Guys, zaman sekarang pekerjaan tidak hanya melulu PNS loh. Ada bahkan pekerjaan yang menjanjikan pendapatan melebihi gaji PNS. Apa saja?

1. Blogger

4 Pekerjaan anak muda Indonesia mengalahkan gaji PNS

Apa sih Blogger itu? Banyak masyarakat kita yang belum apa itu blogger, banyak definisi blogger itu sendiri. Tapi banyak yang mengartikan, blogger adalah sebutan untuk penulis yang mempost tulisannya di blog. Terus bagaimana dia memperoleh uang dengan hanya mempostting tulisannya?
Nah, tentu blogger mempunyai sebuah blog/website, dan mereka melakukan monetize di blog diantaramya
- Banner dari media lain yang menitipkan di blognya
- adsense ( iklan dari google)
- Membuat sebuah review ( biasanya ini adalah paid post review yang diminta oleh perusahaan)
- Mencetak buku, (cetak buku dari hasil postingannya di blog)


2. Selebgram (Endorser)

4 Pekerjaan anak muda Indonesia mengalahkan gaji PNS

Instagram adalah salah satu media sosial favorit masyarakat indonesia, pengguna aktif instagram saat ini menduduki peringkat nomor 2 setelah facebook. Banyak artis-artis baru yang muncul di instagram, mereka disebut selebgram. Selebgram sendiri bisa mendapatkan uang yang banyak dari endorse produk orang-orang lain, bayaran yang mereka terima bisa mencapai jutaan sekali posting tergantung dari followernya. Contoh di sini ada Awkarin kalian tahulah isi instagramnya banyak sekali posting barang jualan orang lain.


3. YouTuber.

4 Pekerjaan anak muda Indonesia mengalahkan gaji PNS

YouTube adalah platform video streaming yang paling banyak viewernya di seluruh dunia, pelaung ini banyak dimanfaatkan oleh para YouTuber. Piediepiew salah satu YouTuber yang memiliki penghasilan terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri banyak YouTuber yang menghasilkan di pekerjaannya. contoh, Bayu skak, skyni24, time2one, Reza arap oktovian.


4. Pemilik toko online.

4 Pekerjaan anak muda Indonesia mengalahkan gaji PNS

Pemilik toko online sekarang marak di kalangan Indonesia, mereka bisa menjual barang yang dimilikinya melalui platform website, marketplace, media sosial, dan bukan hanya itu keunggulan untuk toko online, mereka bisa menjual barang ke luar kota, provinsi, bahkan ke seluruh dunia.