Kamu pernah bertanya-tanya tentang alasan lelaki lebih jarang menangis ketimbang perempuan? Atau bertanya-tanya dan meragukan tentang keberadaan air mata seorang lelaki. Jika iya, kamu harus tau mengapa lelaki lebih jarang menangis ketimbang perempuan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki saluran penampungan air mata yang besar

5 Alasan kenapa cowok terlihat sulit menangis

Dibanding wanita, lelaki memiliki saluran penampungan air mata yang lebih besar. Hal ini yang memengaruhi air mata lelaki jadi tidak mudah jatuh alias menangis. Halitu juga sudah dijelaskan secara biologis.

2. Hormon testosteron yang tinggi

5 Alasan kenapa cowok terlihat sulit menangis

Menurut Dr. Louann Brizendine, seorang Neuropsikiatri dari University of California, San Francisco, bahwa lelaki memiliki hormon testosteron yang tinggi sehingga berfungsi untuk menjaga kestabilan emosi sehingga tak mudah menangis.


3. Terdidik sejak kecil

5 Alasan kenapa cowok terlihat sulit menangis

Menurut Georgia Ray, seorang psikolog dari Hope Psychological Services, Australia, bahwa lelaki lebih jarang menangis dibanding wanita karena orang tua sudah mendidik anak lelaki untuk menjadi pribadi kuat. Hal yang biasa dikatakan adalah karena nanti seorang lelaki akan menjadi kepala rumah tangga dan tulang punggung keluarga.


4. Stereotipe dari Lingkungan Hidup

5 Alasan kenapa cowok terlihat sulit menangis

Hal ini juga berpengaruh terhadap mental seorang lelaki yang menjadikannya tak mudah menangis. Di lingkungan tempat tinggal, bekerja, bersekolah, atau bermain, seringkali muncul anggapan bahwa lelaki yang menangis di tempat umum akan terlihat lemah. Itulah alasan yang menjadikan lelaki tak mudah menangis. Sekalipun ia menangis, ia akan memilih untuk menangis di tempat yang jauh dari keramaian, seperti mengunci diri di kamar.


5. Hormon prolaktin yang rendah

5 Alasan kenapa cowok terlihat sulit menangis

Prolaktin adalah hormon yang ikut keluar bersama air mata ketika seseorang menangis karena emosionalitasnya yang terganggu. Ini dikatakan oleh Georgia Ray dari Hope Psychological Services, Australia.

Itulah 5 alasan terbesar mengapa lelaki lebih jarang menangis ketimbang perempuan. Semoga membantu, Guys.