×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips komunikasi efektif dalam bermain gim MOBA

0

Gadget

4 Tips komunikasi efektif dalam bermain gim MOBA

Tips-tips komunikasi efektif ini dapat kamu gunakan ketika bermain MOBA supaya GGWP.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Suci Marini - Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya

18 / 06 / 2021 14:55

"Noob banget sih"

Pernah dengar kalimat itu? Di mana? Biasanya sih saat bermain gim online ya.

Pesatnya perkembangan industri gim online menarik kita untuk ikut bermain. Gim online, sebenarnya memiliki banyak genre. Mulai dari adventure, action, hingga strategy. Di dalam genre strategy, ada salah satu subgenre yang banyak digemari oleh masyarakat. Apalagi kalau bukan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Mungkin di antara kamu pernah atau bahkan masih memainkan genre MOBA ini. Dengan berbagai mode, role, character membuat pemain dapat mengeksplor diri dalam kemampuan bermainnya. Baik untuk mengejar kemenangan atau sekadar melepas penat, atau bahkan malah dapat keduanya.

Namun apakah kamu sadar, jika sebuah komunikasi efektif dalam sebuah permainan pun dapat kamu terapkan guna meraih kemenangan dan kesenangan dalam bermain? Yuk, kita ulik empat tips komunikasi efektif dalam MOBA.

Loading...

Dalam MOBA para player dapat mengaplikasikan dua teknik komunikasi, yaitu teknik menyampaikan pesan dan teknik menerima pesan. Teknik menyampaikan pesan merupakan teknik para player mengutarakan pendapat, opini, informasi secara tepat kepada player lain dalam satu tim. Sedangkan teknik menerima pesan merupakan teknik para player mendengarkan, memahami dan bahkan menanggapi secara wajar dan bijak. Supaya kedua teknik ini berjalan efektif, kamu bisa mencoba empat tipsnya berikut ini.

1. Memberikan informasi yang jelas.

Tim bisa saja berjalan tidak sesuai role yang semestinya. Agar player terhindar dari hal tersebut, maka dari awal sebelum pertandingan dimulai/match making, ada baiknya untuk menyampaikan informasi yang jelas tentang kemampuan player.

Jelasnya adalah kemampuan player akan role tertentu kepada tim. Sehingga dari informasi yang jelas tersebut harapannya tim dapat menyesuaikan pemenuhan role dalam satu tim.

Selanjutnya dalam pertandingan, player bisa berkontribusi dalam memberikan informasi pada rekan satu tim tentang lane yang menjadi tanggung jawabnya dari kondisi tim lawan di lane tersebut. Permintaan bantuan rekan tim untuk melakukan ganking dan inisiatif membantu rekan tim dengan meninggalkan lane. Karena informasi yang jelas ini meningkatkan efektivitas menyerang dan bertahan.

2. Memberikan respons yang tepat.

Diawali informasi-informasi dari sesama rekan tim, seorang player harus jeli dan tanggap menempatkan diri akan hal tersebut. Kondisi dapat berubah signifikan jika pemberi informasi dan penerima informasi secara aktif melakukan interaksi.

Player dapat menggunakan informasi dari rekan tim untuk menjalankan strategi yang tepat, semisal melakukan ambush dan ganking. Bahkan jika sebaliknya, maka informasi dari rekan satu tim ini harus ditanggapi dengan bertahan atau bahkan mundur/recall.

Komunikasi efektif ini jika dapat dijalankan secara baik maka akan mengurangi dampak negatif dari tim lawan kepada tim sendiri.

3. Berbahasa yang sopan dan membangun.

Siapa yang tidak kesal jika seseorang berkata kasar, menuduh, menyudutkan dan mencaci maki. Hal tersebut harus player hindari karena akan sulit jika tim sendiri terpecah akibat komunikasi yang negatif seperti hal tersebut.

Player bijak akan membawa timnya kepada akhir yang menyenangkan dan memuaskan. Ini bukan perkara menang atau kalah, tapi sebuah etika yang harus semua player miliki.

Ketika bermain gunakanlah bahasa yang sopan dan membangun. Harapannya, karena sering kali saat di arena MOBA, kita bertemu dengan orang asing, maka kesalahpahaman dapat dihindari. Keberagaman skill dan faktor-faktor lainnya yang tidak player tahu terhadap rekan satu tim ini dapat dipecahkan dengan bahasa yang menghargai satu sama lain. 

Dengan demikian, secara naluriah pun timbul keinginan untuk mau mengerti kondisi rekan satu tim dan menyemangati rekan satu tim. Mungkin player tidak mencapai kemenangan, tapi perasaan puas akan tim yang tidak kecewa adalah sebuah kebanggaan.

4. Gunakan fitur komunikasi dalam MOBA.

Umumnya quick chat telah tersedia dalam berbagai aplikasi MOBA. Fitur ini menawarkan cara singkat dalam memberikan informasi kepada tim dengan keterbatasan. Ada beberapa contoh template yang disediakan dari template quick chat untuk bertahan, menyerang dan komunikasi tim umum secara cepat, ringkas dan jelas.

Keterbatasan jumlah quick chat yang dapat disematkan seorang player ini membuat komunikasi dengan quick chat efektif dalam kondisi tertentu. Tim akan jauh mendominasi dan tertata strategi bermainnya saat seluruh player saling memberikan informasi yang tepat satu sama lain.

Quick chat ada baiknya disusun menyesuaikan role play yang akan digunakan sebelum bermain. Jika merasa quick chat terlalu merepotkan, maka ada fitur voice chat. Sesuai namanya, fitur ini dapat memberikan fasilitas kepada player baik hanya mendengarkan saja maupun mendengarkan dan berbicara secara dua arah.

Sayangnya, fitur ini termasuk jarang yang menggunakan karena terasa aneh untuk digunakan berkomunikasi saat bermain game. Selain itu, fitur ini juga memberatkan kinerja ponsel pintar, serta mengganggu koneksi saat bermain. Kondisi canggung juga dapat terjadi apabila player tidak dilengkapi headset saat bermain di umum.

Jika para player bijak dalam bermain solo atau party, penggunaan fitur ini akan berpengaruh banyak dalam dominasi permainan. Voice chat berperan sebagai media komunikasi real time yang dapat digunakan menjalankan strategi awal dan mengubah strategi di tengah permainan.

Gunakan kalimat yang singkat dan jelas dengan fitur voice chat. Seperti, "Ambush", "Lock", "Ganking" dan memberikan informasi kepada yang lainnya kondisi role di setiap lane-nya.

Beberapa character/hero/champion membutuhkan informasi terkait kondisi tim lawan di masing-masing lane yang dapat dimanfaatkan untuk menekan tim lawan. Player yang dapat memadukan skill bermain dengan pola komunikasi efektif menggunakan voice chat akan mendominasi dan bisa mengatur jalannya pertandingan seperti gembala mengatur para dombanya.

Selamat mencoba! Semoga menang!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red