Dari permen murah berwarna neon sampai bakso tusuk dengan saus oranye menyala, semua berwarna-warni layaknya pelangi. Meski bikin kangen tapi kayaknya kita semua tahu deh jajanan itu sangat tidak sehat, terutama soal penggunaan pewarna makanannya. Para penjual mungkin berpikir barang dagangannya harus menarik, jadi ya diberi warna macam-macam. Begitu sudah gede dan paham, kita mati-matian menghindari makanan atau minuman dengan warna berlebihan karena takut sama bahayanya pewarna makanan buatan.

Nah tapi kini justru ada tren terbaru yang seakan-akan berkebalikan dari kekhawatiran di atas. Berbeda 180 derajat dari makanan atau minuman yang super berwarna-warni, sekarang malah ada inovasi produk makanan yang tidak berwarna, bening, atau transparan. Selama ini kita tahunya yang bening itu ya paling cuma air putih doang, tapi nyatanya beberapa tahun belakangan ini muncul produk aneh seperti kopi bening sampai keripik kentang transparan. Udah pernah dengar belumguys? Beneran ada lho! Kok bisa ya makanan dan minuman yang seharusnya berwarna dibuat bening kayak air putih? Buat yang penasaran, yuk simak ulasan dibawah yang sudah kita rangkum

1. Flavored wateratau air dengan berbagai rasa.

4 Tren makanan & minuman bening terbaru ini buatmu gagal paham

Meski tampak kayak air putih biasa, ada perasa buatan yang dibikin tidak berwarna. Penampakannya sama, tapi air berasa tapi tidak berwarna ini jauh lebih manis via gigazine.net, Rabu (20/6).Mungkin ini versi awal dari tren serba bening atautransparan,flavored wateratau air putih berasa. Dengan menambah gula dan perasa buah-buahan yang dibuat tidak berwarna, air putih bening dengan berbagai rasa kini populer di negara-negara seperti Jepang. Katanya sih di Jepang, kalau orang dewasa kelihatan membawa minuman manis atau bersoda di kantor atau lingkungan formal lain, bakal dianggap kekanak-kanakan. Makanya produk-produk yang menyamarkan minuman manis jadi air putih semacam ini jadi opuler.

Banyak yang bilang air-air putih berasa seperti ini juga bisa menipu dan berbahaya karena merasa meminum minuman sehat yang tidak berwarna, padahal ya penuh dengan gula.


2. Clear coffeeatau kopi bening.

4 Tren makanan & minuman bening terbaru ini buatmu gagal paham

Minuman yang satu ini emang tampaknya dibuat untuk bermain dengan otak kita, rasanya benar-benar kopi tapi penampilannya bening.Bukan air berasa kopi.

CLR CFF adalah produk kopi fenomenal yang hingga saat ini hanya dijual di Inggris. Meski perusahaan pembuatnya tidak bersedia membeberkan bagaimana mereka membuat kopi yang tidak berwarna, mereka meyakinkan minuman bening ini dibuat hanya dengan biji kopi dan air. Rahasianya ada di prosesbrewingatau pembuatannya.

Bukan hanya sekadar bening, masih menurut perusahaan yang memproduksi CLR CFF, minuman ini dibuat supaya gigi para penikmat kopi tidak bernoda kuning-kuning. Tapi menurut mereka yang sudah mencoba, banyak yang mereview rasa kopi tersebut tidak enak.

3. Milk tea atau teh susu.

4 Tren makanan & minuman bening terbaru ini buatmu gagal paham

Minuman ini lebih aneh lagi karena rasanya benar-benar mirip teh susu biasa tapi teksturcreamydari minuman bersusunya benar-benar hilang!

Begitu dirilis, produk dari perusahaan besar Jepang Suntory ini langsungboomingdan jadi pembicaraan di mana-mana. Semua orang penasaran ingin mencoba seperti apa rasanya teh susu yang dilihat dari mana pun terllihat kayak air putih biasa. Orang yang telah mencoba tambah kaget karena rasanya sangat mirip dengan aslinya. Sekarang orang malah berbalik khawatir, jangan-jangan minuman bening ini justru mengandung banyak bahan kimia untuk membuat warnanya transparan tak alami. Nah, Suntory buru-buru membantah dan mengatakan kalau kuncinya hanyalah sains sederhana.

Kata mereka, minuman ini terbuat dari daun teh berkualitas yang diseduh secara tidak langsung seperti proses di bawah ini. Jadi hasilnya air uap yang telah dirasai dan diberi aroma teh, tetapi tidak tercelup daun teh aslinya. Nah kalau masalah susunya, Suntory menjelaskan susu sebenarnya terdiri dari lemak, protein, laktosa, dan mineral. Laktosan dan mineral dalam susu sebenarnya transparan. Makanya perusahaan ini kemudian hanya menggunakan dua elemen transparan dalam susu untuk memberi rasa seperti susu dalam produknya. Ya nggak 100% sama kayak susu asli sih, tapi mirip banget!


4. Potato chip atau keripik kentang.

4 Tren makanan & minuman bening terbaru ini buatmu gagal paham

Ini makanan transparan pertama yang bikin heboh dunia. Meski tampak kayak makanan alien, tapi yang keripik kentang transparan ini terbuat dari 100% bahan alami walaupun tampak seperti gelas dan gumpalan transparan aneh, keripik kentang transparan ini benar-benar terbuat dari kentang lhoguys! Bahkan bahan-bahkan yang diperlukan untuk membuat makanan ini sangat sederhana, kentang,potato starchatau tepung pati kentang, minyak, dan garam. Hanya proses memasaknya yang cukup unik.

Alih-alih menggoreng langsung kentangnya, kentang dipanggang dan dibumbui lalu direndam di air panas. Nah hasil rendaman bening yang disebut kaldu kentang itu yang bakal diolah jadi keripik kentang transparan. Cairan itu dikentalkan dengan tepung pati dan dicetak dengan bentuk keripik, lalu digoreng.