×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips agar kamu tidak salah memilih jurusan

0

Kepribadian

4 Tips agar kamu tidak salah memilih jurusan

Salah memilih jurusan bisa berdampak pada kondisi psikismu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

thasa dwina

01 / 04 / 2020 18:56

Untuk kamu yang sedang berada di kelas 12, tak terasa sudah sampai di ujung tahun terakhirmu di SMA. Kira–kira sudah sampai mana persiapanmu menghadapi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)? Pastinya sudah sangat siap, ya.

Waktu tiga tahun di SMA akan berakhir dan akan segera memasuki dunia perkuliahan. Apakah kamu sudah siap? Tapi sebelum memasuki dunia perkuliahan, apakah kamu sudah tahu akan mengambil jurusan apa nantinya? Kalau sudah, berarti kamu sudah siap sekali memasuki dunia perkuliahan. Buat kamu yang belum, segera persiapkan dari sekarang. Jangan sampai nanti kamu asal dalam memilih jurusan.

Membicarakan tentang jurusan, kira–kira jurusan yang kamu pilih sesuai dengan keinginan sendiri atau orang tua? Kamu perlu perhatian sama hal sesederhana itu karena ternyata salah pilih jurusan bisa berdampak pada proses perkuliahanmu nanti, lho.

Mungkin di antara kamu ada yang memilih jurusan karena paksaan orang tua. Padahal hal seperti itu tidak baik karena bisa berdampak pada kondisi psikismu. Menurut data yang diambil oleh Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, menunjukkan bahwa sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia salah mengambil jurusan perkuliahan. Hal itu terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kurangnya informasi mengenai jurusan yang akan dipilih, paksaan orang tua, atau bahkan hanya ikut–ikutan teman. Faktor–faktor seperti itulah yang akan membuatmu gagal dalam dunia perkuliahan. Kamu susah beradaptasi dengan lingkungan kampus, tidak semangat berkuliah, stres, tidak betah dengan jurusannya, dan masih banyak dampak yang akan timbul nantinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya supaya kamu tidak salah memilih jurusan? Yuk, simak beberapa tips sederhana berikut!

Loading...

1. Kenali dirimu.

Apakah di antara kamu masih ada yang belum tahu minat dan bakatmu? Kalau ada, berarti kamu tertinggal satu langkah penting di sini. Perlu kamu tahu, kuliah bukan hanya sekadar kamu datang, duduk manis mendengarkan dosen, mengerjakan segala bentuk tugas, dapat IPK bagus lalu lulus. Tidak!

Dunia perkuliahan lebih kompleks dari yang kamu bayangkan. Di sana kamu bisa mengembangkan potensi dirimu yang selama ini terpendam. Tetapi untuk melakukan itu kamu tidak boleh salah dalam memilih jurusan agar lebih nyaman dalam menunjukkan potensi diri. Sekarang banyak sekali lembaga–lembaga yang memberikan fasilitas untuk mencari tahu minat dan bakat seseorang atau mungkin kamu bisa meminta bantuan dari psikolog yang ada di sekitarmu.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya.

Zaman sekarang semuanya sudah serba canggih. Kamu bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia luar hanya dari sebuah benda yang bernama gadget. Apalagi kamu yang merupakan kaum rebahan, hal tersebut bukanlah suatu yang sulit lagi. Sudah banyak portal pendidikan yang menyediakan informasi dari berbagai macam jurusan. Salah satu portal yang terkenal adalah, rencanamu.id. Selain itu, mungkin kamu bisa menanyakan jurusan yang akan kamu pilih dengan guru BK atau dari kakak–kakak alumni sekolahmu.

3. Bicarakan dengan orang tua.

Faktor ini sering kali terjadi oleh para mahasiswa baru. Kebanyakan dari mereka mengatakan karena tidak tahu memilih jurusan apa akhirnya menyerahkan semuanya kepada orang tua. Atau mungkin jurusan yang dipilih tidak disetujui oleh orang tua karena bertentangan dengan keinginan mereka.

Bukan tanpa sebab para orang tua melakukan hal itu, beberapa di antaranya adalah karena ingin mewujudkan cita–cita orang tua yang gagal. Misalnya, menjadi seorang dokter. Mungkin orang tuamu ingin kamu yang memenuhi keinginan mereka yang dulu tidak tercapai. Padahal kamu sama sekali tidak punya minat dan bakat dalam dunia kesehatan. Atau karena faktor ekonomi keluarga, ingin menjaga image keluarga, kurang memahami potensi dalam diri kamu, dan sedikitnya informasi yang mereka dapatkan tentang jurusan yang akan kamu ambil.

Jadi, yang harus kamu lakukan adalah bicara baik–baik dengan orang tuamu. Jelaskan sedetail mungkin dan buat mereka percaya bahwa kamu mampu dengan pilihanmu sendiri.

4. Niat.

Sederhana tapi ini adalah hal penting harus kamu miliki ketika ingin melakukan sesuatu. Ingatkah kamu dengan pepatah, “Di mana ada niat, di situ pasti ada jalan”. Ya, kalau niatmu setengah–setengah hasilnya juga nggak akan sempurna. Yuk, mulai sekarang bulatkan niat dan tekadmu terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar tidak salah dalam memilih jurusan. Tapi kamu bisa gunakan caramu sendiri karena yang lebih paham bagaimana dirimu adalah diri sendiri. Semangat terus, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red