Fans atau penggemar bagi publik figur menjadi sangat penting dalam perjalanan kariernya. Hampir di seluruh dunia, baik artis, pejabat publik, seniman sangat membutuhkan para penggemar demi menunjang eksistensinya di bidang masing-masing.

Di Indonesia, terdapat beberapa fans atau penggemar fanatik bagi para publik figur. Berikut 5 fans musik di Indonesia yang memiliki fanatisme tinggi terhadap publik figurnya.

1. Iwan Fals (OI - Orang Indonesia)

5 Fans penyanyi Indonesia paling loyal, hadir di setiap konser

Fans musisi legendaris Iwan Fals sudah pasti sangat terkenal. Nama OI di Indonesia menjadi salah satu komunitas fans terbesar, bahkan setiap Iwan Fals konser selalu hadir para OI di seluruh Indonesia. Tak hanya saat Iwan Fals tengah manggung, OI kerap kali hadir di sejumlah konser dengan membawa bendera OI dalam setiap kesempatannya.

2. Slanks (Slankers)

5 Fans penyanyi Indonesia paling loyal, hadir di setiap konser

Nama Slankers sudah pasti dikenal seluruh masyarakat Indonesia. Fans fanatik untuk band Slank yang digawangi Bimbim, Kaka, Ivanka, Ridho dan Abdee ini kerap memenuhi area konser Slank di manapun berada.

Seperti halnya, OI penggemar Iwan Fals, Slankers selalu membawa atribut konser untuk mendukung sang idola saat manggung. Bahkan, bendera-bendera Slank kerap hadir meski sang idola tengah tidak manggung sekalipun.

3. Sheila On 7 (Sheila Gank)

5 Fans penyanyi Indonesia paling loyal, hadir di setiap konser

Band asal Yogyakarta, Sheila On 7 dari era 90-an hingga kini masih terus eksis di dunia musik Tanah Air. Sheila On 7 memiliki fans fanatik seperti halnya Iwan Fals dan Slank. Fans Sheila On 7 menyebut dirinya dengan nama Sheila Gank. Berbeda fans dengan Slank dan Iwan Fals, fans Sheila On 7 terlihat lebih sering menghadiri konser ketika bandnya tampil dan tidak terlalu banyak membawa atribut konser.

4. Kahitna (Soulmate)

5 Fans penyanyi Indonesia paling loyal, hadir di setiap konser

Grup musik yang dipimpin Yovie Widianto ini telah sukses mempertahankan eksistensinya di industri musik Tanah Air. Hingga saat ini, Kahitna juga tercatat juga memiliki fans atau penggemar fanatik di Indonesia yang disebut Soulmate.

Lagu-lagu cinta yang diusung Kahitna nyatanya mampu membuat para kaum remaja jatuh cinta dengan karya-karya yang dihadirkan. Hingga saat ini, ketika Kahitna manggung pun akan selalu menjadi momen yang berkesan dan tak terlupakan.

5. Raisa (YourRaisa)

5 Fans penyanyi Indonesia paling loyal, hadir di setiap konser

Penyanyi cantik, Raisa Andriana mengawali kariernya sebagai penyanyi cover di YouTube. Sejak itu, suara merdunya banyak menarik pendengar dan mulai jatuh cinta akan suaranya.

Kini, Raisa telah menjelma sebagai penyanyi populer papan atas Tanah Air. Penggemarnya menyebut diri dengan nama YourRaisa kerap meramaikan konser saat Raisa manggung di seluruh daerah di Indonesia.

Pastinya, di Indonesia tak hanya lima fans di atas yang memiliki massa fanatik. Banyak band dan musisi hingga penyanyi lainnya juga tak kalah antusias mendukung sang idola.