Film bisa terkenal biasanya kerena para pemainnya. Tetapi itu saja tidak cukup. Ada cerita, musik dan unsur penting lainnya yang saling mendukung.

Selain itu, ada unsur kontroversi yang membalut sebuah film hingga menjadi pembicaraan publik. Sutradara kerap menyelipkan dark comedy atau humor gelap ke dalam alur cerita film sudah umum dilakukan. Bahkan terkadang hal-hal yang sangat tabu juga masuk dalam film.

Nah, meski dianggap menimbulkan kontroversi karena adegannya, 5 film yang mengandung humor gelap ini patut ditonton.

1. Trainspotting(1996)

5 Film 'dark comedy' ini bikin kamu ketakutan sekaligus ketawa

Film komedi hitam pertama adalah Trainspotting, salah satu film Inggris terbaik sepanjang sejarah menurut BFI (British Film Institute). Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini terfokus pada adiksi narkoba para remaja di Edinburgh, Skotlandia.

Bercerita tentang Mark Renton(Ewan McGregor), seorang pecandu heroin yang setiap harinya mengalami sakaw bersama teman-temannya, Spud (Ewen Bremmer), SickBoy (Jonny Lee Miller) dan Swanney (Peter Mullan). Suatu hari, Mark memutuskan untuk berhenti mengonsumsi heroin, namun hal itu tidak semudah yang ia kira. Keputusannya itu terusik oleh ulah teman-temannya yang suka membuat onar dan perkenalannya dengan seorang perempuan bernama Diane (Kelly MacDonald). Drama, horror, dan komedi menjadi satu di dalam film ini.

2. Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bombs (1962)

5 Film 'dark comedy' ini bikin kamu ketakutan sekaligus ketawa

Selanjutnya datang dari salah satu karya terbaik Stanley Kubrick berjudul Dr. Strangelove or: How to Stop Worrying and Love The Bomb. Sebuah film komedi gelap yang bisa dibilang sangat 'berani' karena saat itu perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia sedang panas-panasnya. Film ini berhasil menyulap ketegangan itu menjadi komedi yang penuh sindiran dan ringan. Ada 3 cerita berbeda di film ini namun diperankan sama oleh Peter Seller membuatnya menjadi sangat brilian.

Cerita pertama dari Jack D. Ripper (Sterling Hayden) seorang komandan yang memerintah pasukannya menyerang Rusia namun Lionel Madrake (Peter Sellers) meyakinkan bahwa Rusia tidak bermaksud jahat. Yang kedua, Jendral Angkatan Udara, Buck Turgidson (George C. Scott) menjelaskan Presiden Merkin Muffley(Peter Sellers) juga mendesak agar menyerang Rusia namun ditolak Presiden. Cerita ketiga, Presiden kemudian memanggil Dr. Strangelove (Petter Sellers), seorang ilmuwan yang memiliki Alien Hand Syndrome dan berkursi roda.

3. Pulp Fiction(1994)

5 Film 'dark comedy' ini bikin kamu ketakutan sekaligus ketawa

Berikutnya adalah karya luar biasa dari sutrada ngetop Quentin Tarantino. Film ini mendapatkan rating yang bagus dari beberapa kritikus dan melambungkan nama Uma Thurman. Film yang memiliki alur non-linear ini berhasil membuat penoton tertawa dan seram dibuatnya karena ulah para pemainnya.

Film ini dibagi menjadi 3 bagian, berawal dari Pumpkin dan Honey Bunny yang merampok di restoran, tentang duet Vincent (John Travolta) dan Jules (Samuel L. Jackson), kemudian kisah Vincent yang ditugasi menjaga Mia Wallace (Uma Thurman) istri Wallace, bos nya dan kemudian berakhir dengan adanya tragedi. Kemudian cerita beralih ke Butch (Bruce Willis), seorang petinju yang mendapati Vincent menyelinap ke rumahnya . Dan terakhir, alur kembali ke awal Pumpkin dan Honey Bunny merampok restoran.

4. Fargo (1996)

5 Film 'dark comedy' ini bikin kamu ketakutan sekaligus ketawa

Film besutan Jeol dan Ethan Coel ini memiliki unsur komedi hitam yang sangat kental dan menjadi salah satu film crime terbaik sepanjang masa, kejahatan dibalut dengan komedi yang bisa dibilang 'konyol'. Bahkan, film ini juga mengantarkan Francess McDormand mendapatkan Oscar sebagai pemeran utama wanita terbaik.

Bercerita tentang Jerry Lundegaard (William H. Macy) seorang manajer dealer mobil milik ayah mertuanya, Wade (Harve Presnell) yang kaya. Kehidupan yang damai berubah ketika Jerry memerlukan banyak uang, ia kemudian memanfaatkan istrinya, Jean (Kristin Rudrud) dengan memalsukan penculikkannya lalu meminta sejumlah uang pada Wade. Jerry berdiskusi di bar bernama Fargo bersama dua penculik Gaear dan Carl, mereka setuju dengan uang yang menggiurkan. Penculikan berhasil, namun Gaear dan Carl berulah dengan membunuh beberapa polisi. Keesokan harinya, Marge Gunderson (Frances McDormand) seorang polisi yang sedang hamil tua menyelidiki kasus tersebut.

5. Fight Club (1999)

5 Film 'dark comedy' ini bikin kamu ketakutan sekaligus ketawa

Terakhir datang dari film yang disutradarai David Fincher dan menjadi film terpopuler sepanjang masa. Dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Brad Pitt, Edrwad Norton dan Helena Bonham Carter, Fight Club berhasil meraih banyak penghargaan dan nominasi di Oscar. Film ini menghadirkan aksi-aksi gila yang mengandung unsur komedi gelap, liar dan alur twist di tengah-tengahnya.

Bercerita tentang sang Narator (Edward Norton) yang mengalami insomnia dan merasa memiliki kehidupan ganda. Hidupnya kemudian berubah saat bertemu Tyler Durden (Brad Pitt) yang agresif, bebas dan liar. Mereka kemudian membuat klub bertarung bernama 'Fight Club' sampai memulai teror berlabel 'Project Mayheim'. Sosok Tyler Durden berhasil menghipnotis penonton karena sikapnya dan kata-katanya yang memorable banget.