×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips menanam mandiri, mengatasi dampak ekonomi saat pandemi

0

Rumah

4 Tips menanam mandiri, mengatasi dampak ekonomi saat pandemi

Menanam mandiri dilakukan sebagai solusi mengatasi dampak ekonomi dari pandemi dan mengisi aktivitas produktif di rumah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Budi Lesmono

02 / 08 / 2020 13:05

Setelah diterpa wabah Covid-19 selama lima bulan terakhir, kita semua tentu merasakan dampak sangat signifikan terutama di sektor ekonomi. Beberapa bulan lalu Presiden Jokowi sempat memerintahkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuka lahan demi menghadapi ancaman krisis pangan.

Untuk menghadapi ancaman krisis pangan, kamu pun bisa mengantisipasinya dengan menanam mandiri di rumah. Hasil bertanam kamu pun dapat diolah sebagai makanan sekaligus menjadi solusi masalah ekonomi karena dampak dari wabah Covid-19 atau sekadar mengisi aktivitas di rumah selama pandemi.

Menanam sudah menjadi budaya agraris masyarakat Indonesia, namun pembangunan beton semakin marak dan mengurangi lahan untuk memungkinkan dalam bertani. Akhirnya masyarakan kota mulai berorientasi ke industri. Tapi jangan khawatir, saat ini banyak pegiat dalam berkebun dan juga para pakar memberikan solusi untuk semakin mungkinkan melakukan aktivitas menanam bahkan di lahan sempit.

Nah, inilah beberapa tips untuk mulai menanam mandiri di rumah bagi pemula.

1. Manfaatkan media menanam dari barang di sekitar.

Loading...

Media ini sangat penting untuk lahan-lahan sempit, apalagi jika kamu ingin menanam mandiri di area rumah. Maka baiknya manfaatkan media dari barang-barang yang tidak berguna di sekitarmu. Bisa perkakas rumah yang sudah tidak terpakai lagi seperti gelas plastik atau botol bekas minuman yang habis kita pakai. Media ini dibuat lubang untuk akses air nantinya.

Selain itu ada juga trik menanam yang sempat viral belakangan ini yaitu menanam hidroponik menggunakan tong. Selain menanam, kamu juga bisa beternak sekaligus karena air di dalam tong bisa dimanfaatkan untuk berternak ikan.

2. Jenis sayuran.

Tidak semua sayuran memungkinkan ditanam di rumah dan karakter tanaman yang berbeda, maka pilihlah jenis sayur yang mudah dan tidak memakan terlalu banyak waktu untuk menunggu panen. Beberapa jenis sayuran yang sangat direkomendasikan berupa kangkung, bayam, sawi, cabai, tomat, dan beberapa jenis lainnya.

3. Penanaman dan perawatan.

Saat ini banyak sekali toko pertanian yang menyediakan bibit ataupun yang sudah melewati proses penyemaian untuk memudahkanmu dalam menanam. Untuk kamu yang ingin memulai sejak awal menanam bisa memilih bibit yang dapat kamu mulai dengan proses penyemaian terlebih dahulu. Untuk perawatannya sendiri kamu cukup menyiraminya pagi dan sore serta usahakan untuk menempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari dan sirkulasi udara baik.

4. Pelajari tentang menanam.

Semua tips tadi tentunya juga harus didukung dengan pengetahuan perihal tanaman yang lebih. Dengan berkembangnya teknologi, kamu bisa mempelajari informasi soal tanaman dari mana saja seperti artikel ataupun video. Selain itu kamu juga bisa bergabung dalam komunitas. Saat ini banyak sekali komunitas atau pegiat menanam yang bisa membantumu untuk bertukar informasi tentang menanam.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang baru mulai mencoba menanam. Selamat menanam!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red