Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Memberi perlindungan sekaligus membahagiakan sang buah hati memang bukan pekerjaan yang mudah, namun dengan terus belajar dan menerapkan sesuatu yang baik sedari dini, akan membantu perkembangan anak jauh lebih baik sekaligus menyenangkan. Berikut tips parenting yang sedang trend tahun ini, Kamis (17/5).

1. Kiddie Detox Program

4 Trik parenting milennial yang sedang trend tahun ini, wajib dicoba

(pic: babyns.com)


Diet satu ini bukan untuk menjaga pola makan, tetapi mengurangi penggunaan gadget. Jaman sekarang sudah menjadi hal lumrah melihat anak umur dua tahun expert banget mainin gadget. Sebagai orangtua, ada baiknya membatasi di hari tertentu atau memberikan syarat untuk mendapat ijin memainkan gadget. Misal, sang anak harus sudah mengerjakan PR dulu untuk memainkan benda tersebut.

2. Little Green Thumbs

4 Trik parenting milennial yang sedang trend tahun ini, wajib dicoba

(pic: sheknows.com)


Bercocok tanam adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Carilah waktu santai dengan cuaca yang bagus untuk memulai kegiatan ini. Mungkin mereka sudah belajar dasar-dasar berkebun di sekolahnya, tetapi tentang pengomposan, menggunakan produk organik dan melihat hasil tanamannya tumbuh di rumahnya sendiri akan menjadikannya lebih kreatif. Karena selain bekerja dengan tangan, otak anak juga ikut terlatih. Merencanakan tata letak taman, meneliti berbagai tanaman, dan belajar teknik berkebun mendorong si anak untuk memikirkan masalah, menyusun solusi, dan menjadi kreatif.

3. Yoga Gymborees

4 Trik parenting milennial yang sedang trend tahun ini, wajib dicoba

(pic: udemy.com)

Yoga telah diterima sebagai bentuk latihan yang efektif. Berbagai bentuk yoga telah berkembang selama bertahun-tahun, tetapi tahun ini akan menjadi tahun Yoga Gymborees. Mama bisa mengajak sang buah hati untuk melakukan yoga gymborees yang mudah, seperti kapalbhati atau bhujangasana.

4. Old-fashioned Play

4 Trik parenting milennial yang sedang trend tahun ini, wajib dicoba

(pic: pixabay.com)


Para ahli sepakat bahwa jenis permainan terbaik untuk anak-anak adalah permainan nyata, bukannya duduk di depan layar. Tunjukin, yuk, gimana cara kita bermaain sewaktu masih kecil. Kenalkan dengan permainan bola bekel, lompat tali, congkak atau setidaknya bermain gelembung sabun.

5. Paid Paternity Leave

4 Trik parenting milennial yang sedang trend tahun ini, wajib dicoba

(pic: change.org)


Bukan hanya perempuan yang mengambil cuti untuk melahirkan, tetapi suaminya juga. Karena penelitian menunjukkan bahwa enam minggu pertama adalah waktu yang penting untuk ikatan dengan bayi. Perusahaan seperti Apple, Google dan Facebook sudah mulai menawarkan para ayah baru mengambil cuti selama 6-17 minggu.

Wah, semoga perusahaan di Indonesia juga ikut menerapkan program PPL ini, ya!