×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara agar ibu rumah tangga tetap produktif saat Ramadan

0

N/A

5 Cara agar ibu rumah tangga tetap produktif saat Ramadan

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Ibu rumah tangga juga tetap bisa produktif meskipun sedang menjalankan puasa.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

fatma santiawati

07 / 05 / 2019 15:38

Bulan Ramadan memiliki makna dan kesan tersendiri bagi setiap orang. Sebagian beranggapan bahwa bulan Ramadan adalah waktu di mana bisa berkumpul dengan keluarga, sebagian lagi memanfaatkan bulan Ramadan sebagai ajang silaturahmi dengan mengadakan buka bersama, ada pula yang melihat peluang usaha dengan berjualan takjil atau persiapan lebaran.

Menjadi produktif saat Ramadan tentu lebih membawa manfaat daripada hanya bermalas-malasan. Bagi para pekerja mungkin tidak ada bedanya karena masih harus bekerja di kantor. Bagaimana dengan ibu rumah tangga? Berikut yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga agar tetap bisa produktif saat puasa.

1. Menjaga asupan makanan.

Ibu biasanya yang menentukan menu hidangan sahur dan berbuka. Pilihlah menu makanan yang seimbang dari karbohidrat, protein, hingga sayuran. Hindari makanan yang pedas selama bulan Ramadan, selain itu hati-hati juga terhadap konsumsi gula berlebihan yang biasanya jadi favorit untuk takjil.

 

Loading...

2. Istirahat yang cukup.

Beberapa orang merasa kurang tidur saat bulan puasa karena harus bangun untuk sahur, begitu pula ibu rumah tangga karena harus menyiapkan hidangan sebelum anggota keluarga lain bangun. Tetap curi kesempatan tidur siang selama 30 menit saja agar bisa tetap berenergi saat hendak melakukan aktivitas.

 

3. Cukupi cairan tubuh.

Saat setelah berbuka dan saat sahur, manfaatkan dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar tidak dehidrasi dan lemas. Minum air putih yang cukup selain menghindari dehidrasi juga tetap menjaga kesehatan kulit agar tidak kering dan kusam selama berpuasa.

 

4. Melakukan pekerjaan rumah setelah sahur.

Jika kamu merasa sulit tidur kembali setelah sahur, waktu ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Di saat anggota keluarga lain memilih tidur lagi, kamu akan leluasa melakukan pekerjaan rumah. Hal tersebut cukup membantu meringankan beban kerja di siang hari. Selain itu tubuh masih segar karena masih pagi dan masih banyak memiliki energi.

 

5. Ada waktu luang? Yuk beribadah.

Bulan puasa dikenal sebagai bulan di mana setiap ibadah yang kita lakukan pahalanya berlipat. Saat senggang, kamu bisa membaca Al Quran atau melaksanakan salat sunah.

 

Demikian yang bisa ibu rumah tangga lakukan agar tetap bisa produktif saat menjalankan ibadah puasa. Puasa bukan berarti bermalas-malasan, justru semakin kita produktif, jalannya waktu tidak akan terasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red