×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips jitu membuat dan merancang bisnis

0

Ekonomi

4 Tips jitu membuat dan merancang bisnis

Foto: unsplash.com/photos/zoCDWPuiRuA

Membuat bisnis bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kegigihan dan semangat tinggi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Shafira Ariadhini Putri

22 / 07 / 2021 11:20

Bagi sebagian orang membuat bisnis merupakan hal yang tidak mudah. Membuat sebuah bisnis membutuhkan keinginan yang kuat dari dalam diri serta perencanaan yang matang. Hal ini penting agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing. Lalu, kira-kira faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membuat bisnis. Yuk mari kita lihat.

1. Kegigihan tinggi.

Pebisnis sejati memerlukan kegigihan yang tinggi untuk selalu mengembangkan dan bersaing dalam berbisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan percaya pada diri sendiri dan memiliki keberanian untuk tegas dan yakin dengan kemampuanmu. Jika kamu telah memiliki ide bisnis segera lakukan riset dan bergerak cepat namun perlu berhati-hati juga.

Kunci utama dari membangun bisnis adalah lakukan secepatnya karena penundaan adalah pembunuh dalam dunia bisnis. Tujuan utama dari membangun bisnis adalah menjaga komitmen dan bekerja keras.

2. Perencanaan bisnis.

Tahap selanjutnya adalah membuat rancangan bisnis. Kamu dapat melakukan market research yang terdiri dari empat tahap prosedur pendefinisian produk yang ingin dikembangkan dalam bisnis, alat yang akan digunakan untuk memperoleh data, pengumpulan informasi, menganalisis semua informasi yang telah dikumpulkan. Selain itu, kamu dapat menggunakan bisnis model canvas tool yang merupakan strategi untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan sebuah bisnis dalam bentuk elemen-elemen visual.

3. Pasar dan melakukan mitigasi.

Pada tahap ini, kamu dapat memperhatikan pasar dan melakukan mitigasi risiko yang bisnis kamu akan temui. Hal ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Thread). Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menggambarkan lingkungan internal dan eksternal dari bisnis. Ketika gambaran yang jelas tentang peluang dan tantangan yang dihadapi oleh bisnis adalah ditata, menjadi lebih mudah untuk mengidentifikasi, menambah, dan menyelidiki area yang perlu ditangani dan membuat mitigasi atas risiko tersebut.

Loading...

4. Merancang pelayanan.

Tahap selanjutnya adalah kamu dapat mencari penyedia layanan atau produsen yang membuat komponen produk, bahan kemasan yang dibuat sesuai pesanan, atau barang dagangan siap jual untuk produk dari bisnis kamu. Hal lain yang krusial adalah penamaan brand serta logo yang dibuat menarik sehingga pelanggan tertarik. Kamu juga perlu memikirkan marketing dari produk dengan cara:

1. Mempromosikan produk kepada calon pelanggan apa yang sedang dijual.

2. Meningkatkan minat terkait produk yang sedang dijual.

3. Mencuri start sebelum ide diambil oleh pesaing. 

Itulah langkah yang harus diperhatikan dalam membuat bisnis. Sering kali kamu merasa takut untuk memulai, namun perlu diingat bahwa tidak ada kata terlambat dalam berbisnis. Persiapkan diri kamu dan mulailah berkarya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red