×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

0

Jalan-Jalan

4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

Biar kegiatan mendakimu jadi makin menyenangkan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rifky Andreawan

26 / 12 / 2018 10:16

Liburan merupakan suatu kegiatan yang membantu kita untuk merilekskan pikiran dan tubuh dari pekerjaan yang menumpuk di kantor, kuliah, ataupun hal sehari-hari lainnya. Namun jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mendaki gunung, kamu perlu tahu nih tips-tipsnya agar tidak terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan. Ingin tahu apa saja tipsnya? Langsung saja cek tips-tips di bawah ini.

1. Mengenali kondisi dan lingkungan sekitar gunung.

4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

Sebelum berangkat ke gunung, kamu perlu melihat-lihat dahulu di internet bagaimana jalur yang akan kamu lalui. Misalkan Gunung Gede-Pangrango yang jalurnya sudah tertata rapi dengan bebatuan dan memiliki sumber mata air melimpah. Jadi jika ingin mendaki Gunung Gede-Pangrango, kamu setidaknya bisa hanya membawa 1-2 botol air mineral 1,5 liter. Namun jika kamu mudah haus, disarankan untuk membawa air mineral lebih ya.

 

Loading...

2. Mencari informasi tentang basecamp.

4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

Setiap sebelum naik gunung, kamu akan selalu memulai pendakian pada basecamp atau titik awal dari pendakian. Biasanya di basecamp kamu perlu membayar SIMAKSI atau Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi agar memiliki izin untuk mendaki gunung dan juga untuk memberitahu kalau kamu bukan pendaki ilegal. Setiap gunung memiliki proses Simaksi yang berbeda-beda, misalkan Gunung Lawu yang berada di Jawa Tengah. Jika ingin mendaki Gunung Lawu kamu hanya memerlukan menulis informasi pada kertas pendaftaran, membayar SIMAKSI, dan meninggalkan satu KTP untuk dikasih kepada petugas yang berjaga.

 

3. Siapkan peralatan.

4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

Peralatan juga merupakan hal yang perlu kamu perhatikan. Untuk mendaki gunung kamu memerlukan Carrier atau Daypack agar mampu menyimpan barang dalam jumlah yang banyak. Untuk memilih Carrier perlu disesuaikan dengan bentuk postur tubuh dan tinggi badan. Jangan asal memilih Carrier karena efeknya akan terasa ketika mendaki nanti. Lalu siapkan beberapa barang yang diperlukan seperti pakaian ganti, jaket gunung, sepatu gunung, matras, sleeping bag, alat masak, gas portabel, dan tenda. Nah, kamu juga perlu mengetahui cara mem-packing barang atau menata barang ketika ditaruh ke dalam tas. 

 

4. Olahraga.

4 Tips yang perlu kamu lakukan sebelum mendaki gunung

Sebelum bisa naik gunung, alangkah baiknya memulai olahraga sebulan sebelumnya. Seperti jogging, jumping jack, dan olahraga yang lainnya. Nah, olahraga ini fungsinya untuk nanti ketika di gunung agar tidak terlalu mudah capek, karena setiap gunung memiliki kondisi lingkungan yang berbeda-beda.

Sekian dulu tips-tips untuk mendaki gunung. Semoga 4 tips ini bisa membantu kamu yang ingin mendaki gunung agar tidak terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan. Terima kasih dan sampai jumpa di post yang lain ya!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red