada 23 mei 1964, saat itu Jim Templeton yang bekerja sebagai pemadam kebakaran di cumberland sedang memotret putrinya, Elizabeth Templeton tiga kali dalam pose yang sama. Sementara di rawa itu hanya ada keluarga Jim dan dua orang perempuan setengah baya yang sedang duduk di mobilnya.

Ketika dicetak, betapa terkejutnya Jim ketika melihat hasil foto, terlihat ada sosok mirip astronot tertangkap kamera di belakang putrinya. Mungkin saat ini orang menyebutnya hasil editing. Namun fakta mengejutkan, hasil pemeriksaan dari pengembang dan peneliti KODAK, menyimpulkan bahwa foto itu memang asli.